KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#187 A new Way, Smart-Highway

Leave a comment

Oleh Hanin Rahma Septina

Di tahun 2013 ini, teknologi berkembang begitu pesat. Kalau dulu kita tersesat harus tanya sana-sini, dengan hadirnya GPS, cukup aktifkan GPS dan cari tempat yang akan kita tuju, daaaan, VOILA…., GPS akan menunjukkan jalan mana yang harus kita tempuh.

Kalau HP canggih, zaman sekarang sudah menjadi hal yang terlalu mainstream. Hmmm.. kalau Jalan-Canggih?! Pasti baru dengar kaaan?

Yaaap, for your information, Daan Roosegaarde dan Heijman Infrastrusture dianugerahi sebagai “Best Future Concept” setelah memperkenalkan sebuah rancangan baru berjudul ‘Route 66 of the Future’ di Dutch Design Week 2012. Mereka mengenalkan sebuah konsep jalan yang lebih nyaman, aman dan intuitif (Smart-Highway).

Please welcome, Daan Rooseegarde

Konsep didalamnya berupa Glow-in-the-Dark Road, Dynamic Paint, Interactive Light, Induction Priority Lane dan Wind Light akan direalisasikan dalam 5 tahun ini.

Glow-In-The-Dark-Road dan Dynamic Paint

Idenya adalah membuat marka jalan bersinar dimalam hari. Project Glow-In-The-Dark-Road menggunakan “foto-luminising powder” (yang bahan campurannya masih dirahasiakan oleh si pencipta) yang menyerap energi matahari dipagi hari dan bisa bertahan selama 10 jam setelah matahari tenggelam (malam hari) . Selain bisa menghemat energi, untuk daerah yang belum terjangkau lampu jalanan, tentu hal ini sangat membantu.

Dynamic Paint , cat yang bisa terlihat saat terjadi perubahan suhu, memungkinkan permukaan jalan untuk “berkomunikasi” dengan pengemudi tentang keadaan lalu-lintas. Misalnya, kristal es akan terlihat dipermukaan jalan ketika suhu menjadi dingin dan jalanan licin. Hal ini akan membuat pengemudi lebih berhati-hati.

 

Interactive Light dan Wind Light.

Tujuan interctive light adalah untuk menghemat energi lampu jalan pada saat jalanan kosong. Konsepnya adalah lampu akan perlahan terang dan semakin terang ketika kendaraan tepat dibawah lampu dan perlahan meredup ketika kendaraan menjauh. Begitu seterusnya.

Wind Light akan berputar semakin kencang ketika kendaraan semakin mendekati lampu dan perlahan berhenti berputar ketika kendaraan semakin menjauh diikuti dengan tingkat “pencahayaan” lampu. (Semakin terang atau Semakin redup).

 Yang terakhir adalah konsep Induction Priority Lane

Dalam Induction Priority Lane menggunakan sebagian jalan untuk pengisian energi untuk mobil berenergi listrik (electric car) .Hal ini menggunakan prinsip “Coil Induction” . Masih ingat pelajaran SMA dulu? Kumparan dalam trafo yang mengubah arus DC ke AC. “Coil Induction” tersebut terdapat dalam permukaan jalannya sehingga bisa menyalurkan arus listrik. Yap, semacam itu cara kerjanya. Jadi Si Mobil cukup jalan diatas Induction Priority Lane dan otomatis akan mengisi energi. Praktis banget kan?

Rencananya Smart-Highway ini akan dicoba diBelanda sepanjang 1 meter, pertengahan tahun 2013 ini untuk percobaan. Menganalisis kekurangan-kekurangan yang mungkin terjadi.

Video tentang Smart-Highway bisa dilihat disini

Ditengah krisis energi di Negeri kita tercinta, mungkin teknologi baru ini bisa diaplikasikan atau mungkin para anak bangsa (pasti) bisa menciptakan yang lebih baik atau lebih pas untuk diterapkan di Indonesia.

Ayo para pemuda Indonesia, make a change for our

Beloved Nation. Think Creative and Be a Pioneer.

Learn and Learn!!

Referensi

http://studioroosegaarde.net/project/smart-highway/stories/#752
http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-2224758/Smart-roads-built-light-day-charge-electric-car-introduced-Netherlands-year.html

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s