KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#170 Pengusaha Muda Belanda Inspirasi Dunia

Leave a comment

Oleh Margareta Ninda Arlita
Tahukah kamu bahwa Belanda punya banyak darah muda yang mendunia dengan kemampuannya terutama di bidang teknologi informasi? Berbicara tentang Belanda memang tak akan ada habisnya. Belanda selalu mempunyai berbagai hal yang menginspirasi termasuk beberapa pengusaha mudanya yang meraih kesuksesan di usia belia. Siapa sajakah mereka?
Seorang pengusaha yang terkenal akan keahliannya di bidang teknologi informasi (TI) dari Amsterdam. Coba tebak siapa namanya? Yups tak salah lagi namanya adalah Danny Mekic. Danny lahir pada tanggal 12 Januari 1987 dan saat ini berusia 26 tahun. Usianya baru menginjak 15 tahun ketika ia telah berhasil mendirikan perusahaannya sendiri yang bernama Domeinbalie yang mengurusi pembuatan domain dan konsultasi domain. Pada tahun 2009, Danny Mekic dinobatkan sebagai pengusaha paling sukses di Belanda oleh majalah Sprout, Tahun 2009 merupakan salah satu dari lima puluh talenta terbesar Belanda oleh majalah Elsevier dan masih banyak lagi penghargaan yang telah ia terima.
Pernah mendengar nama Alexander Klooping? Alexander lahir pada tanggal 21 Januari 1987 (saat ini usianya baru 26 tahun). Alexander adalah seorang pelajar, wartawan internet dan pengusaha internet dan ahli di bidang teknologi mutakhir seperti gadget, web, dan blogger. Di usianya yang ke 16 dia mendirikan perusahaan gadget, kemudian pada saat usianya 18 tahun ia terlibat kampanye pemasaran online untuk partai politik. Ketika usianya 21 tahun, ia bergabung di situs berita Jort Kelder 925.nl. dan salah satu tulisannya disiarkan di televisi nasional. Sekarang ini dia bekerja untuk De Wereld Draait door (TV), nrc.next (koran kualitas Belanda), nu.nl (situs berita Belanda), Vrij Nederland (Belanda pendapat jurnal), TEDxAmsterdam, BKB, Emerce (majalah internet Belanda), dan KRO (perusahaan penyiaran Belanda). Salah satu situsnya yang bernama Alexanderklopping.nl bernilai $ 2,284 USD dan pendapatan iklan dari siklus tersebut adalah $ 6 USD per hari. Luar biasa bukan?
Satu lagi darah belia Belanda yang menginspirasi adalah Ben Woldring yang lahir pada tanggal 6 Februari 2005 di Groningen dan saat ini masih berusia 28 tahun. Di usia  13 tahun dia sudah mendirikan perusahaan bellen.com. Situs tersebut dapat membandingkan harga untuk layanan telepon seluler yang membuatnya muncul di program TV seperti Kassa dan Jeugdjournaal. Pada tahun 2003 Ben dinobatkan sebagai pengusaha terbaik Eropa di bawah 25 tahun oleh Business Week. Terakhir di tahun 2009 dia memiliki 9 situs perbandingan yang berbeda termasuk bellen.com, internetten.nl, digitelevisie.nl, gaslicht.com dan Lookingforbooking.nl dan inovasi terbarunya adalah mengenai perbandingan pemesanan kamar hotel melalui beberapa jenis layanan yang berbeda.
Iklim usaha di Belanda memang sangat tinggi, baru-baru ini negara Belanda memenangkan penghargaan internasional kompas award dari Global Entrepreneurship Congress tahun 2013 untuk merek paling kreatif dan inovatif di Rio de Janeiro pada tanggal 24 maret 2013 lalu.
Para pengusaha muda Belanda seperti Danny, Alexander dan Ben layak disebut sebagai seorang pioneer wirausaha asal Belanda. Mereka mengispirasi kita bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Seperti yang banyak orang bilang “If there’s a will there’s a way”. Memang tidak salah bila kisah sukses para pengusaha muda Belanda layak kita jadikan inspirasi untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita di kehidupan nyata.

Referensi

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s