KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#167 “Mooooww”.. Friesian Holstein beraksi

Leave a comment

Oleh Christerra Ellen Kusumaningrum

Belanda..!! Terlintas dalam benak saya, mengapa banyak kincir angin di Belanda? Setelah menelusuri lebih lanjut, kincir angin yang digunakan pertama kali sekitar abad 13 ini bermanfaat untuk mengeringkan lahan yang dahulunya adalah air. Hampir keseluruhan wilayah di Belanda berada di bawah permukaan air laut. Air yang ada di wilayah Belanda dialihkan, disalurkan dan dibendung dengan menggunakan kincir air yang terdapat dalam bangunan kincir angin. Lahan yang masih agak sedikit basah di keringkan dengan menggunakan kincir angin.

Kincir angin di Belanda

Dalam perkembangannya banyak manfaat dari kincir angin, khususnya di bidang pertanian dan peternakan. Salah satunya adalah pemanfaatan lahan yang telah kering untuk bercocok tanam dan beternak. Telah diketahui bahwa sektor pertanian dan peternakan di Belanda menyumbang sebesar 20 % Pendapatan Nasional Belanda. Friesian Holstein atau disebut juga Fries Holland, si penghasil susu, merupakan salah satu yang berkontribusi di dalamnya.

Penampakan Friesian Holstein

 Penasaran dengan Friesian Holstein, apa rahasia sapi ini mampu menghasilkan susu yang istimewa? Kita kenalan dulu dengan si Frisean Holstein. Sapi holstein atau frisia merupakan salah satu trah sapi perah yang sekarang dikenal sebagai sapi yang terbanyak memproduksi susu. Berasal dari Eropa, sapi holstein dikembangbiakkan di daerah yang sekarang menjadi Provinsi Holland Utara dan Friesland, Belanda (jadi bukan dari Holstein, Jerman). Sapi ini mampu memproduksi susu 1,800 liter – 2.000 liter per masa laktasi atau sekitar 8,92 liter – 10 liter per hari, bahkan di daerah subtropis dapat mencapai hingga 4.500 liter – 5.755 liter per masa laktasi. Bobot badan dewasa 570 kg – 730 kg pada betina dan 800 kg – 1.000 kg pada jantan. Bulu berwarna belang hitam dan putih, dimana pada dahi terdapat warna putih berbentuk segitiga dan pada bagian dada, perut bagian bawah, ekor dan kaki berwarna putih.

Bicara tentang pakan yang diberikan pada Friesian Holstein, peternak di Belanda memanfaatkan teknologi yang disebut ensilasi, yaitu metode pengawetan hijauan berdasarkan pada proses  fermentasi asam laktat yang terjadi secara alami dalam kondisi anaerobik. Tujuannya untuk memaksimumkan pengawetan kandungan nutrisi yang terdapat pada hijauan atau pakan ternak lainnya, agar bisa disimpan dalam kurun waktu lama, untuk kemudian diberikan sebagai pakan ternak. Dan, hampir 90% hijauan yang dihasilkan dari lahan pertanian di Belanda diproses dengan teknik ensilasi.

Lahan pertanian, proses pembuatan silase gulung dan pemanfaatannya pada ternak sapi

Bibit ternak sudah tidak diragukan lagi, teknologi pakan yang diberikan juga sudah mumpuni. Namun ada satu hal yang dilakukan oleh peternak, yaitu memperlakukan sapi dengan sangat istimewa. Mari kita tengok ke Wapse Farm. Wooow, apa yang terjadi disana? 80 sapi di Wapse Farm mengenakan pamper dan layanan pemijatan. Beberapa diantaranya bahkan mendapatkan tempat tidur air. Menurut Nancy Vermeer pemilik Sun farmer: Sapi-sapi tersebut harus bergembira. Jika tidak, mereka tidak akan mau menghasilkan susu. Matras yang digunakan sekarang kebanyakan terbuat dari bahan karet, meskipun untuk beberapa sapi tertentu para pemilik peternakan tersebut rela menggunakan tempat tidur air.” Peternak memberikan layanan khusus pada sapi-sapinya agar produktifitas susunya meningkat.

Sapi yang mendapatkan perlakuan istimewa “beralaskan karpet”

Terkuak sudah rahasia dibalik julukan Belanda sebagai salah satu negara penghasil susu dan keju terbesar di dunia, jawabannya adalah manajemen pemeliharaan yang baik, peralatan modern serta perlakuan istimewa untuk si Friesian Holstein.

Keju Produksi Belanda berasal dari Susu si Friesian Holstein

 Ada baiknya kita belajar dari kehidupan masyarakat di Belanda, memanfaatkan kelemahan menjadi potensi yang besar dan mengoptimalkan potensi yang ada untuk menunjang kesejahteraan masyarakatnya.

Referensi

http://akbar.blog.ugm.ac.id/2013/02/17/fermentasi-hijauan-pakan-ternak-silase/
http://ternak-ruminansia.peternakan.co.id/sapi-friesian-holstein/
http://id.wikipedia.org/wiki/Sapi_holstein
http://www.kagakribet.com/fun.php/ijp19xxW08HG/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s