KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#188 The Affable Early Bird: Memulai Lebih Baik untuk Alasan yang Lebih Baik

Leave a comment

Oleh Apresio Kefin

 “To make cleanliness commonplace; to lessen work for women; to foster health and contribute to personal attractiveness, that life may be more enjoyable and rewarding for the people who use our products” -Unilever-

Saat pikiran untuk menulis artikel ini dimulai, saya sedang memerhatikan teman saya membuat makan malam di atas Gunung Gede. Ia menambahkan kecap Bango ke dalam campuran nasi dan kornet, santapan kami malam itu. Saya tak pernah berpikir sebelumnya bahwa salah satu merk kecap terkenal di Indonesia itu berada di bawah bendera perusahaan asal Belanda.

Dalam rangka mencari bahan untuk tulisan ini, saya pun menemukan bahwa Unilever memiliki ratusan

merk dagang dan sebagian diantaranya menjadi perbekalan saya menaiki Gunung Gede. Belum lagi produk-produk perawatan tubuh seperti Rexona (tentunya selalu saya bawa berkelana), sabun dan shampo Lifebuoy. Bayangkan, produk-produk milik salah satu perseroan terbesar di Belanda itu yang menemani kami ke puncak Gunung Gede.

Akhirnya, turun dari puncak tersebut, saya pun mulai riset kecil-kecilan mengenai Unilever dan perusahaan-perusahaan pionir di Belanda yang telah mengglobal.

Perusahaan apa saja?

Sejak 4 abad yang lalu, Belanda telah mengukuhkan eksistensi perusahaan dagangnya melalui VOC. Vereenigde Oost-Indische Compagnie (United East India Company) dipahami sebagai perusahaan multinasional pertama di dunia. Jaman itu dipenuhi oleh perdagangan rempah-rempah.

Lalu di era modern ini, ada Unilever dan Philips. Unilever itu produknya sudah mendunia. Untuk orang Indonesia saja, hampir setiap segi kehidupan kita dikelilingi barang-barang Unilever terutama barang-barang kosmetik. Philips sendiri dengan jargon yang akan selalu terngiang di telinga kita: Terus terang, Philips terang terus; telah dikenal sebagai merk lampu berkualitas.

Bagaimana dan mengapa mereka bisa begitu mendunia?

Saya tahu bahwa mungkin ada begitu banyak alasan mengenai kesuksesan sebuah perusahaan. Cara yang ditempuh pun beragam macamnya. Namun, untuk kasus perusahaan multinasional Belanda ini, saya mengambil 3 hal saja. Yang pertama adalah mereka memulai lebih awal. Bahasa sederhananya adalah pionir. Kita semua tahu bahwa lampu pertama yang diciptakan adalah karya Thomas Alva Edison, seorang Amerika. Tetapi mengapa lampu merk Philips yang terkenal? Perusahaan asal Eindhoven ini membuat bisnis lampu mereka untuk settle lebih baik. Philips mampu berinovasi menghasilkan lampu yang lebih efektif dari segi biaya sehingga mampu dinikmati semua orang. Dan hingga kini kita tahu bahwa Philips menjadi raja untuk produk-produk lampu.

 Yang kedua adalah kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan budaya lokal. Tentunya di Belanda tidak ada yang makan kecap seperti di Indonesia. Tetapi, Unilever mampu memasuki pasar kecap di Indonesia dengan merk kecap Bango.

Dan yang ketiga adalah dedikasi mereka bagi masyarakat. Produk yang dibuat oleh Unilever pada awalnya adalah sabun cuci Sunlight dan margarin. Bisnis mereka berkembang seiring dengan bertambahnya produk mereka untuk melayani masyarakat. Produk-produk Unilever membantu segala segi kehidupan kita, dari sabun cuci untuk memudahkan para ibu membersihkan pakaian keluarga, hingga makanan sehat nan terjangkau bagi masyarakat. Begitu juga dengan produk elektronik rumah tangga milik Philips.

Inti dari ketiga alasan yang saya kemukakan adalah mereka memulai lebih baik untuk alasan yang lebih baik pula. Alasan yang cukup sederhana sebagai pionir di bidangnya. Mungkin sudah waktunya bagi bangsa kita membangun bisnis seperti mereka dan belajar sebanyak-banyaknya dari bangsa pelopor ini.

 “The early bird catches the worm.” And she takes it for her cheeper😀 -English Proverb with modification-

Referensi

http://www.unilever.com/aboutus/ourhistory/
http://en.wikipedia.org/wiki/Unilever
http://www.philips.com/about/company/history/index.page
http://en.wikipedia.org/wiki/Philips
http://en.wikipedia.org/wiki/Dutch_East_India_Company
http://www.inc.com/ss/9-tips-doing-business-globally
http://www.ciputraentrepreneurship.com/perusahaan-a-merek/internasional/merek/1625-philips-merek-elektronik-yang-mendunia.html
http://www.mail-archive.com/forum-pembaca-kompas@yahoogroups.com/msg21786.html

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s