KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#219 Anthony Fokker: Pionir Penerbangan Belanda

2 Comments

Oleh Zulkifli 

Apa yang terjadi jika pada Perang Dunia I tidak ada teknologi synchronized machine gun dalam sebuah pesawat militer…? Mungkinkah Angkatan Udara Jerman tidak memenangkan atau mendapat keuntungan dari pertempuran udara dengan pihak sekutu…? Lantas siapakah Anthony Fokker itu…? Pertanyaan-pertanyaan tersebut pasti muncul jika kita belum pernah membaca atau menelusuri tentang dunia penerbangan atau kedirgantaraan Belanda.

Gambar 1. Anthony Fokker

Anton Herman Gerard Fokker atau yang lebih umum dikenal Anthony Fokker adalah seorang pionir industri penerbangan Belanda sekaligus juga penemu interrupter gear dan menyempurnakannya menjadi synchronized machine gun dalam pesawat militer.[1] Anthony Fokker merupakan orang Belanda yang lahir di Blitar, Jawa Timur pada 6 April 1890 yang pada waktu itu Hindia Belanda (Indonesia) masih berada dalam jajahan Belanda. Keinginannya untuk menjadi seorang mekanik, menciptakan hal-hal baru dan membuat model pesawat udara mendorongnya hijrah ke Jerman untuk mengikuti sekolah manufaktur kereta api. Namun karena keinginan kuatnya pada dunia kedirgantaraan maka Anthony Fokker lebih memilih untuk mengikuti kursus dalam penerbangan.

Salah satu penemuan paling mengesankan dari Fokker adalah teknologi synchronized machine gun dalam sistem persenjataan pesawat militer pada jenis pesawat militer Fokker M.5K/MG.[2] Fokker berhasil mensinkronisasikan alur tembakan senjata penembak dengan rotasi baling-baling pada pesawat militer, dimana dengan mekanisme ini peluru dari senjata penembak dapat ditembakkan diantara rotasi baling-baling pesawat tanpa merusak atau menghancurkan baling-baling pesawat.

Gambar 2. Mekanisme Kerja Synchronized Machine Gun Temuan Anthony Fokker

Gambar 3. Pesawat Militer Jenis Fokker M.5K/MG dengan Synchronized Machine Gun

Dengan adanya teknologi ini mampu memberikan keuntungan pada pihak Jerman karena Angkatan Udara Jerman dapat memenangkan pertempuran udara dengan pihak tentara sekutu melalui tembakan aces yang dihasilkan oleh pilot militer Jerman. Bahkan Perjanjian Versailles mengakui kehebatan pesawat militer buatan Fokker yang dipakai Jerman sehingga ketika Jerman kalah dalam Perang Dunia I pesawat militer Jerman buatan Fokker harus diserahkan kepada pihak Sekutu sebagai upaya untuk demiliterisasi kekuatan Angkatan Udara Jerman.[3]

Tidak hanya sampai di sini kiprah Anthony Fokker dalam dunia penerbangan internasional. Banyak hasil produksi pesawat komersil Anthony Fokker yang digunakan oleh maskapai nasional Belanda (Koninklijke Luchtvaart Maatschappij/KLM) dan maskapai negara lain. Beberapa contohnya adalah Fokker 50, Fokker 70, dan Fokker 100 yang masih digunakan sampai sekarang. Pencapaian fenomenal dari hasil produksi pesawat komersil ini adalah digunakannya Pesawat Fokker F.VII untuk penerbangan dari Belanda menuju Hindia Belanda (Indonesia) pada 1 Oktober 1924.[4] Pada masa itu penerbangan dalam rute ini merupakan rute terpanjang yang pernah dilakukan oleh pesawat komersil dan sering disebut sebagai penerbangan pionir terjauh Belanda dengan transit di 22 kota dunia.

Gambar 4. Rute Penerbangan Perdana dari Belanda ke Hindia Belanda (Indonesia) pada 1 Oktober 1924

Sampai sekarang Anthony Fokker masih dikenang oleh Belanda sebagai salah satu pionir dalam perintis industri penerbangan di Belanda. Bahkan untuk mengenang jasa Anthony Fokker sebagai pionir industri penerbangan Belanda Bandara Schiphol Amsterdam memajang sebuah pesawat Fokker tipe 100 di bagian panorama roof terrace Bandara Schiphol serta abu jenazah Anthony Fokker yang meninggal di Amerika Serikat dipulangkan ke Dreihuis, Belanda untuk disemayamkan di pemakaman keluarga Fokker.

Gambar 5. Pesawat KLM Cityhopper tipe Fokker 100 di Bandara Internasional Schiphol

Melalui Anthony Fokker Belanda telah membuktikan bahwa negara kecil ini justru mampu unggul menjelajah dunia dengan kepiawaian dalam industri kedirgantaraannya. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Semoga luasnya wilayah teritorial Indonesia didukung dengan populasi penduduknya yang banyak dapat menjadi pendorong untuk melahirkan Anthony Fokker versi Indonesia. Semoga…!!!

Referensi

[1]http://www.newnetherlandinstitute.org/history-and-heritage/dutch_americans/anthony-herman-gerard-anthony-fokker/
[2] http://www.dutch-aviation.nl/index5/Military/index5-1%20M5.html
[3] http://www.spartacus.schoolnet.co.uk/FWWfokkerV.htm
[4] http://aerofavourites.nl/fokf7-03.htm

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

2 thoughts on “#219 Anthony Fokker: Pionir Penerbangan Belanda

  1. Wow! keren banget artikelnya!
    Nambah pengetahuan baru🙂

  2. Makasih Ricky. Karena gw suka sama penerbangan jadi put maximum effort buat nulis ini🙂 Semoga tahun ini bisa ngikuti jejak ke Utrecht deh…!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s