KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#166 Ratu Beatrix, Sang Ratu Pionir

Leave a comment

Oleh Abdillah Rifai 

Belanda merupakan negara dengan kepala negara seorang raja atau ratu. Luas wilayahnya sangat sempit, sekitar 40 ribu km2, tidak lebih luas dibandingkan Propinsi Jawa Timur dengan pendapatan per kapita hampir 30.000 dolar AS. Tahun 2011 Majalah Forbes menempatkan Belanda di urutan ke-14 sebagai kerajaan terkaya di dunia dengan kekayaan bersih 200 juta dolar AS. Case dan Fair (2001) mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi yang tinggi dengan prosesnya yang berkelanjutan merupakan kondisi utama bagi kelangsungan pembangunan ekonomi yang ditandai dengan masyarakatnya menemukan cara penggunaan sumber daya yang tersedia secara lebih efisien.

Kemakmuran telah memicu kreatifitas penduduk Belanda untuk berinovasi dan menjadi pionir di segala bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemakmuran yang melahirkan kepioniran tersebut tidak lepas dari peran dari ratu mereka, Ratu Beatrix. Ia berhasil membuat kerajaan Belanda menjadi sangat maju, modern, dan sejahtera. Jejak langkahnya sebagai ratu juga diwarnai oleh kepioniran. Sehingga tak salah apabila ratu Beatrix dinobatkan menjadi ratu pionir bagi pionir-pionir Belanda.

Ratu Beatrix bersama Ibunya 1938

Beatrix Wilhelmina Armgard, lahir 31 Januari 1938 sebagai anak pertama dari pasangan Ratu Juliana dan Pangeran Bernhard. Di saat Nazi Jerman berhasil menduduki Belanda pada Perang Dunia II, Beatrix malah menikahi diplomat Jerman Barat Claus von Amsberg pada Maret 1966 yang di masa kecilnya mengenakan seragam Hitler. Beatrix naik tahta melanjutkan ibundanya, Ratu Juliana, pada tahun 1980 di usia 42 tahun. Begitu dinobatkan, Ratu Beatrix dengan cepat mengubah segalanya. Beatrix menjadi pionir dalam budaya kerajaan dengan menolak berperan hanya sebagai tukang gunting pita di acara seremonial kerajaan, ia merubah istana kerajaan menjadi layaknya istana kerja. Ia menggelar pertemuan setiap minggunya dengan perdana menteri dan jajaran kabinetnya untuk mendiskusikan masalah pemerintahan. Istana dijalankan layaknya perusahaan sampai-sampai ia digelari “CEO Belanda”.

Ratu yang biasa dipanggil “Trix”, dikenal memiliki kesempurnaan dalam bekerja dan sangat sistematis. Di bawah kepemimpinannya. pada 2010 Belanda memenangkan tiga penghargaan: Pelabuhan Terbaik di Eropa (Port of Rotterdam), Best Contain  er Terminal di Eropa (ECT), dan Bandara Terbaik di Eropa (Amsterdam Airport Schiphol). Belanda menduduki urutan keempat dalam Indeks Global Kinerja berdasarkan data Bank Dunia pada 2010. Di bawah kepemimpinannya pula tingkat pengangguran dapat ditekan menjadi 5,5% dari tenaga kerja (2010) dan 5,3% (2011).

Ratu Beatrix bersama Raja dan Putera mahkota Willem saat berumur 5 tahun

Ratu Beatrix dikenal selalu mengenakan gaun yang bersesuaian dengan topinya. Namun, pada 8 Januari 2012 lalu Ratu Beatrix menjadi pionir mengenakan pakaian jubah dan berjilbab saat mengunjungi masjid di Abu Dhabi dan diulangi ketika mengunjungi masjid di Oman pada 12 Januari 2012. Di Oman Ratu Beatrix kerudung berwarna oranye, warna kebanggan bangsa Belanda. Ratu Beatrix merasa hal tersebut saat bukanlah sebuah masalah. Hal tersebut dilakukan karena ia menyesuaikan diri dengan tempat yang dikunjunginya.

Ratu Beatrix di Abu Dhabi

Ratu Beatrix di Oman

Selama 33 tahun berkuasa Ratu Beatrix telah memberikan sentuhan modern dan citra sebagai pekerja keras untuk kerajaan Belanda. Tepat tiga hari sebelum hari ulang tahunnya yang ke-75, Senin 28 Januari yang lalu Ratu Beatrix mengumumkan pengunduran dirinya. Beatrix menyerahkan kerajaan kepada anak tertuanya Putera Mahkota Willem Alexander yang menempatkannya sebagai Raja Belanda pertama sejak 1890. Semoga di bawah kepemimpinan Raja Willem, Belanda terus melahirkan pionir-pionir baru di setiap bilang ilmu pengetahuan dan teknologi melanjutkan kiprah sang ratu pionir, Ratu Beatrix.

Referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Beatrix_dari_Belanda#Leluhur
http://id.shvoong.com/law-and-politics/political-economy/2171824-definisi-pengertian-pertumbuhan-ekonomi/
http://www.indofiles.web.id/showthread.php?t=84778
http://www.hidayatullah.com/read/20643/13/01/2012/hidayatullah.com
http://www.hidayatullah.com/read/20643/13/01/2012/hidayatullah.com

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s