KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#195 Atlantis Omgekeerd; Hoe Water in Land Veranderde

Leave a comment

Oleh Risa Anissa Febry

Belanda merupakan sebuah negara mini yang berada dibagian Eropa Barat. Luas dari negara Belanda adalah 41,528 km2 , yang berarti satu pertiga dari luas Pulau Jawa. Penduduknya pun sekitar 16 juta jiwa. Tapi toch ada kenyataan yang menarik dari negara kincir angin ini, yaitu 27% dari total keseluruhan  luas daratan ternyata berada dibawah permukaan laut dimana 60% dari penduduknya bertempat tinggal disana. Oleh karna itu orang-orang Belanda memiliki sistem inovasi yang tertata dan teratur, biasa disebut Polder. Sampai saat ini negara Belanda mempunyai 3000 polder.

Sedikit menengok kedalam sejarah Belanda, pada tahun 1575-1650 seorang berkebangsaan Belanda bernama Jan Adriaanszoon, merupakan orang pertama yang mencoba mengeringkan danau dengan cara membentengi sekeliling sisinya dengan tanggul-tanggul. Setelah itu, air dari danau tersebut dipompa keluar dan dikuras (untuk zaman sekarang menggunakan kincir angin bertenaga). Dengan cara inilah tanah daratan di negara Belanda di perluas. Jika dibandingkan beberapa puluh tahun sebelumnya, luas negara Belanda lebih kecil dari pada sekarang. Namun berkat gebrakan dari Jan Adriaanszoon sebagai pioneer pertama dan juga ketekunan orang-orang Belanda serta ambisius yang besar dalam memajukan negaranya yang pada akhirnya berbuah manis.

Jan Adriaanszoon Leeghwater

 Nederland staat bekend om zijn waterbouwkundige werken, zoals de Afsluitdijk.  Kalimat ini memang benar! Afsluitdijk dibangun pada tahun 1927-1933 melalui pengerukan laut Zuiderzee, kemudian Laut ini berubah menjadi danau IJsselmeer. Project ini dimaksud untuk melindungi seluruh area dari tekanan air laut yang dapat mengurangi bahaya akan banjir, selain itu fungsi lain dari Afsluitdijk  adalah sebagai penghubung dua provinsi, yaitu Noord-Holland dan Friesland.

Afsluitdijk

Setelah adanya Afsluitdijk, masyarakat Belanda berfikir keras untuk membuat lahan daratan yang kering untuk ditinggali penduduk setempat dan juga untuk kebutuhan ladang.

Flevoland adalah sebuah provinsi yang merupakan hasil dari sistem polder. Berhasil didirikan pada tahun 1950-1957. Tidak hanya itu saja , sebagian dari Laut Selatan, yaitu Wieringermeer (1930) yang berhasil dikeringkan. Ir. C.W. Lely (1885-1932) adalah salah satu tokoh yang berjasa dalam proyek polderisasi Laut Selatan. Selain itu antara tahun 1937 dan 1942 di daerah polder Laut Timur yang berhasil mengeringkan sekitar 48.000 hektar lahan. Tidak hanya berhenti disitu saja, kota-kota yang cukup besar berhasil pula dibangun seperti Emmeloord, Lelystad dan Almere.

    

Setelah berhasil membuktikan kepada dunia bahwa sistem ini merupakan sebuah sistem inovasi yang baik serta efektif, beberapa negara telah menerapkan sistem ini seperti di negara Jepang, Inggris dan juga negara tetangganya, yaitu Belgia. Lalu yang masih menjadi pertanyaan, apakah sistem ini bisa diterapkan di negara Indonesia?

Indonesia  merupakan negara kepulauan, dengan jumlah ribuan pulau besar maupun kecil yang dikelilingi oleh lautan. Hal ini memungkinkan adanya penerapan sistem Polder. Namun penggunaan sistem ini lebih diorientasikan dalam hal penanggulangan banjir di daerah dataran rendah, terutama pada kota-kota yang rawan banjir. Sehingga dalam keadaan tertentu sistem ini dapat menghindari banjir besar. Kita harus banyak belajar dari negara-negara maju seperti negara Belanda dengan sistem poldernya.

Zoals in het stukje gedicht van Hendrik Marsman wordt beschreven,is Nederland een prachtig laagland!

Denkend aan Holland

zie ik breede rivieren

traag door oneindig

laagland gaan

Referensi

Snoek, Kees. 1987. Nederland leren kennen.
http://en.wikipedia.org/wiki/Polder
http://www.holland.com/global/tourism/article/afsluitdijk-10.htm
http://www.bhic.nl/index.php?id=11781

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s