KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#149 Keindahan Tulip dan Keberhasilan Belanda

Leave a comment

Oleh Ika Ari W

Berbicara tentang Belanda, setidaknya tiga hal yang melekat menjadi identitas Belanda: kincir angin, sepatu kayu (komplen) dan tulip. Tapi tahukan kita bahwa tulip bukanlah dari Belanda? Ya, tulip berasal dari daerah kawasan timur tengah. Tulip berkembang pesat di Turki pada masa kerajaan Ottoman di bawah pemerintahan Sultan Ahmed III (1703-1730).

download

Tulip Begitu Indentik Dengan Negeri Kincir Angin

Carolus Clusius, peneliti bidang botani modern dari Universitas Leiden Belanda adalah tokoh dibalik kesuksesan emblem tulip yang mencirikan Belanda. Clusius-lah yang pertama kali membiakkan tulip pada abad ke-16. Masterpiece Clusius sangat sukses. Clusius berhasil membiakkan tulip di daerah yang berada di bawah permukaan air laut. Sedangkan di daerah asalnya di Turki, Tulip hanya bisa tumbuh di daerah pegunungan. Tidak hanya itu, untuk pertama kalinya Clusius melakukan rekayasa yang menghasilkan tulip dalam beberapa variasi warna. Dari sinilah, tulip menjadi beralih fungsi. Tulip yang mulanya digunakan sebagai tanaman obat kemudian lebih dikenal sebagai tanaman hias. Namun saat itu varian warna tulip masih terbatas sehingga tulip tidak mampu dijangkau oleh berbagai kelas masyarakat. Hanya kelas atas dan aristokrat eropa yang dapat menikmati keindahan tulip.

Lantas pemerintah Belanda melakukan kolaborasi dengan berbagai lembaga untuk memproduksi tulip dalam varian yang lebih banyak. Menggembirakan, hasil usaha tersebut cukup membuktikan konsistensi dan keseriusan pemerintah Belanda dalam mengembangkan tulip. Setidaknya hingga saat ini setidaknya tercatat lebih dari 10000 kultivar dan lebih dari 80% tulip di dunia diproduksi di Belanda.

tulips

Berbagai Varian Tulip yang Berhasil Disilangkan

Tertarik untuk menikmati keindahan hamparan taman tulip di Belanda? Keukenhof menawarkan keindahan taman bunga yang ditata secara apik. Keukenhof dikenal sebagai Garden of Europe, merupakan kebun tulip terbesar di Belanda dan tercacat sebagai taman bunga terbesar di dunia. Dengan adanya tulip, Sektor pariwisata Belanda-pun ikut terpromosikan. Para wisatawan menjadi semakin antusias untuk berkunjung ke Belanda. Tercatat sedikitnya 800.000 pengunjung dari berbagai negara berkunjung untuk menikmati keindahan hamparan taman tulip di keukenhof.

Tidak hanya itu, tulip memiliki pengaruh yang significant di sektor ekonomi dan perdagangan Belanda karena menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar negara. Setiap tahunnya lebih dari 4 miliar euro atau lebih dari 54,3 triliun rupiah berputar di Belanda hanya dari bisnis bunga ini. Dengan keseriusan dan fokus pada flora khususnya tulip, Belanda tumbuh dan berkembang menjadi tempat transaksi bunga global yang melibatkan berbagai pemasok dunia dari berbagai negara seperti kenya, israel, etiopia, ekuador, jerman dan lainnya. Terjaminnya kualitas dan lebarnya variabilitas jenis bunga yang ditawarkan dalam satu sistem pasar, serta keberanian belanda menerapkan aplikasi pembelian jarak jauh(remote buying) via internet untuk mengundang seluruh calon pembeli seluruh dunia, menjadi kunci utama keberhasilan dalam meramaikan pasar dan menjadikan Belanda sebagai  portal utama transaksi bunga terbesar di dunia.

Hal ini tentunya menggugah kita akan potensi besar negara kita dalam bidang pertanian. Dengan potensi yang dimiliki Indonesia, seharusnya Indonesia pun dapat berperan serta tidak hanya di industri bunga ini, tapi juga produk agraria lainnya. Pertanyaannya adalah kapan kita akan mulai bergerak?

Referensi

http://www.hortus-bulborum.nl/about-the-tulip/tulipmania
http://www.britannica.com/EBchecked/topic/122612/Carolus-Clusius
http://irfanchemist.wordpress.com/2011/02/13/menyusuri-keindahan-taman-tulip-belanda/
http://hakimhabibi.wordpress.com/2012/05/12/3b-bisnis-bunga-belanda/
http://www.anneahira.com/bunga-tulip.htm
http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2013/01/14/jelang-satu-tahun-black-tulp-kisah-magis-keukenhof-belanda-519498.html
http://pusbangsitek.uinjkt.ac.id/?p=195

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s