KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#176 Terbanglah Tinggi ke Langit Biru, Timnas Garuda Merah-Putih ku!

Leave a comment

Oleh Marudi Tri Subakti


Ya, Robin Van Persie. Siapa yang tak kenal dengan pesepak bola asal Belanda yang belum lama ini berhasil membawa timnya, Manchester United, merajai liga paling elite di dunia, EPL (English Premier League) untuk ke-20 kalinya. Tak hanya itu, hingga pekan ke35 (sisa 3 laga) RvP, demikian ia sering disebut, masih memuncaki daftar top skor dan siap untuk mempertahankan predikat sebagai predator paling ganas di Liga Inggris yang ia dapatkan musim lalu. Namun siapa yang tahu bahwa striker kelahiran Rotterdam Ini memiliki darah keturunan Indonesia? Bila kita telusuri lebih jauh lagi, ternyata masih ada beberapa pesepakbola top asal negeri pencetus strategi Total Football yang begitu kondang di tahun -70an ini, diantaranya adalah Roy Makaay, Mark van Bommel, Nigel De Jong, dan lain-lain.


Beberapa pemain sepakbola top asal Belanda yang memiliki darah keturunan Indonesia, dari kiri – kanan : Roy Makaay, Nigel De Jong, John Heitinga, Mark van Bommel, dan Givanni van Bronckhorst.

Suasana Akademi sepak bola De Toekomst Ajax, Belanda: (a) Pembinaan dilakukan sejak muda (b) Kompleks Akademi yang berdekatan dengan stadion (c) Suasana tempat latihan yang dilengkapi dengan kamera dan sensor untuk memonitoring pemain.

Lantas, apa sebenarnya kunci sukses ‘nenek moyang’ kita tersebut hingga bisa memiliki pesepakbola-pesepakbola handal tersebut? Pembinaan. Ya, Belanda memiliki Akademi sepakbola De Toekomst Ajax yang merupakan salah satu akademi sepakbola terbaik dunia. Pemain  besar seperti Wesley Sneijder, Arjen Robben, bahkan pemain legendaris Marco van Basten dan Johann Cruyff adalah produk dari akademi tersebut. Dengan menerapkan teknologi terkini (visualisasi kemampuan individu lewat computer, sensor gerakan), disana anak-anak sudah ditempa seni bersepak bola sejak umur 8 tahun. Tak mengherankan, De Toekomst menjadi kiblat dan pionir bagi seluruh akademi sepak bola di dunia. Tercatat, akademi La Masia milik Barcelona, yang sukses memperagakan permainan ‘Tiki-Taka’ dan melahirkan bintang besar semacam Lionel Messi, Xavi Hernandez, bahkan Josep Guardiola, juga merupakan ‘duplikasi’ dari De Toekomst, karena didirikan oleh Johan Cruyff yang merupakan mantan didikan Akademi De Toekomst.

Hal ini juga yang nampaknya menginspirasi para petinggi PSSI untuk mulai mem’pionir’kan persepakbolaan Belanda dalam rangka mengangkat prestasi timnas Garuda. Ada dua langkah yang kini mulai ditempuh pihak PSSI, yakni Program Jangka Panjang dan Program Jangka Pendek. Program Jangka Panjang adalah dengan bekerjasama dengan Belanda dalam membangun dan mengembangkan akademi-akademi sepakbola di Indonesia. Hal ini terlihat dari kunjungan Menpora Roy Suryo ke kantor KNVB (PSSInya Belanda) di Amsterdam untuk bertemu dengan Direktur Marketing dan Sponsorship, Marc Boele. Sedangkan untuk Program Jangka Pendek, PSSI mulai ‘getol’ untuk menaturalisasi pemain Belanda keturunan Indonesia, diantaranya Sergio van Dijk, Irfan Bachdim, dan Raphael Maitimo. Semoga, dengan langkah-langkah tersebut, bisa membawa Timnas Garuda Merah-Putih terbang tinggi ke angkasa Biru.

Program Jangka Panjang dan Jangka Pendek Indonesia demi memajukan persepakbolaan : (a) Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husein, bersama Direktur Marketing dan Sponsorship KNVB, Marc Boele, menandai jalinan kerjasama dalam pengembangan akademi sepakbola di Indonesia. (b) Kehadiran Irfan Bachdim dan Sergio van Dijk yang dinaturalisasi diharapkan dapat mempionir Timnas untuk dapat memeperoleh prestasi secepatnya.

Referensi

http://fiannoltujuh.blogspot.com/2012/03/daftar-pemain-sepakbola-keturunan.html
http://thesmallworldmagazine.blogspot.com/2012/03/de-toekomst-ajax-akademi-sepakbola.html
http://sekolahbola.blogspot.com/2013/04/indonesia-belanda-jalin-kerjasama-di.html

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s