KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#217 Inilah 5 Pionir dari Negeri Belanda

Leave a comment

Oleh Yuli Trisnanto

Apakah kalian sudah tahu, apa saja pionir dari Belanda? Pionir-pionir ini merupakan kreatifitas masa lalu dari masyarakat Belanda yang memberikan jalan pembuka bagi kreatifitas masyarakat Belanda generasi selanjutnya. Lalu, apa saja hasil kreatifitas itu? Mari kita bahas satu persatu!

Stelling van Amsterdam

Ini merupakan benteng berbentuk seperti cincin sepanjang 135 km yang terletak sekitar kota Amsterdam. Bangunan ini dibangun antara tahun 1883 dan 1920 terdiri dari 42 benteng. Keunikan dari bangunan ini adalah penggunaan sistem perairan untuk pertahananan melawan musuh. Pada abad ke-19 Belanda berhasil menjadi salah satu negara yang memiliki kekuatan militer terkuat di Eropa. Bahkan, sorang Peter Agung (Tsar Rusia) melakukan perjalanan ke Belanda untuk belajar militer dari Belanda. Berkat keunikan sistem pertahanan pada Stelling van Amsterdam, pada tahun 1996 UNESCO menetapkannya sebagai situs warisan dunia. 

Mill Network di Kinderdijk-Elshout

Ini merupakan pioner dari Belanda selantutnya, sekaligus menjadi ikon dari negara ini. Mill Network di Kinderdijk-Elshout merupakan sumbangan besar masyarakat Belanda tentang penanganan masalah air. Pada kawasan ini masyarakat Belanda tidak hanya mengkonstruksi drainase tetapi juga sistem kincir angin. Awalnya sistem ini untuk kepentingan lahan pertanian dan pemukiman pada Abad Pertengahan, namun sistem ini dipakai hingga saat ini. Pada tahun 1997, secara resmi UNESCO telah menetapkan Mill Network di Kinderdijk sebagai World Heritage.

Ir. DF Woudagemaal (DF Wouda Steam Pumping Station)

Pada tahun 1998 UNESCO menetapkan Ir. DF Woudagemaal  sebagai World Heritage. Ini merupakan stasiun pompa uap yang ada di Belanda. Ir. DF Woudagemaal secara resmi dibuka pada tahn 1920 oleh Ratu Wilhelmina. Tujuan dibangun stasiun ini untuk menanggulangi luapan air yang ada di Provinsi Freisland, Belanda. Ir. DF Woudagemaal merupakan stasiun pompa uap terbesar yang pernah dibangun yang masih tetap beroperasi hingga sekarang. Ini merupakan kontribusi para insinyur Belanda untuk melindungi masyarakat dari luapan air.

Droggmakerij de Beemster (Beemster Polder)

Merupakan hasil yang luar biasa dari cendikiawan Belanda. Beemster Polder merupakan salah satu karya masyarakat Belanda untuk pengendalian air dan tata kelola pemukiman. Kita dapat melihat tata kelola yang bersinergis antara jalan, kanal, tanggul, dan pemukiman. Beemster Polder menjadi bukti bahwa masyarakat Belanda melihat keterbatasan menjadi pemicu kreatifitas. Kita tahu bahwa, sebagian besar daratan Belanda berada di bawah permukaan air laut. Berkat keberhasilan mencegah luapan air, kawasan Beemster Polder menjadi World Heritage pada tahun 1999.

Canals of Amsterdam

Amsterdam sebagai Venesia dari utara. Sebutan ini tentu sangat beralasan, Amsterdam telah berhasil menata kota dengan baik. Banyaknya urbanisasi memacu pemerintah kota Amsterdam untuk menciptakan tata kota yang nyaman bagi penduduknya. Keterbatasan lahan dan luapan air menjadi kendala utama. Akhirnya, pemerintah Amsterdam menciptakan kanal-kanal yang berfungsi sebagai irigasi sekaligus alat transportasi. Turis dan masyarakat dapat mengelilingi kota dengan menggunakan water-bus. Tiga kanal utama adalah Herengracht, Prinsengracht, dan Keizersgracht. UNESCO menetapkan Canals of Amsterdam sebagai World Heritage pada tahun 2010.

Pionir-pionir di atas merupakan bukti bahwa suatu masalah dapat menjadikan suatu individu atau kelompok menjadi lebih kreatif dan maju. Manusia dapat belakjar dari alam sehingga mereka dapat menciptakan karya yang bermanfaat bagi generasi selanjutnya. Sudah selayaknya negeri tercinta Indonesia mengembangkan apa yang telah diciptakan generasi-generasi terdahulu untuk kepentingan seluruh masyarakat.

yuli

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s