KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#206 Tidak Ruwet Berkat Bapak dari Belanda

2 Comments

Oleh Fachri Hilmi Romdhoni 

Gambar 1 Negeri Asal WiFi

 Sehari-hari kita update status facebook, ngetwit, baca berita, googling, atau aktivitas online lainnya pasti menggunakan internet. Ada banyak device untuk mengakses internet, diantaranya adalah dengan menggunakan komputer, tablet, ponsel, dan laptop. Lalu diperlukan juga jaringan perantara seperti 3G, EVDO, EDGE, dan WiFi.

WiFi sebenernya merupakan sebutan lho. Yaitu sebutan untuk produk Wireless Local Area Network (WLAN) yang mengikuti standar 802.11 IEEE. Wi-Fi dapat digunakan dalam berbagai macam perangkat seperti komputer, video game, ponsel pintar, tablet, kamera digital, atau pemutar musik. Saking keren nya teknologi ini, WiFi bisa terhubung dengan hotspot yang jaraknya mencapai 100 meter.

Gambar 2 Logo WiFi

Sudah tahukah kalau WiFi yang sering kita jumpai ternyata diciptakan di Belanda? Yap, cikal bakal WiFi atau hotspot diciptakan di Belanda pada 1991 oleh dua perusahaan besar yaitu NCR Corporation dan AT&T Corporation. NCR Corporation adalah perusahaan perangkat keras dan elektronis komputer yang membantu bisnis pelanggannya. Sedangkan AT&T Corporation adalah perusahaan telekomunikasi yang produknya berupa panggilan suara, video, dan akses internet.

Gambar 3 Logo NCR Corporation

Gambar 4 Logo AT&T Corporation

 Pada pengembangannya, WiFi distandarisasi oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) yang dipimpin oleh Vic Hayes. Fakta mengejutkan lainnya adalah Vic Hayes ternyata merupakan orang Belanda yang lahir di Indonesia tepatnya di Surabaya pada 31 Juli 1941. Beliau juga dijuluki sebagai Bapak WiFi karena jasanya yang besar di bidang WiFi.

Gambar 5 Vic Hayes, Bapak WiFi

 WiFi sudah berkembang pesat sekarang ini. Misalnya saja WiMax, WiFi yang bisa menjangkau sampai 1 km. Atau Super WiFi, WiFi untuk streaming TV dengan kualitas HD.

Sudah kebayang kan gimana jadinya kalau sekarang tidak ada WiFi, banyak kabel dimana-mana dan ruwet. Jadi, sudah sepantasnya kita menggunakan WiFi untuk hal-hal yang bermanfaat.

Referensi

http://en.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi
http://en.wikipedia.org/wiki/NCR_Corporation
http://en.wikipedia.org/wiki/AT%26T_Corporation
http://en.wikipedia.org/wiki/Vic_Hayes
http://en.wikipedia.org/wiki/History_of_IEEE_802.11

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

2 thoughts on “#206 Tidak Ruwet Berkat Bapak dari Belanda

  1. Bagus idenya, orisini banget
    goodluck yaaa😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s