KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#213 Hati-Hati Tersesat di Museum Weekend

Leave a comment

Oleh Mutia Husna Avezahra

Adalah sebuah pilihan yang tepat, ketika menghabiskan akhir pekan pertama bulan April di Amsterdam. Biarkan matahari masuk melalui celah-celan jendela kamar dan bersiaplah untuk berpetualang, ditemani sebuah ransel yang berisikan botol air mineral untuk menjelajahi dari satu ruang museum ke ruang museum yang lain. Siapkanlah juga dirimu untuk terpental jauh berpetualang menuju lorong-lorong ruang dan waktu, menyusuri  kisah dan peristiwa Negeri serba seribu ini.

Negeri serba seribu ini memang tepat disematkan kepada Negara Belanda, yang memang memiliki seribu kincir angin, seribu sepedah pancal, seribu bunga tulip, bahkan seribu peninggalan benda-benda bersejarah yang bertengger di ratusan museumnya. Di momen weekend pertama bulan April ini adalah momen yang tepat untuk berkunjung ke museum dengan harga yang terjangkau, bahkan ada beberapa museum yang membuka pintu masuknya lebar-lebar tanpa pungut biaya.

Janganlah Kau bingung hendak pergi kemana, ada beberapa museum terkenal yang sepertinya tidak boleh terlewatkan, karena benda-benda peninggalan bersejarah, kincir angin, cerita historis dan banyak monumen Belanda menunggu untuk Kau kunjungi.

1. Rijksmuseum

Rijksmuseum adalah museum nasional Belanda yang didedikasikan untuk seni dan sejarah. Lokasi Museum ini dekat dengan Museum Van Gogh.  Memang, pembuatan museum ini berada di Den Haag pada tahun 1800, tetapi 8 tahun kemudian pindah ke Amsterdam dan sempat ditutup selama 10 tahun (2003-2013) dikarenakan adanya renovasi. Delapan ribu benda-benda seni sejarah menunggu untuk Anda kunjungi. Bersiaplah berkenalan dengan karya-karya Rembrandt, Frans Hals, Johannes Vermeer dan tentu masih banyak lagi.

Rijksmuseum

2. Heineken Experience

Museum ini adalah jenis museum industri tentang pembuatan bir bersejarah di Amsterdam. Daya tarik museum ini sangatlah memikat para turis, karena ketika berkunjung, kita tidak hanya bisa melihat pameran interaktif pembuatan bir, namun kita juga bisa mencicipi eksplorasi produk dan pengambilan sampel. Museum ini memang sengaja ditujukan untuk mendidik masyarakat tentang proses pembuatan bir pilnser serta memperkenalkan produk Heineken.

Heineken Experience

3. Museum Van Gogh

Jika Anda pengagum seni, jangan melewatkan satu lokasi ini. Karena dalam museum ini, Anda dapat berkenalan dengan karya-karya Vincent Van Gogh. Museum ini didirikan pada tahun 1973 di sebuah bangunan yang dirancang oleh Gerrit Rietveld. Museum ini pernah menjadi tempat pengunjung terbanyak diantara museum-museum di Belanda pada tahun 2012. Bahkan, museum Van Gogh adalah 31 museum seni yang paling banyak dikunjungi di Dunia!!

Museum Van Gogh

4. Cat Cabinet

Cat Cabinet adalah sebuah museum seni yang dikhususkan untuk karya yang menggambarkan kucing. Bagi Anda yang pecinta kucing, bisa sepuasnya menikmati koleksi museum ini berupa lukisan, gambar, patung dan karya seni lainnya oleh Pablo Picasso, Rembrandt, Henri de Toulouse-Lautrec, dan masih banyak lagi. Ada juga beberapa kucing yang tinggal di museum ini sehingga jangan terlupakan untuk mengunjungi museum ini.

Cat Cabinet

5. Museum Allard Pierson

Tidak lengkap rasanya jika tidak berkenalan dengan satu tokoh ini. Allard Pierson adalah seorang profesor arkeologi pertama di university of Amsterdam. Dia adalah seorang kurator yang melakukan perjalanan ke daerah mediterania, sehingga kita dapat melihat benda – benda mesir kuno, yunani dan romawi yang dipamerkan di museum ini.

Sambil menikmati panorama kota Amsterdam, nikmatilah momen museum weekend yang akan menambah pengetahuan dan kekagumanmu tentang Belanda. Jangan sampai tersesat diantara kisah maupun peristiwa, dan selamat menjelajah!!

Museum Allar Pierson

Referensi

No name, 2013, Rijksmuseum [txt], (http://en.wikipedia.org/wiki/Rijksmuseum, diakses pada tanggal 5 Mei 2013)

No name, 2013, Heineken Experience [txt], (http://en.wikipedia.org/wiki/Heineken_Experience, diakses pada tanggal 5 Mei 2013)

No name, 2013, Van Gogh Museum [txt], (http://en.wikipedia.org/wiki/Van_Gogh_Museum, diakses pada tanggal 5 Mei 2013)

No name, 2013, Katten Kabinet [txt], (http://en.wikipedia.org/wiki/KattenKabinet, diakses pada tanggal 5 Mei 2013)

No name, 2013, Allard Pierson Museum [txt], (http://en.wikipedia.org/wiki/Allard_Pierson_Museum, diakses pada tanggal 5 Mei 2013)

No name, 2013, List of museums in the Netherlands [txt], (http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_museums_in_the_Netherlands, diakses pada tanggal 5 Mei 2013)

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s