KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#200 Belanda 1:25

Leave a comment

Oleh Gisela Raras Kusumaning Natali

1:25? Apa maksudnya? 1:25 adalah skala miniatur negeri Belanda di Madurodam. Surga bermain bagi anak – anak itu tidak hanya meninggalkan kesan mendalam bagi yang pernah mengunjunginya. Orang dewasa pun bisa bersikap layaknya anak – anak jika berada di Madurodam. Menjadi raksasa dalam dua jam. Itulah yang dirasakan ketika berkunjung ke tempat ini. Mulai dari Belanda bagian utara sampai selatan serta timur ke barat, semua gambaran tentang Belanda berhasil dibuat dengan begitu indahnya. Adalah S.J. Bouma arsitek Belanda yang merancang desain Madurodam. Nama Madurodam diambil dari seorang bernama George Maduro, letnan kavaleri Belanda yang tewas di kamp konsentrasi Nazi Jerman.

Madurodam dibagi dalam 4 zona agar pengunjung dapat lebih mudah menemukan bangunan – banunan penting Belanda. 4 Zona itu adalah :

Zona pusat yang di dalamnya terdapat bangunan yang terkenal di seantero negeri Belanda, seperti katedral, museum, kampus, apartemen, istana, balai kota, pasar keju, kanal dan bangunan antik lainnya.

Zona tempat hiburan diisi miniatur Efteling (Dufan-nya Belanda) dan kebun binatang Blijdorp.

Zona pertanian, area yang semula terendam air lalu ditimbun yang disebut polder. Di sini terdapat windmolen mini, area pertanian, peternakan.

Zona industri dan pelabuhan, berisikan miniatur pabrik, miniatur jalan raya yang dipenuhi dengan 4.542 miniatur mobil, rel kereta api dan 13 miniatur kereta api serta 5 trem, lengkap dengan miniatur stasiun. Miniatur laut dan pelabuhan laut dilengkapi dengan 40 miniatur kapal lalut berbagai jenis seperti tanker dan kapal barang. Juga terdapat miniatur bandara Schiphol dilengkapi model 15 pesawat terbang.

   

Layaknya kota asli, kendaraan yang ada di dalam miniatur juga bergerak sempurna.  Tak hanya itu, orang-orangan  atau kendaraan itu berbunyi atau melantunkan lagu yang biasa terdengar di tempat aslinya jika kita memasukkan koin logam. Malam hari di Madurodam sangatlah menakjubkan. Kombinasi sinar laser dan nyala lampu dari setiap bangunan menjadikan tempat ini bak sketsa tempat impian yang diidamkan semasa kecil.

Tak perlu khawatir tidak mengenali bangunan – bangunan yang ada di sini. Pengunjung dapat memperoleh informasinya ketika masuk di layar informasi digital multi-media, maupun diakses lewat gambar digital yang kemudian terbaca di ponsel  pengunjung. Kemajuan teknologi yang diterapkan kini adalah hasil dari renovasi yang dilakukan besar – besaran oleh Ratu Beatrix di tahun 2012. Selain dapat mengakses informasi, lebih dari 50 model di Madurodam dimodernisasi dan ditambah dengan enam model baru, termasuk Istana Het Loo, pelelangan bunga Flora Holland dan kincir angin Kinderdijk. Pengunjung juga dapat memompa polder sampai kering atau memuat dan membongkar muatan kapal di miniatur pelabuhan Rotterdam.

Kecilnya negara Belanda yang tidak lebih besar dari provinsi – provinsi di Indonesia, tidak membuat Belanda menjadi negara terbelakang. Justru Belanda memulai semua kesuksesannya dari hal kecil yang mengesankan. Kesuksesan Belanda ini membuat pengaruh yang sangat diperhitungkan di dunia. Negara lain patut mencontoh Belanda yang menjadikan negaranya surga bagi anak – anak dan orang dewasa. Jangan pernah berhenti untuk menjadi pemimpin di segala bidang, Belanda!

gisela

gisela2

Referensi

http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2010/07/26/madurodam-taman-mini-belanda-204856.html
http://www.madurodam.nl/en/discover-the-park/Begin-the-discovery/
http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2012/08/31/bisakah-berkeliling-seluruh-belanda-dalam-2-jam-489271.html
http://iklanpos.co.id/?p=4726
http://www.hotelinamsterdam-holland.com/attractions/Madurodam.htm
http://www.cityguiderotterdam.com/day-tours/madurodam-holland/
http://dehaagsestudentenpas.nl/uploaded/suppliers/256.jpg
http://images2.travbuddy.com/1399263_12201249391977.jpg

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s