KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#221 Polder Model: Satu Konsep Dua Kesuksesan

Leave a comment

Oleh Zulkifli

Krisis ekonomi Eropa 2009 telah membawa sebagian negara Eropa berada pada kondisi yang bergejolak. Meningkatnya jumlah pengangguran, pengetatan anggaran (austerity plan) dan aksi-aksi protes publik menjadi fenomena yang sering muncul di sebagian negara Eropa. Namun bagaimana dengan Belanda…? Ya krisis ekonomi Eropa memang sedikit mempengaruhi Belanda. Tetapi meskipun krisis ekonomi Eropa mempengaruhi Belanda hal ini tidak menyebabkan kekacauan dan kegaduhan politik seperti di sebagian negara Eropa lainnya. Atas dasar inilah menjadi menarik membahas bagaimana hal ini dapat terjadi di Belanda.

Gambar 1. Ilustrasi Animasi Krisis Eropa

Belanda memang dikenal sebagai negara yang mampu merubah masalah menjadi berkah. Hal ini tidak terlepas dari pengalaman Belanda yang telah lama menghadapi permasalahan utama mengenai air. Air menjadi penyebab banjir mematikan di Belanda tahun 1953. Belajar dari pengalaman banjir mematikan ini maka Belanda menciptakan teknologi Polder Model untuk mengatur sistem manajemen air melalui kincir angin serta mengubah rawa menjadi daratan kering yang layak ditinggali melalui pembuatan tanggul.[1] Esensi dari Polder Model ini adalah kerjasama antar semua golongan masyarakat. Kerjasama ini sangat fundamental dan penting karena menyangkut tentang keselamatan penduduk Belanda keseluruhan.

Gambar 2. Sistem Polder Model dalam Pengelolaan Air di Belanda

Untuk merealisasikan proyek Polder Model ini dibutuhkan wewenang pemerintah serta kebiasaan (habit) kerjasama dan konsultasi yang solid. Melalui dua konsep inilah esensi Polder Modelsukses dijalankan dalam teknologi pengelolaan air Belanda. Namun sukses Polder Model ini tidak hanya terjadi dalam teknologi pengelolaan air saja. Polder Model juga sukses diadopsi dalam kehidupan sosial di Belanda. Di dalam kehidupan sosial hal ini diterapkan melalui proses kompromi dimana pemerintahan pusat bekerjasama dengan serikat buruh dan asosiasi-asosiasi pekerja untuk menanggung/membagi permasalahan sosial dan ekonomi sama rata terhadap semua golongan masyarakat.[2] Kompromi tersebut harus menghasilkan kesepakatan (consensus) yang adil bagi semua pihak.

Gambar 3. Adopsi Polder Model dalam Kehidupan Sosial Ekonomi Belanda: Kerjasama dan Sinergi Antara Rijksoverheid (Pemerintah Belanda), Organisasi Buruh (FNV) dan Organisasi Pekerja (VNO-NCW)

Dengan adanya Polder Model dalam sistem sosial ekonomi di Belanda ini maka tidak mengherankan Belanda mampu bertahan dari krisis ekonomi. Di Belanda efek krisis ekonomi Eropa ditanggapi dengan siaga karena partai politik,  serikat dagang dan pejabat lebih cenderung fokus untuk bekerjasama daripada mempermasalahkan perbedaan prinsip seperti di negara Eropa lainnya.[3] Dengan adanya kondisi sosial yang sangat damai dan stabil ini maka tidak mengherankan apabila pada tahun 2012 Belanda berada di urutan empat sebagai negara terbahagia di dunia.[4]

Bukankah untuk menjadi perintis (pioneer) dalam berbagai bidang dibutuhkan kondisi sosial yang damai dan stabil untuk menghasilkan ide-ide mutakhir nan inovatif…? Kemudian setelah menjadi pionir bukankan tidak mungkin juga ada pihak lain yang mengikuti…? Ya sukses penerapan Polder Model ini telah menarik perhatian beberapa negara lain untuk mengadopsi sistem Polder Model versi Belanda.[5] Jadi jelaslah bahwa Belanda merupakan bangsa pionir tidak hanya dalam teknologi, tetapi juga dalam kehidupan sosial ekonomi.

Di saat sebagian negara Eropa hanyut dalam pusaran krisis ekonomi Eropa justru Belanda mampu ‘berlayar’ dari pusaran krisis tersebut dan bertahan. Dalam hal ini maka tidak mengherankan jika Belanda adalah negara yang sangat pelopor (pioneer) dalam menyelesaikan permasalahan menjadi berkah. Polder Model yang diciptakan untuk mengatasi permasalahan air namun ternyata juga di sisi lain mampu memberikan keuntungan ganda dalam sistem kehidupan sosial ekonomi Belanda. So when first the Dutch invents, others will become the followers…!

Referensi

[1] http://www.dutchcare.com.au/index.php/en/about-us/polder-model
[2] http://www.economist.com/node/1098153?story_id=1098153
[3]http://ca.finance.yahoo.com/news/dutch-polder-model-sharing-pain-helps-country-agree-075040110–finance.html
[4]http://www.dutchdailynews.com/world-happiness-report-ranks-netherlands-4th-happiest-nation-in-the-world/
[5] http://www.economist.com/node/1098153?story_id=1098153

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s