KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#158 Belanda, Sang Penakluk Air

Leave a comment

Oleh Fauziah

Apa yang terbayang dalam benakmu jika jika disebutkan kata “Belanda”?

Kincir angin?, hamparan tulip? Ataukah klompen? atau juga kanal banjir? atau bahkan, penjajah? hehe..semua bisa saja berbeda dalam menginterpretasikan Netherland ini.

Buat saya, Belanda adalah inspirasi.

Dilatarbelakangi pendidikan, civil engineering, terutama teknik hidraulik, Belanda merupakan “kiblat” dalam desain bangunan keairan. Kepioniran Belanda dalam mempertahankan wilayahnya dari kepungan air laut dengan bangunan  proteksi pantai dan pengendalian banjir sungguh tidak diragukan lagi.

Fakta bahwa daratan Belanda berada di bawah permukaan laut, dimana  wilayah Nieuwerkerk aan den Ijssel merupakan kota yang terendah yang berada 6.76 m dpl (di bawah permukaan laut). Amazing! Bagaimana sebuah konstruksi raksasa  dijk (dinding laut) dapat membendung air laut sampai dengan kedalaman sedemikian rupa ya? mmm bukit mana ni yang dikerahkan untuk menghadang air laut sedemikian rupa? Tidak heran jika saat ini negara di belahan dunia manapun yang terancam ‘tenggelam’ menggait Belanda dalam teknologi hidraulik.

Contoh terdekat, selama masa recovery pasca tsunami di Kota Banda Aceh, dari 2006 – 2009, saya mendapat kesempatan besar, bergabung dengan Sea Defence Consultants – The Netherlands. Kota Banda Aceh yang juga dikelilingi pantai telah mendapat bantuan berupa uluran tangan dari pakar-pakar Belanda dalam menanggulangi banjir pantai (tsunami) dan banjir genangan dengan mengadopsi sistem drainase (polder system) dari Belanda tersebut. Interaksi secara langsung dengan pakar-pakar yang telah mendunia ini, hingga saat ini Banda Aceh sangat merasakan nikmatnya terbebas banjir. Kondisi ini membuat minat saya semakin tinggi untuk dapat mencerna pendidikan dan bahkan sosial budaya di Belanda. Sayangnya, sampai saat ini, itu masih sebuah impian buat saya. Mmmm… let’s make it real!

Menilik Belanda lebih dalam, ternyata ya, Belanda sudah menggeluti dunia hidraulik ini sejak 2000 tahun silam! Kita menerapkannya saja baru sekarang hehe..”maka kepioniran manakah yang masih kamu dustakan ragukan??”  Tidaklah heran, jika negeri kincir angin ini begitu beradaptasi dengan lingkungannya, bahkan dengan ancaman sekalipun.  Teknik-teknik penghadangan serangan badai dan air laut sudah jauhhh lebih di depan. Sebut saja, The Oosterschelde barrier/Eastern Scheldt barrier, dimana pekerjaan ini terdiri atas pembangunan 13 bendungan penghadang (barriers), pintu air (sluices), kunci (locks), dan tanggul-tanggul. Wowww… meskipun konstruksi ini sudah siap dibangun pada tahun 1997, namun masih diakui sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Modern oleh American Society of Civil Engineers. Ini kawasan yang wajib dikunjungi nantinya. Catat!.

Salah satu sumber menyebutkan bahwa, pembangunan bendungan dan tanggul tidak hanya untuk melindungi diri dari ancaman banjir (coastal flooding), tetapi juga dengan fungsi sebagai reklamasi daratan, cadangan air tawar dan untuk meningkatkan jalur pengairan. Menarik sekali ya.. perlu banget ini ilmunya untuk diterapkan di Jakarta akhir-akhir ini.

   

Salah satu bangunan dalam Delta Works

Lokasi-lokasi The Oosterschelde barrier (Delta works)

Ternyata lagi, kemampuan Belanda dalam menaklukkan ancaman air dan memanfaatkan potensi air sudah sangat luar biasa.  Amerika Serikat yang adidaya saja mengagumi keunggulan Belanda dalam bidang ini dan meminta Belanda membangun ulang New Orleans setelah hancur diterjang badai Katrina (info: detik.com). Dari sumber yang sama menyebutkan, bahwa megaproyek Dubai yang membendung perairan Laut Persia menjelma menjadi kepulauan artifisial Palm Jumeirah yang spektakuler itu juga terealisasi berkat teknologi dan pengalaman Belanda. Hasrat saya semakin menggebu-gebu ni untuk ke sana, meminum langsung ilmu dari sumbernya.

Referensi

http://www.mediaubg.com/index.php?option=com_content&view=article&id=113:dibalik-bendungan-belanda&catid=35:teknik-bangunan&Itemid=58
http://id.wikipedia.org/wiki/Belanda
http://www.water-technology.net/projects/delta-works-flood-netherlands/
http://news.detik.com/read/2013/01/25/191358/2152542/103/banjir-jakarta-rangkullah-belanda
Referensi Gambar
http://www.water-technology.net/
Pribadi

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s