KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#214 Belanda Negeri Teknokat dari masa ke masa

Leave a comment

Oleh Ahmad Faizal Fajar Sunarma

Kondisi georgafis alam yang kebanyakan orang berfikir sangat mengkahawatirkan inilah yang memaksa Belada untuk berpikir inovatif dan kreatif. Kita tahu hampir setengah daratan Belanda berada ± 1 m dibawah permukaan laut. Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut. Coba kita amati warna ungu pada peta dibawah ini. Warna ungu pada gambar peta dibawah ini menujnjukkan bahwa zona ungu menunjukkan lokasi yang berada 1 m dibawah permukaan laut.

Sobat, kalian semua bisa membayangkan bagaimana bisa suatau kondisi pada suatu dataran negara yang daratannya berada dibawah permukaan laut. Seperti negeri yang tenggelam gitu ya. Pastinya kondisi tersebut adalah kondisi yang mencemaskan bagi penduduk Belanda. Hingga pada pada tahun 1953 kecemasan terhadap bahaya daratan yang berada dibawah permukaan laut itupun benar – benar terjadi. Hingga pada suatu malam terjadilah bencana yang sangat dahsyat. Bencana banjir yang meratakan perumahn penduduk, perkebunan, dan ladang mereka. Bencana tersebut bukan hanya kerugian material saja yang mereka tanggung, namun bencana tersebut juga memakan korban jiwa.

Berawal dari bencana dahsyat tersebut akhirnya belanda memunculkan ide inovatif dan kreatif. Suatu proyek besar yang diberikan nama deltaworks mereka kerjakan untuk mengantisipasi agar tidak terulang kembali bencana banjir.

Deltaworks adalah suatu sistem bendungan raksasa yang dibangun untuk melindungi daratan dari luapan air, dan memperpendek garis pantai.  Pada gambar peta dibawah ini dapat dilihat beberapa teknologi bendungan yang berhasil mereka bangun.

Setelah bendungan raksasa tersebut berhasil dibangun muncul permasalahan baru, bagaimana cara meompa air laut yang terbendung kembali ke laut ?. Kemuadian mucullah teknologi “super hidrolik” yang digunakan untuk memompa air agar kembali ke laut sehingga daratan kering dari genangan air. Sederhananya adalah dari kincir angin yang sudah dirancang dengan sedemikian rupa, yang dapat digunakan untuk mengalirkan/memompa air laut kembali ke laut. Selanjutnya energi dari angin yang berhembus memutar kincir angin sehingga memutar roda gigi di dalam serangkaian kincir angin dan, kemudian timbul gerakan yang akhirnya dapat memompa/memimdah air laut hingga mengalir keluatan sehingga tidak mengenangi daratan.

Daratan yang dikeringkan menghasilkan tanah yang subur. Sehingga beberapa jenis dan warna – warni bunga tulip dapat tumbuh dan berkembang menjadi ladang – ladang industri bunga tulip. Nah, itulah yang menyebabkan mengapa bunga tulip dapat tumbuh subur sehingga bunga tulip tersebar di daerah Belanda dan akhirnya menjadi julukan lain bagi Belanda. Perkembangan indusrti bunga tulip di Belanda  sangat baik. Sebesar 25 % dari hasil agriculthure adalah ekspor dari bunga ini.

      

Kembali lagi ke kincir angin, belanda bukan hanya mencipatakan kincir angin sebagai alat pemompoa/pemindah air ke laut. Lebih jauh jauh lagi pada bidang pangan, belanda memanfaatkan kincir angin sebagai alat pengerak roda gigi untuk menggiling hasil ladang gandum, jagung dll hingga menjadi bahan pangan penduduk sekitar. Dalam bidang enegri belanda kincir angin juga dimanfaatakan sebagai pengerak generator sehingga menghasilkan energi listrik ramah lingkungan.

Sikap dan tauladan penduduk Belanda memang patut kita tiru. Seperti ketika menghadapii cobaan, bukan malah membuat mereka putus asa, namun berawal bencana itu malah dijadikan sebagai tantangan yang harus mereka selesaikan. Hingga akhirnya belanda menjadi pelopor dalam beberapa bidang. Mari kita hadapi tantangan dalam negeri kita !

Referensi

http://www.deltawerken.com/
http://en.wikipedia.org/wiki/Delta_Works
http://www.deltawerken.com/modules/mediagallery/popup.php?id=1522&style_root=/home/deltawer/public_html/styles/blauw&style_root_http=http://www.deltawerken.com/styles/blauw&language=en
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/8/82/Watersnoodramp_1953.jpg/240px-Watersnoodramp_1953.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/33/Deltawerken_na.png/350px-Deltawerken_na.png
https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQBXGOar9oDzRAp0Ah7Ulk5b87njN-FfmKZsAfzbAHGG_ecScaI
https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSKr0v-HNir6Yf6VqbtF4Fxo56Ea0jiVSiCamd2E6NL2WF3gq-Y
http://s2.hubimg.com/u/307769_f260.jpg
http://images.sciencedaily.com/2009/02/090223083344.jpg

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s