KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#171 Go Green by ‘GOWES”

Leave a comment

Oleh Margareta Ninda Arlita
Lets Gowes! (Ayo bersepeda!) Yaps kalimat tersebut cocok sekali dterapkan di Belanda. Mengapa? Karena sepeda merupakan alat transportasi sehari-hari yang  populer di Belanda. Pengguna sepeda mudah dijumpai di hampir seluruh area di negara Belanda. Tak heran bila Belanda merupakan negara dengan pengguna sepeda terbanyak di dunia karena sebesar 27% perjalanan di Belanda dilakukan dengan sepeda. Luar biasa bukan?

Di Belanda, sepeda umum digunakan oleh seluruh kalangan mulai dari anak-anak sampai orang tua untuk beraktivitas sehari-hari. Memang ada sebagian warga yang memiliki mobil pribadi namun jumlahnya tidak banyak (sekitar 400 dari 1000 orang). Hal ini disebabkan oleh sulitnya akses bagi para pengguna mobil, seperti dikutip dalam artikel Cycling in Netherlands : “Towns have been designed with limited access by cars and limited (decreasing over time) car parking.” Oleh karena itulah, sepeda merupakan alat transportasi utama yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara Belanda.

Penggunaan sepeda sebagai alat transportasi utama membuktikan bahwa negara Belanda sangat peduli terhadap lingkungan. Asal tahu saja, Belanda masuk peringkat 2 dunia sebagai negara yang paling banyak mengeluarkan perjanjian perlindungan terhadap lingkungan. Nampaknya hal itulah yang menjadi dasar bagi warga Belanda untuk selalu menggunakan sepeda atau istilahnya “gowes” yaitu karena sepeda yang tidak menimbulkan polusi tentunya.
Demi tetap menjaga keamanan dan kenyamanan dalam bersepeda, berbagai fasilitas transportasi sepeda disediakan di semua area dan sudut-sudut kota di Belanda. Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya pembuatan jalur khusus sepeda, area parkir yang sangat luas, serta berbagai informasi jalur sepeda yang terpasang di perempatan jalan. Peta Jalur-jalur sepeda juga dapat ditemukan dengan mudah melalui internet dan adapula fasilitas GPS tracking for bicycle yang akan sangat berguna bagi para pengguna yang kurang tahu banyak mengenai jalur-jalur sepeda di Belanda.
 
 
Luar biasanya lagi, berbagai inovasi sepeda dan fasilitas pendukungnya telah diciptakan di negeri Belanda demi mendukung gerakan ramah lingkungan. Contoh kreasi inovatif  tersebut adalah pembuatan Vrachtfiets (sepeda kargo) dan fasilitas rubish bin. Vrachtfiets diciptakan oleh Onno Sminia dan Louise-Pierre Geerinckx  pada tahun 2010 dan merupakan sepeda yang mampu menampung muatan dalam jumlah besar sehingga dapat mengurangi emisi gas buang yang biasa digunakan oleh truk-truk pengangkut barang. Satu lagi kreativitas yang tak kalah penting yang telah diciptakan di Belanda adalah rubish bin for bike (tong sampah untuk pengguna sepeda). Fasilitas ini diperuntukkan bagi para pengguna sepeda agar lebih mudah membuang sampah tanpa turun dari sepeda. Idenya tercetus dari semangat “waste and recycling” yang dipegang teguh oleh warga Belanda. “This one of those small things that makes a difference for cyclist” yang artinya ini adalah salah satu hal kecil yang mampu membuat perubahan pada para pengendara sepeda.
   Dalam situs Top 10 Hell  terdapat kutipan yang berbunyi “Holland and Bicycle go together like bread and jam.”  Yah Belanda itu diibaratkan seperti roti dengan selainya. Maka pantas apabila Belanda dinobatkan sebagai “Country of Cyclist” atau negerinya pengguna sepeda. Selain itu, karena sepeda merupakan alat transportasi yang ramah lingkungan, maka sangat layak apabila kita sebut Belanda sebagai “Pioneer gerakan ramah lingkungan di dunia”. Keep Go Green by “Gowes” Dutch! 
Referensi

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s