KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#203 Belanda : The True Pioneer of Library Country

Leave a comment

Oleh Dony Pratidana

Belanda memiliki berbagai macam perpustakaan megah dan modern dalam berbagai jenis mulai dari nasional, umum dan universitas. Dimulai dari perpustakaan nasional, Belanda memiliki perpustakaan Koninklijke Bibliotheek (KB) yang terletak di kota Den Haag.

Koninklijke National Library

Dalam sejarahnya, KB dimiliki oleh Prince Willem V sebagai perpustakaan pribadi. Kemudian pada tahun 1798 the Representative Body of the Batavian Republic yang merupakan perwakilan pemerintah Prancis yang sedang menjajah negara Belanda ketika itu mengambil alih untuk selanjutnya dijadikan perpustakaan nasional. Hal itu dilakukan menganggap pentingnya ilmu pengetahuan bagi negara tersebut kedepannya. Keunggulan dari KB ditunjukan dalam jumlah koleksi dan teknologi. KB memiliki 3.300.00 koleksi yang 2.500.00 nya merupakan koleksi buku dari berbagai macam subjek. Banyaknya koleksi KB, sampai-sampai jika buku tersebut disusun dalam rak buku yang tidak bertingkat maka koleksi tersebut akan memiliki panjang sekitar 67 KM atau bisa disamakan dengan jarak Jakarta – Bogor.

Collection and Reading Room Koninklijke Library

 Dalam bidang teknologi, KB adalah salah satu inisiatif creator utama akan mesin digitalisasi buku yaitu IMPACT di 26 perpustakaan di eropa. Mesin tersebut membantu mendigitalisasi buku manual menjadi elektronik.

Lanjut lagi, ada Openbare Bibliotheek Amsterdam (OBA) atau perpustakaan umum kota Amsterdam yang berdiri di lahan sebesar 24.000 M pada 2007. Perpustakaan ini memiliki tujuh lantai dengan 1000 bangku dan 490 komputer yang tersebar di seluruh tempat. Dilengkapi dengan  internet, stasiun radio, kafe, teater, ruang konfrensi dan ruang eksibisi maka perpustakaan ini terlihat seperti mall yang mempunyai banyak fungsi untuk memanjakan pengunjungnya.

The Strategic OBA Library Location

 

Pada tahun 2008,  OBA juga mendapatkan penghargaan sebagai most Sustainable Public Building in Amsterdam. Penghargaan ini didasarkan karena OBA menggunakan teknologi energi solar sistem yang memungkinkan penggunaan sumber daya panas matahari sebagai sumber listrik. Selain itu, lokasinya yang sangat strategis dengan terminal bus dan stasiun metro yang mengelilinginya, pengunjung tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi untuk berkunjung. Hal ini tentunya sangat baik untuk menjaga udara kota tetap bersih dari polusi.

Terakhir, makin gak kalah kerennya ada perpustakaan Universitas teknologi Delft. Yang berdiri pada tahun 1997 dengan Mecanoo sebagai perusahaan pendiri. Tujuan dibangunnya perpustakaan ini adalah untuk memberikan kebutuhan akan informasi mengenai teknologi kepada mahasiswa dan industri secara  khusus. Seperti kebanyakan perpustakaan di Belanda pada umumnya, desain perpustakaan tersebut sangat modern dan maju.

TU Delft Library’s Interior

Keunikan muncul pada atap perpustakaan yang dibentuk menjulang seperti bukit yang dilapisi dengan rumput. Dengan atap berupa rumput, perpustakaan tersebut dapat menyimpan air hujan yang kemudian disimpan sebagai cadangan air. Kemudian pada musim panas, secara otomatis air tersebut akan menguap dan menjadikan pendingin alami bagi perpustakaan tersebut. Hal ini menjadikan perpustakaan tersebut ramah lingkungan. Di atap juga terdapat kerucut besar yang menjulang tinggi sebagai simbol dari teknologi. Atap yang berupa rumput  juga secara langsung menjadikan perpustakaan itu sebagai taman dimana pengunjung dapat mendudukinya untuk tempat membaca outdoor atau sekedar tempat berdiskusi dengan teman.

TU Library’s Exterior

Begitulah eksistensi perpustakaan-perpustakaan di Belanda. Desain yang modern dan koleksi yang melimpah ruah menjadikan bangsa Belanda menjadi pioneer dalam dunia perpustakaan yang mendukung kemajuan negara tersebut. Selanjutnya bagaimana dengan kamu? Akankah kamu menjadi pioneer yang mendukung kemajuan Indonesia di bidang yang kamu miliki? Jika belum mari kita mencontoh Belanda.

 

Referensi

[1] Birdsong, Lark, 2010. The Innovative Dutch Libraries, Universities, and Research Institutes in the Netherlands.  Birdsong Information Services http://www.infotoday.com/searcher/mar10/Birdsong.shtml Diakses pada 29 April 2013.

[2] Wijgaarden, Van Hilde. The National Library of The Netherlands. Http://www.digitalpreservation.gov/series/edge/koninklijke.html.  Diakses pada 29 April 2013.

[3] Josep, De Kristen. Amsterdam Public Library – Central Library. http://goamsterdam.about.com/od/amsterdammuseums/p/Amsterdam-Public-Library-Central-Library.Html. Diakses pada 30 April 2013.

[4] Smyrski Creative. Amsterdam Openbare Bibliotheek. http://smyrskicreative.com/journal/amsterdam-openbare-bibliotheek. Diakses pada 30 April 2013.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s