KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#199 Negeri Para Pionir

Leave a comment

Oleh Adi Darliansyah

Belanda tumbuh menjadi negara yang selalu terbuka untuk gagasan. Banyak peraih Hadiah Nobel, para menemu dan ilmuwan dari negeri kincir angin ini. Belanda berkesinambungan dalam membuka area pemikiran baru, riset dan pengembangan. Mari telurusi negeri pencipta para pionir ini.

Sudah sejak lama Belanda menyadari arti pentingnya pendidikan, pada abad ke-16, negara tersebut membangun universitas pertamanya, Universitas Leiden. Bersamaan dengan mulai dibukanya akses dagang dari Asia hingga ke Amerika, Belanda pun tumbuh menjadi menjadi pusat ekonomi dan kebudayaan di Eropa.

Belanda memiliki posisi penting dalam transformasi pendidikandi Eropa. Surat kabar Times mengutip The Netherlands are continental Europe’sprimary power in higher education”. Belanda muncul sebagai negara non-berbahasa Inggris pertama yang menawarkan program studi berbahasa Inggris. Hal ini memengaruhi bagaimana para siswa saling berkomunikasi dan menyampaikan gagasan-gagasan baru.

Dari tenaga surya hingga tenaga angin…

Situs berita Newsweek.com menempatkan Belanda dalam jajaran negara terbaik di dunia. Dalam infografik tersebut, Belanda menempati peringkat ke-10 pada kategori pendidikan. Metode pengajaran Belanda dikenal memberi ruang yang cukup luas bagi para siswa untuk berpikir kritis dalam melahirkan gagasan yang inovatif. Salah satu contohnya adalah para siswa dari TU Delft, Belanda, yang mampu membangun kendaraan bertenaga surya yang dinamkan Nuna. Pada gelaran World Solar Challenge di Australia, para siswa yang tergabung dalam Nuon Solar Team memanfaatkan teknologi sel surya dan merakit kendaraan berdesain aerodinamis.

Pada gelaran tersebut, faktor cuaca merupakan tantangan utama. Para siswa telah menerapkan solusi yang optimal yaitu dengan melengkapi kendaraan dengan sistem komputer yang mampu memonitor cuaca. Data yang terkumpul selanjutnya diolah untuk menghasilkan kecepatan yang sesuai. Hasilnya, mereka mampu menempati posisi tercepat dan keluar sebagai pemenang, bahkan dalam empat tahun berturut-turut yaitu tahun 2001, 2003, 2005 dan 2007. Sungguh luar biasa hasil yang ditorehkan!

Orang Belanda memang dikenal mampu menangani tantangan dan keterbatasan. Tinggal di dataran yang berada di bawah permukaan laut dan sebagian besar berbatasan dengan laut memacu mereka memanfaatkan sumber daya dengan optimal. Bendungan-bendungan dibangun dan perairan dikeringkan untuk membangun pemukiman. Untuk memenuhi kebutuhan energi, Belanda mengolah angin menjadi energi melalui kincir angin. Berdasarkan portaI teknologi IEEE, dari pemanfaatan tenaga angin saja, Belanda telah mampu memasok 20 persen kebutuhan energi dalam negeri. Tertinggi di antara negara pengguna tenaga angin yang lain!

Sederet prestasi tersebut semakin memantapkan Belanda sebagai negara yang dikenal mampu mengolah sumber daya alamnya dengan metode yang non-konvensional. Pantaslah orang Belanda disebut pionir sejati. Melalui pendidikian, Belanda telah menjadi mercusuar dalam menciptakan pionir-pionir baru. Bukan hal yang mustahil satu di antaranya adalah kita, mulailah menjadi pionir!

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s