KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#209 Belanda Kaya Berkat Master Key System

Leave a comment

Oleh Yuniasari Shinta Dewi

Belanda adalah negara kaya, bukan dari segi materi atau sumber daya alam, melainkan kaya akan jiwa pionir.

Tak terhitung inovasi yang tercetus dari para individu pionir Belanda, mulai bidang teknologi air, arsitektur rumah masa depan, teknologi QR Code dalam koin, smarthighway, dan lainnya. Pertanyaannya, mengapa Belanda bisa punya jiwa kepeloporan yang tinggi dari dulu hingga kini? Tidakkah kita juga bisa menjadi bangsa pelopor?

Jawaban atas pertanyaan pertama, Master Key System. Ya, bangsa Belanda meyakini prinsip Master Key System yang dicetuskan Charles F. Haanel. Kita semua tentu mengenal Hukum Tarik-Menarik yang dipopulerkan Rhonda Byrne dalam buku The Secret. Nah, pemaparan Byrne itu sebagian besarnya didasarkan pada Master Key System-nya Haanel.

Menurut Haanel, manusia telah dikarunia Tuhan YME sebuah kunci sukses, yaitu otak. Otak ini punya kekuatan mengubah banyak hal dalam kehidupan. Tergantung si manusia itu sendiri apakah mau atau tidak untuk menyadari akan kepemilikan harta paling berharga itu dan akhirnya mampu mengembangkannya demi kesejahteraan hidupnya juga orang-orang di sekitarnya.

Nah, individu di Belanda sedari dulu menyadari akan karunia mulia itu. Berdasarkan penelitian, kapasitas dan kinerja otak sebenarnya lebih dahsyat dari tata surya. Bila melihat predikat pionir, nampaknya orang Belanda mampu memaksimalkan kapasitas otaknya.

Contoh nyatanya bisa kita lihat dari cara Belanda mengatasi kekurangannya. Bertempat tinggal di tanah yang letaknya di bawah permukaan laut tentunya jadi ancaman bagi Belanda. Apalagi pada tahun 1953 terjadi banjir besar yang menelan banyak korban jiwa. Jika bangsa Belanda tidak menyadari akan kemampuan maksimal otaknya untuk mencari solusi efektif dari masalah itu, mungkin kini mereka tinggal sejarah karena terendam air laut.

Tapi, kenyataannya berbeda. Proyek Delta menjadi bukti kejeniusan otak manusia yang bila dimanfaatkan secara maksimal bisa bermanfaat besar. Proyek Delta yang kini sudah berusia 50 tahun lebih ini mampu membendung air laut sehingga menghindarkan daratan Belanda terendam hingga sekarang.

Pendapat Haanel lainnya adalah soal pelayanan: sukses terbesar akan datang bila kita mampu menolong orang lain. Poin ini kembali diterapkan di Belanda, khususnya oleh pemerintahnya. Pelayanan itu berupa fasilitas transportasi ramah lingkungan, sepeda.

Kita ketahui bersama, Belanda adalah “negeri sepeda”. Jumlah sepedanya bahkan melampaui populasinya, dengan estimasi 18 juta sepeda dimiliki 16,4 juta jiwa. Ini semua berawal dari totalitas pelayanan publik dari pemerintah Belanda yang sudah dilakukan beberapa dekade silam. Misal, pada tahun ’70-an, pemerintah kota Delft mulai melarang lalu lintas kendaraan pribadi melintasi pusat kota. Di Groningen, jalan terbagi empat zona yang tidak bisa dilalui kendaraan pribadi (kendaraan pribadi diwajibkan memakai jalur lingkar). Para pesepeda bisa melewati zona-zona yang dikhususkan itu dan sejak itu terhitung lebih dari 50% perjalanan di Groningen memakai sepeda.

Fasilitas ramah lingkungan ini pun turut berdampak pada berkurangnya polusi sehingga menciptakan udara yang bersih, dan membuat jalan-jalan lebih aman dan bebas kecelakaan akibat kendaraan bermotor. Akibat-akibat positif ini secara tidak langsung menumbuhkan generasi yang lebih sehat dan lebih cerdas. Dengan generasi seperti itu, tak heran bila Belanda tetap mempertahankan tradisinya melahirkan individu pionir hingga saat ini.

Itulah The Power of Give (Service) dalam Master Key System. Belanda telah memberikan hal terbaik bagi masyarakatnya dan sebaliknya tercipta individu cerdas berjiwa pionir demi kesuksesan Belanda sendiri, dan juga dunia.

Nah menjawab pertanyaan kedua di atas, Indonesia bisa saja mengikuti jejak kepeloporan Belanda asalkan bersedia menerapkan Master Key System. Pertanyaannya kini, bersediakah kita? 

Referensi

Buku The Master Key System karya Charles F. Haanel, terbitan AW Publishing, 2012

http://www.niahidayati.net/memaksimalkan-kerja-otak.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Delta_Works

http://en.wikipedia.org/wiki/Cycling_in_the_Netherlands

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s