KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#160 Sepakbola van Belanda

Leave a comment

Oleh Anang Setiawan

Mata yang semula cuma menyala lima watt karena kurang tidur dan mesti bangun dini hari, kembali bersinar terang melihat aksi Hatrick Robin Van Persie ke gawang Aston Villa, dan merasakan semangat suka cita Manchester United yang berhasil meraih gelar Liga Inggris ke 20 mereka, dan gelar juara liga pertama untuk Van Persie.

Ekspresi dari Van Persie merayakan gelar ke 20 Manchester United dan gelar pertamanya di Liga Inggris 2012/2013

Sepakbola dan Belanda membawa ingatan saya ke masa kecil saya ketika waktu itu hanya liga Italia yang di tayangkan di televisi Indonesia. Teringat meriahnya nonton bareng aksi dari Ruud Gullit, Marco van Basten dan Frank Rijkaard sebagai trisula maut dari AC Milan.

Pemain Belanda juga membawa ingatan saya ke Wesley Sneijder, di klub Inter Milan, cinta pertama saya di Liga Italia. Wesley membawa Inter meraih treble winner di kompetisi tahun 2009-2010, Juara Liga Italia, Copa Italia dan Juara Liga Champion!

Selain pemain sepakbola berkualitas hebat, banyak sumbangsih yang telah di berikan Belanda ke dalam dunia sepakbola. Mulai dari Liga Mereka yang bernama Eredevisie, siapa yang tak kenal dengan klub juara 4 liga Champion Ajax Amsterdam?

Kemudian Tim nasional sepakbola Belanda yang mempunyai julukan Der Oranje, Penguasa Piala Eropa Tahun 1988.

Tim nasional sepakbola Belanda sewaktu menjuarai Piala Eropa 1988

Selain itu di Belanda juga lahir sebuah pola permainan sepakbola yang sangat menghibur sekaligus mematikan, Total Football, Metode ini di temukan oleh Rinus Michels, sang pelatih legendaris dari klub Ajax dan tim nasional Belanda.

Rinus Michels penemu dari total football dengan piala Eropa 1988

Selain Rinus, banyak pelatih sepakbola sukses dari belanda lainnya adalah Johan Cruijff, Guus Hiddink dan masih banyak lagi.

Kemajuan sepakbola Belanda tentu di dukung oleh sistem kompetisi liga sepakbola dan infrastruktur yang berkualitas baik. Belanda dikenal mempunyai banyak akademi sepakbola yang kualitasnya di akui dunia.

Salah satu kehebatan produk sepakbola Belanda adalah Sergio Van Dijk, pemain tim nasional Indonesia keturunan Belanda ini mengawali karir di klub local LTC Assen sebelum masuk ke FC Groningen, Sergio sempat menjadi top skorer di Liga Australia bersama Adelaide United pada musim 2010-2011, Sergio kini bermain untuk Persib Bandung dan kabarnya merupakan pemain termahal di Liga Indonesia.

Sergio Van Dijk dengan seragam Persib

Semoga saja sepakbola Indonesia segera dapat meniru kesuksesan sepakbola Belanda….

Referensi

http://en.wikipedia.org/wiki/Total_Football

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s