KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#194 This Girl Is On Fire

Leave a comment

Oleh Rizky Amelia

Sudah satu dekade ini, negara kita Indonesia diserang virus entrepreneurship. Seminar dimana-mana tentang kewirausahaan. Melihat hal ini, tak ada salahnya kita belajar dari Belanda. Bahkan saat ini, kaum wanita disana juga begitu semangat menjadi seorang entrepreneur. Seperti lagu Alicia Keys yang berjudul Girl On Fire, noni-noni Belanda ini sangat on fire untuk maju untuk meraih impian meski banyak hambatan. Yes, This girl is on fire, she’s walking on fire.

 Mengapa harus Belanda?

Mengapa harus entrepreneur?

Dan mengapa harus Wanita?

Oke, kita sepakat bahwa Belanda memiliki banyak sekali pemrakarsa dan pelopor di berbagai bidang. Dan dunia perdagangan bukanlah hal asing bagi mereka sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Pioneering and entrepreneurship will always connected each other, karena menjadi pengusaha juga berarti menjadi pelopor. Ia membuka lapangan pekerjaan ketika yang lain sibuk mencari pekerjaan.

Pada tahun 2011, Belanda disebut sebagai Most Entrepreneurial Country in European Union. Suatu negara akan makmur apabila sedikitnya punya 3% pengusaha. Wajar bila kita sebut Belanda negara makmur karena 7,2 % rakyatnya yang berusia 18-64 tahun adalah pengusaha, dan prosentase ini meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2012 dimana terjadi krisis besar di Eropa, banyak pengangguran di Belanda yang kesulitan dalam mencari kerja tidak mau menunggu terus-menerus, dan lama-kelamaan mereka lebih tertarik untuk membuka usaha sendiri.

Hal yang menarik dari pertumbuhan para pengusaha Belanda ini adalah, terjadinya peningkatan pula pada jumlah pengusaha wanita, berdasarkan sebuah lembaga survey independen Belanda, EIM. Tentu ini menjadi kabar baik, karena selama 100 tahun (1850-1950) dunia bisnis Belanda di dominasi oleh kaum Pria. Meski begitu, penghasilan pengusaha wanita rata-rata baru 60% dari penghasilan pengusaha pria. Hal ini disebabkan karena pengusaha wanita disana biasanya menggarap sektor-sektor yang profitnya tidak banyak, disamping itu mereka harus tetap seimbang dalam menjalankan rumah tangga dan karir.

Joyce Pijnaker with her brand-store Pimp My Pie

Joyce Pijnaker adalah satu dari sekian wanita Belanda yang ‘berprofesi’ sebagai pengusaha. Bidang yang ia jalankan pun tak jauh-jauh dari kodrat seorang wanita, yakni bidang masak-memasak alias kuliner. Berawal dari hobinya dalam membuat kue, Joyce mencoba mewujudkan idenya untuk membuka sebuah toko bahan kue di kota Aalsmeer pada tahun 2011. Pada saat itu tidak banyak yang mendukung idenya. Berbagai kesulitan pun ia temui sebelum bisnisnya settle, seperti sulitnya memperoleh pinjaman uang dari bank untuk memulai bisnis dan kesulitan dalam memperoleh izin usaha di Belanda yang sangat ketat, terutama dalam bidang kuliner. Namun berkat ketekunannya,akhirnya ia memperoleh bantuan mikro-kredit dari program EU: European Progress Microfinance Facility, toko impiannya yang di beri nama Pimp My Pie di Aalsmeer bisa terwujud.

Ik Hou Van Holland taart

Beruntung di Indonesia, pengembangan usaha kecil dan menengah telah di support oleh pemerintah melalui program kredit UMKM. Tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkannya dengan baik. Dari kisah Joyce Pijnaker di atas, membuktikan bahwa wanita juga bisa sukses dalam menjalankan dunia usaha tanpa harus meninggalkan kodratnya. Kuncinya adalah lakukan apa yang menjadi minat Anda, dan semangat.😀

“Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya.”

Referensi
http://www.dutchdailynews.com/most-entrepreneurial-country-in-eu/
http://grethevangeffen.nl/2013/03/12/dutch-entrepreneurs-then-and-now/
http://www.thenextwomen.com/2011/05/06/women-entrepreneurs-increase-holland
http://www.schoolvoorjournalistiek.com/europe/?p=5554
http://www.pimpmypie.nl/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s