KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#161 Sepeda Legenda

Leave a comment

Oleh Anang Setiawan

Hari ini saya berencana untuk mengunjungi rumah pakde di sebuah desa di kabupaten Bantul Yogyakarta, sesampainya di sana saya di sambut segarnya udara pagi dan pemandangan sawah yang menghijau membuat saya ingin segera mengelilingi kampung ini, tanpa berpikir lama saya segera meminjam sepeda onthel merk Gazelle milik pakde, sebuah sepeda tua warisan kakek yang masih terawat dan enak untuk di kayuh.

Segera kaki saya mulai mengayuh pedal sepeda itu berkeliling desa, walaupun tua sepeda ini masih kuat jika hanya di gunakan untuk mengangkut gabah dari sawahnya pakde.

Gazelle sebuah merek sepeda dari negeri Belanda, berdiri tahun 1882 William Kolling seorang pengantar pos mendirikan perusahaan sepeda, pada tahun 1892, William Kolling berpartner dengan Rudolf Arentsen, dan mendirikan sebuah perusahaan bernama Arentsen and Kölling, merk Gazelle sendiri lahir pada tahun 1902, Gazelle akhirnya berkembang menjadi sebuah perusahaan besar, tahun 2008 Gazelle total telah berhasil menjual 13 juta sepeda ke seluruh dunia.

Sepeda elektrik hasil Inovasi dari Gazelle

Saat ini Gazelle di miliki oleh sebuah perusahaan Belanda bernama Pon, Pabriknya di kota Dieren dengan produksi 350,000 unit sepeda pertahunnya. Sepeda Gazelle juga merupakan merk berkualitas ini di buktikan dengan di raihnya sertifikat ISO-9001 pada tahun 1996 penghargaan sebagai “The most trusted bicycle brand” oleh pembaca Reader Digest Eropa. Saat ini Gazelle merupakan market leader di Belanda.

 Sepeda telah menjadi alat transportasi penting di Belanda,  dengan jumlah sepeda yang di miliki oleh penduduk Belanda sebanyak 18 juta unit sedangkan jumlah warga Negara belanda sendiri hanya 16,6 juta orang, ini berarti satu orang memiliki lebih dari satu sepeda. Tua muda, dari mulai anak pergi bersekolah, pergi ke kantor sampai dengan rekreasi hampir semua di lakukan dengan bersepeda.

Suasana parkir sepeda di kota Amsterdam

Tahun 2012 di kota Amsterdam saja ada sekitar 490,000 orang setiap harinya menempuh jarak rata-rata 2,5 km. Tentunya kenyamanan warga Belanda bersepeda juga di tunjang oleh infrastuktur yang memanjakan para pesepeda, dengan adanya 35,000 km jalur khusus untuk bersepeda.

Mengayuh sepeda sebagai sarana transportasi selain menyehatkan badan juga bebas polusi, tentunya ini sangat mendukung gerakan go green. Kota Amsterdam yang memiliki 881, 000 sepeda dan 70% perjalanan warganya menggunakan sepeda hanya memiliki index polusi udara 17.86 bandingkan dengan Yogyakarta dengan index polusi udara 37.5 dan Jakarta dengan 86.11.

Untuk di kota Yogyakarta sendiri selain adanya komunitas bike 2 work, banyaknya kegiatan sepeda gembira, juga sempat di adakan gerakan sego segawe, (sepeda dingo sekolah lan nyambut gawe, sepeda untuk sekolah dan bekerja) sayangnya gerakan ini sudah di hapuskan….

Sepeda dalam bahasa belanda adalah fiets , kata ini di serap oleh bahasa jawa menjadi pit,maka kata bersepeda ngepit, dan berkeliling memakai sepeda disebut pit-pitan. Semoga saja tidak hanya kosa kata fiets yang di serap tapi kebiasaan bersepeda juga banyak di ikuti oleh orang Indonesia.

Tanpa terasa selesai sudah saya bersepeda dengan Gazelle,  mengelilingi desa dengan menunggangi sebuah sepeda legenda dari negeri Belanda.

Referensi

http://en.wikipedia.org/wiki/Cycling_in_the_Netherlands
http://top10hell.com/top-10-countries-with-most-bicycles-per-capita/
http://www.gazellebikes.com
http://www.gazelle-indonesia.com/?page_id=298
http://www.numbeo.com/pollution/compare_cities.jsp?country1=Netherlands&country2=Indonesia&city1=Amsterdam&city2=Yogyakarta
http://www.numbeo.com/pollution/compare_cities.jsp?country1=Netherlands&country2=Indonesia&city1=Amsterdam&city2=Jakarta

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s