KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#186 The Dutch, Gurunya Membuat Bendungan

Leave a comment

Oleh Hanin Rahma Septina

Apakah hal pertama yang kamu pikirkan ketika seseorang menyebut Belanda?

Penjajahan! (oke selain itu guys.)

Kincir Angin! Belanda terkenal dengan sebutan Negeri Kincir Angin.

Why?

Karena berabad-abad yang lalu, negeri ini pernah memiliki sekitar 10.000 kincir angin.

Kincir Angin ini digunakan sebagai pompa untuk mengeringkan daratan.

For your information, sekitar sepertiga wilayah Belanda merupakan hasil reklamasi, yaitu alih fungsi perairan menjadi daratan. Belanda memiliki wilayah geografis yang tidak menguntungkan. Hampir seluruh wilayah Belanda berada kurang dari 1 meter dpl (diatas permukaan laut).

Hal inilah yang mendorong Belanda untuk menciptakan teknologi yang bisa melepaskan mereka dari “Genangan Air”.

Perjuangan itu dimulai sejak 2000 tahun yang lalu. Leluhur bangsa Belanda sudah memulai membangun bendungan. Bendungan pertama yang dibangun diberi nama “Terpen”.

Tahun 1287 banjir besar melanda Belanda dan menewaskan sekitar 50 ribu jiwa dan tentu saja menghancurkan Terpen.

Tahun 1916 banjir besar terjadi di Zuiderzee (“Laut Selatan”) mendorong mereka untuk memulai proyek Zuiderzeewerken (Zuiderzee Works).

Zuiderzeewerken adalah sebuah sistem dalam pembangunan bendungan, reklamasi tanah, dan drainase air. Merupakan proyek teknologi hidrolik terbesar Belanda pada abad 20.

Proyek Zuiderzeewerken ini terdiri dari 2 bagian, yang pertama adalah membendung Zuiderzee dengan pembangunan bendungan Afsluitdijk  dan mentransformasi Zuiderzee menjadi danau air tawar yang kemudian diberi nama Ijsselmeer atau Danau Ijseel.

Afsluitdijk adalah sebuah jalan diatas laut dari Den Oever, Belanda Utara hingga Wieringen , Friesland dengan panjang 32 km (20 mil), lebar 90 meter dan tinggi 7,25 dpl.

Nama Ijsselmeer diambil dari nama sungai IJssel yang bermuara di sini. Danau ini luasnya adalah 1100 km² di tengah-tengah Belanda dan berbatasan dengan provinsi Flevoland, Noord Holland dan Friesland. Kedalamannya secara rata-rata adalah 5 sampai 6 meter. IJsselmeer adalah danau kelima terbesar di Eropa. Danau tersebut airnya di salurkan ke laut (sebelah kiri Afsluitdijk) melalui terowongan yang ada di bawah Afsluitdijk.

Bagian kedua adalah proyek reklamasi untuk menambah daratan. Reklamasi ini menghasilkan sebuah provinsi baru , Flevoland yang diresmikan tahun 1986.

Flevoland

Tahun 1953 banjir besar kembali terjadi dan menenggelamkan sekitar 1800 orang.

Netherland Flood 1953

Pasca banjir, Belanda kembali membangun sebuah bendungan yang lebih canggih bernama Oosterschelde dengan panjang 9 km itu memiliki semacam gerbang yang bisa menutup jika air pasang dan banjir datang.

  

Dalam kurun waktu kurang lebih 1 milenium Belanda telah mengalami 28 kali bencana banjir dari tahun 838 hingga 1953. Dalam periode banjir berkepanjangan yang memakan banyak korban, Belanda tumbuh menjadi sebuah negara Pembuat Bendungan Terbaik didunia.

Dewasa ini, Jakarta dan beberapa wilayah di Indonesia juga di sibukkan dengan permasalahan banjir.  Perbedaannya adalah jika Banjir Belanda merupakan sebuah fenomena alam, sedangakan Banjir di Negeri Indonesia merupakan cermin buruknya kebiasaan manusia.

Perbedaan besarnya lagi, jika diBelanda berusaha mengeringkan perairan untuk membuat sebuah daratan, di Indonesia adalah pengalih-fungsi lahan resapan air menjadi gedung-gedung bertingkat, mall, dll.

Belanda bisa bertahan selama ratusan tahun dari “musuh” alaminya, “Air” dan menjadi pelopor pembuat bendungan terbaik didunia. Saya yakin Indonesia juga bisa terlepas dari “musuh” buatannya sendiri, Banjir, jikalau kita mau mengubah kebiasaan kita. Belajarlah dari perjuangan Belanda. Kita adalah generasi pioneer untuk Indonesia yang lebih baik.

Referensi

http://en.wikipedia.org/wiki/Floods_in_the_Netherlands
http://en.wikipedia.org/wiki/Zuiderzeewerken
http://www.holland.com/global/tourism/article/afsluitdijk-10.htm
http://menikhd.wordpress.com/2012/05/04/pemikiran-kecil-dalam-hasil-yang-besar-6/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s