KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#205 Sang Pelopor Taman Bunga Keukenhof (Pelangi Dunia)

Leave a comment

Oleh Nurul Adliyah Purnamasari

Keukenhof, jika kata mendengar kata tersebut mungkin yang akan terlintas dibenak kita adalah negeri Belanda, atau bunga dengan warna-warna yang indah yang menjadi icon dari negeri kincir angin tersebut ? yah, Keukenhof adalah sebuah taman bunga terbesar didunia dan sering dijuluki sebagai “The Garden of Europe”. Sekitar 7 juta bunga yang ditanam serta bermekaran di taman bunga ini setiap musim semi di Belanda tiba. Seperti yang kita ketahui negeri Belanda sangatlah terkenal dengan Bunga tulip, bunga dengan berbagai jenis warna yang indah inilah yang  menjadi mayoritas bunga yang menghiasi taman Keukonhof. Selain bunga tulip taman Keukonhof juga dihiasi dengan berbagai jenis bunga yang tidak  kalah indahnya seperti lavender, mawar, chrysanthemum, daffodil, dan juga  tentunya bunga-bunga subtropis lainnya yang juga bermekaran di kala musim semi. Keindahan warna-warni bunga tersebutlah yang menjadikan taman Keunkonhof seakan terlihat sebagai pelangi, yah.. Pelangi Dunia.

   

Jika dilangit pelangi hanya akan terlihat setelah hujan, maka pelangi di taman Keunkonhof hanya bisa dilihat pada musim semi. Ya, Taman bunga Keukenhof tidaklah dibuka sepanjang tahun, namun hanya dibuka diwaktu-waktu tertentu saja. Kerena, bunga tulip yang menjadi mayoritas taman bunga ini tidak dapat hidup sepanjang tahun, sehingga bunga-bunga lain yang juga ditampilkan pada taman Keukenhof juga hanyalah tumbuhan yang mampu tumbuh dimusim yang sama dengan bunga tulip. Bunga-bunga tersebut ditanam dan ditata  serta dikombinasikan  berdasarkan tema tahunan, yang tentunya ditambahkan dengan sentuhan culture Belanda, yang membuat kecantikan dan keindahan barisan bunga yang berwarna-warni di dalam taman indah ini akan selalu terkenang dalam ingatan.

Keukenhof terletak tepatnya di Holland Selatan, di antara kota Hillegom dan Lisse, di selatan Haarlem dan baratdaya Amsterdam. Dan dapat dijangkau dengan bus dari stasiun bus Haarlem atau Leiden. Taman ini terletak di daerah bernama Duin en Bollenstreek.

Taman ini dibuat pada tahun 1949 oleh calon wali kota Lisse, yang merupakan kota kecil di dekat Amsterdam. Desain pertama taman Keukenhof yang bergaya English landscape mulai dilakukan pada abad ke-19, setelah seorang bangsawan bernama Van Pallandt memerintahkan arsitek J.D dan L.P Zocher, desainer taman Vondelpark di Amsterdam, untuk mendesain lahan di sekitar Castle tersebut. Desain pertama tersebut selalu menjadi dasar utama gaya taman Keukenhof hingga sekarang. ciri khasnya dari design tersebut berupa jalan setapak yang panjang dihiasi bunga-bunga di sampingnya. Hebatnya, taman ini juga memilki design pendukung yang menjadikan Keukenhof terlihat lebih indah, seperti Historical garden, yaitu menampilkan berbagai jenis bunga yang banyak ditemukan pada jaman dahulu. Selanjutnya ada Nature garden yang mengkombinasikan danau kecil, semak-semak, dan pepohonan tinggi dengan berbagai bunga tulip, daffodil, dan krisan. Serta, Japanese garden, dimana taman tersebut didesign dengan nuasa Jepang namun tetap telihat indah dengan kombinasi alam Keukenhof.

Taman bunga ini awalnya buka untuk membuat sebuah pameran bunga agar penanam bunga dari penjuru Belanda dan Eropa dapat memamerkan bunga yang akan membantu Belanda sebagai eksportir bunga terbesar di dunia. Dimana, bunga-bunga yang dipamerkan pada pameran tessebut adalah hasil dari hasil budidaya para petani Belanda bahkan eropa. Namun, hebatnya dalam waktu 50 tahun Keukenhof telah menjadi sebuah taman bunga terbesar di dunia.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s