KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#169 Transportasi yang Menginspirasi dari Teknologi yang Membumi

Leave a comment

Oleh Margareta Ninda Arlita
Belanda tak pernah berhenti berinovasi di bidang transportasi yang menjadikan mereka sebagai salah satu pioneer di bidang tersebut. Kira-kira dari manakah datangnya inspirasi orang Belanda untuk berinovasi? Tidak lain dan tidak bukan adalah dari semangat mereka dalam rangka menyelamatkan Bumi alias melindungi lingkungan hidup. Semangat membumi Belanda tercermin dari inovasi-inovasinya di bidang transportasi mulai dari alat transportasi pribadi (sepeda), transportasi publik (bus),  sampai pada  inovasi jalur transportasi (jalan) pun tak lepas dari pemikiran kreatif mereka.
Sepeda sudah tak asing lagi bagi warga Belanda karena hampir semua penduduk Belanda menggunakan sepeda yang dikenal ramah terhadap lingkungan. Inovasi sepeda yang diciptakan oleh orang Belanda salah satunya adalah Vrachtfiets ( sepeda kargo). Sepeda ini dibuat tahun 2010 oleh Onno Sminia dan Louise-Pierre Geerinckx (Mahasiswa Delft University of Technology) sebagai solusi pembangunan berkelanjutan yang memungkinkan orang dapat mengangkut barang-barang berat dengan menggunakan sepeda. Sepeda ini juga dirancang untuk dapat menghasilkan energi dari tenaga surya saat muatan yang diangkut terlalu berat.
  
Beralih ke transportasi umum. Sebuah inovasi baru telah diciptakan dengan nama proyek superbus. Superbus adalah sebuah konsep baru untuk transportasi yang berkelanjutan. Dikatakan berkelanjutan karena kendaraan ini bertenaga listrik dengan menggunakan baterai isi ulang, jadi tidak akan menimbulkan polusi tentunya. Superbus memiliki panjang 15 meter dan menyediakan tempat duduk untuk 23 penumpang. Proyek yang dipimpin oleh Professor Wubbo Ockels dari Delft University of Technology  di Belanda ini menghabiskan dana sekitar 7 juta euro dan berencana akan diproduksi secara massal.
Bukan hanya alat transportasi yang perlu diinovasi akan tetapi jalur transportasi pun tak luput dari pemikiran kreatif orang Belanda. Baru-baru ini konsep smart highway (jalan pintar) yang berupa cat dinamis dan glow-in-the-dark (cahaya dalam kegelapan) akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2013 ini. Cat dinamis adalah cat dengan pigmen thermochromatic yang hanya akan terlihat saat suhu rendah, sehingga kepingan salju akan terlihat di jalan dan akan memperingatkan pengemudi mengenai kondisi cuaca yang dingin. Inovasi lainnya adalah jalan glow-in-the-dark yaitu inovasi pada jalan dengan pemberian cat berisi bubuk photoluminescent yang akan diisi oleh tenaga matahari sepanjang hari dan tetap menyala hingga 10 jam sepanjang malam. Kedua inovasi ini dapat meminimalisir penggunaan lampu listrik untuk penerangan jalan.
Siapa yang mampu menelurkan ide bahwa jalan raya dapat menghasilkan energi yang ramah lingkungan? Yups hanya desainer Belanda yang mampu. Ide ini telah dikembangkan dan menjadi proyek yang diberi nama SolaRoadyang direncanakan selesai pada tahun 2012 lalu. Siklus jalan SolaRoad terbuat dari blok beton tebal ditutupi dengan lapisan sel surya silikon. Photovoltaics dilindungi oleh kaca tangguh yang memungkinkan pengendara sepeda berjalan di atasnya. SolaRoad ini diharapkan mampu menghasilkan energi 50 kwh/m2 per tahunnya. Listrik kemudian akan digunakan untuk penerangan jalan, sistem lalu lintas dan listrik rumah tangga.
Dengan inovasi-inovasi transportasi yang ramah lingkungan tersebut, tentunya tak salah apabila kita nobatkan Belanda sebagai pioneer teknologi transportasi yang membumi. Semangat berinovasi dengan tetap memperhatikan lingkungan tersebut sangat patut kita tiru. Never ending being a pioneer, it’s Dutch!
Referensi

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s