KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#222 Rahasia Bahagia ala Belanda: Kayu Bengkok dan Dua Ujung Lilin

Leave a comment

Oleh Handry Febrian Z

Sebuah artikel yang dirilis PBB dengan tajuk “World Happiness Report 2012” mendaulat Belanda sebagai negara paling bahagia keempat di dunia. Senada dengan PPB, forbes.com (2013) juga menempatkan negeri kincir ini diposisi kedelapan.

Pemikiran awam kita pasti langsung bilang begini: “Bagaimana mungkin sebuah negara yang begitu kecil – yang bahkan harus mengeringkan lautan untuk tetap hidup, bisa menjadi satu dari negara paling bahagia di dunia?”

Yuk mari sama-sama kita tilik rahasia hidup ala Belanda, apa sih yang membuat orang Belanda begitu bahagia dengan hidupnya?

Sebuah pepatah Belanda mengatakan Een krom hout brandt zowel als een recht yang berarti kayu bengkok juga menghasilkan api yang besar. Pepatah ini bermakna sebuah keadaan yang buruk jangan dipandang sebagai penghalang, tapi temukan cara untuk membuatnya menjadi manfaat. Belanda adalah negara dengan luas daratan yang terbatas, seperempat dari daratan tersebut bahkan berada di bawah permukaan laut. Untuk mengatasi kondisi ini, Pemerintah Belanda melakukan pengeringan Danau Beemster tahun 1607 dengan bantuan kincir angin. Hasilnya, tak hanya berhasil memperluas daratan, kincir angin akhirnya menjadi daya tarik Belanda di mata dunia. Tak kurang dari 11 juta turis mancanegara berkunjung setiap tahun untuk menyaksikannya secara langsung. Belanda rupanya berpegang teguh pada optimisme kayu bengkok ini, bukannya frustrasi dengan masalah yang dihadapi, negeri tanah rendah ini malah berhasil menjadi pelopor penggunaan kincir angin, meningkatkan pendapatan negaranya melalui pariwisata, sekaligus menjadi kiblat dunia dalam hal manajemen air dan drainase.

pengeringan de beemster, 1607

beemster saat ini

Men moet niet het huis door de glazen gooien. Jangan bakar lilin di kedua ujungnya. Maknanya, jangan bangun terlalu pagi dan tidur terlalu malam. Pepatah ini menggambarkan gaya hidup masyarakat Belanda yang mengutamakan keseimbangan antara bekerja dan hidup sehari-hari. Rata-rata orang Belanda hanya bekerja 1377 jam setahun, ini merupakan angka paling kecil di dunia. Apakah ini berarti orang Belanda malas?  Tidak juga. OECD, organisasi untuk kerjasama dan pengembangan ekonomi bahkan menempatkan Belanda pada posisi keempat di dunia dalam hal pekerjaan, dimana 75% penduduk usia produktif memiliki pekerjaan tetap. Dalam list ini, Belanda juga menduduki posisi kedua dalam hal work-life balance. Dunia kerja di Belanda lebih mengutamakan bekerja cerdas daripada bekerja keras. Dengan sumberdaya yang ada, mereka mampu menyelesaikan beban kerja dengan waktu singkat, sehingga mereka bisa menyeimbangkan antara bekerja dengan melakukan hal-hal yang mereka sukai.

Regulasi ketenagakerjaan Belanda juga amat protektif bagi tenaga kerja. Jam kerja rata-rata dimulai jam 9 pagi, upah minimum adalah 1.460 euro (18 juta rupiah), izin cuti diberikan 20-25 hari setahun dan perusahaan diwajibkan memberikan tunjangan cuti bagi pekerjanya yang hendak berlibur. Baru-baru ini Belanda juga mempopulerkan sistem 4 hari kerja. Ini berarti tenaga kerjanya berkesempatan mempunyai 3 hari libur dalam seminggu.

Masihkah bertanya-tanya mengapa Belanda bahagia?

Belanda bahagia karena budaya yang menjadikan mereka berpikir optimis dan kreatif, memandang masalah sebagai batu loncatan, bukan sebagai halangan. Belanda tak hanya mampu memperluas daratannya, tapi juga menjadi pelopor manajemen air dan drainase modern. Mereka juga menjadi pionir regulasi ketenagakerjaan yang tidak memberatkan. Penduduknya lebih memilih untuk bekerja cerdas, daripada bekerja keras, serta menyeimbangkan antara bekerja dan bersenang-senang. Siap untuk belajar bahagia dari pepatah kayu bengkok dan dua ujung lilin?

Referensi

http://en.wikiquote.org/wiki/Dutch_proverbs

http://www.iamexpat.nl/career/main/environment

http://www.dutchdailynews.com/world-happiness-report-ranks-netherlands-4th-happiest-nation-in-the-world/

http://www.internations.org/netherlands-expats/guide/working-in-the-netherlands-15397

http://www.oecdbetterlifeindex.org/topics/work-life-balance/

http://www.oecdbetterlifeindex.org/topics/jobs/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s