KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#196 Demi Sebuah Ketekunan, Miliki Satu Nomor Telepon

Leave a comment

Oleh Dian Savitri 

Jika orang Indonesia memiliki dua nomor telepon seluler, maka hal yang sama tidak terjadi dengan orang Belanda. Sebagian besar dan hampir semua orang di Belanda hanya memiliki satu nomor yang dapat dihubungi. Bahkan mereka juga memiliki waktu khusus untuk menerima panggilan maupun pesan pendek dari orang lain. Begitu berharganya waktu bagi orang-orang Belanda sampai mereka memiliki pengaturan pribadi sedemikian rupa. Salah satu kebiasaan ini menjadikan bangsa Belanda sebagai pionir dunia di berbagai macam bidang. Bagaimana bisa?

Komitmen merupakan hal paling penting dalam mengerjakan sesuatu. Tanpa adanya komitmen, dipastikan seseorang sulit mencapai tujuannya. Orang Belanda selalu menjaga sikap ini demi mewujudkan impiannya. Salah satunya sikap tersebut diterapkan dalam kepemilikan sebuah telepon seluler. Mereka tidak mengenal adanya dua nomor telepon yang digunakan satu orang. Ada beberapa alasan menyertainya. Pertama, memiliki satu nomor telepon akan meminimalisir pemborosan waktu. Mereka terkenal dengan ketekunan tinggi dalam bekerja. Jika dikalkulasi, mungkin mereka hanya memberi beberapa jam bagi diri sendiri untuk menerima panggilan atau pesan pendek dari telepon seluler. Suatu pemandangan wajar jika di sana jarang sekali orang-orang memegang telepon genggam. Di saat mereka mengajar, belajar, dan bekerja di kantor kebanyakan dari mereka mematikan telepon sampai mereka benar-benar telah selesai dari pekerjaan. Semua alasan tersebut dikarenakan mereka tidak mau diganggu ketika sedang bekerja maupun belajar. Kedua, mereka adalah orang-orang yang mencerminkan bertanggung jawab tinggi. Mereka tidak akan lari dari masalah yang mengejar dengan mengganti nomor telepon mereka. Sebuah sikap yang rata-rata dimiliki seseorang dengan dua nomor telepon.

Tingginya penghargaan waktu, ketekunan juga komitmen dari orang Belanda membuat mereka menjadi bangsa yang disegani di dunia. Bahkan ilmuwan Belanda juga terkenal sebagai pionir di berbagai bidang ilmu. Selain itu, Belanda merupakan Negara penerima nobel terbanyak di dunia seperti:

Jacobus Henricus van ‘t Hoff di bidang kimia, Hendrik Antoon Lorentz di bidang fisika, Pieter Zeeman di bidang fisika, Willem Einthoven & Christiaan Eijkman di bidang kedokteran, Tobias Asser di bidang Perdamaian, Jan Tinbergen di bidang Ekonomi serta masih banyak lagi ilmuwan-ilmuwan Belanda penerima penghargaan nobel di dunia.

Sebuah sikap sederhana dari orang Belanda ternyata mampu mengubahnya menjadi Negara besar dan maju. Seyogyanya sikap positif ini mampu dicermati bangsa Indonesia. Sehingga tidak akan lagi ada pemandangan siswa asyik ber-SMS (Short Message Service/pesan pendek) ria ketika pelajaran berlangsung. Demikian semoga bermanfaat.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s