KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#148 Creative and Innovation Culture

Leave a comment

Oleh Anissa Wening

Be a creative, be a pioneer, be a inspiration.

Tiga hal inilah arti dari sebuah kesuksesan yg memiliki keterkaitan yg sangat erat.

Be a creative. Yaaap negara belanda sangat dikenal dengan ide-ide creative dan inovasi nya.

Hal ini dikarnakan negara belanda telah membuat Budaya creative dan inovasi yang ditanamkan sejak dini pada pendidikan di belanda dengan metode student-centered dan problem based learning. Kreatifitas dan inovasi merupakan hal penting dalam pendidikan di belanda, saat proses belajar siswa di Belanda selalu didorong untuk mencari solusi creative dan inovatif.

Sebuah kreatifitas akan menjadikan kita seorang pelopor yg menghasilkan hal-hal yg baru dan bermanfaat. Dan saat kita telah menjadi pelopor maka kita akan menjadi inspirasi untuk banyak orang, dimana orang-orang akan melihat kita sebagai patokan dalam hidupnya.

“Betapa bahagianya saat kita bisa menjadi orang yang berguna dan menjadi contoh untuk orang lain “

Terlintas pula dipikiranku dengan perkataan Cicero

“no man was ever great without divine inspirations”

kejayaan seseorang tidak akan pernah hadir tanpa inspirasi.

Terlihat jelas dalam perkataan itu, bahwa sebuah inspirasi adalah sebuah kunci sukses dari kejayaan seseorang.

Contohnya adalah kincir angin yg sangat identik dengan Negara Belanda. Kincir angin ini memiliki banya fungsi seperti membantu proses irigasi dan menggiling hasil panen. selain itu Fungsi dari kincir angin pun sekarang bertambah, antara lain untuk mengalihkan air dan angin, mengasah kayu, memproduksi kertas, mengeluarkan minyak dari biji juga sebagai objek wisata. Kincir angin tersebut tertata rapi sehingga menghasilkan pemandangan menarik untuk pengunjungnya.

Namun, kincir angin ini bukan di pelopori oleh belanda secara independent tetapi Bangsa Arab lah yang mengembangkan kincir angin pertama kali. Namun, karna budaya kreativitas dan inovasi yang dimiliki bangsa belanda, mereka mampu membuat inovasi dengan konstruksi yang baru dan menyempurnakan kincir angin tersebut sehingga menjadi lebih sempurna.

Jadi bangsa belanda terinspirasi oleh bangsa arab sehingga bangsa belanda menjadi pelopor kincir angin pertama kalinya di eropa pada abad ke-12 dan ke-13 dan bangsa belanda pun sampai sekarang telah dikenal dengan Negara kincir anginnya.

Seperti di Timur, kincir angin di Belanda juga hadir karena determisme social. Keadaan alam kedua wilayah tersebut membuat mereka mencari solusi untuk kebutuhan rill dan tekanan social dimasyaraktnya. Kincir angin sangat cocok untuk menjalankan pompa untuk mengeringkan lahan. Perannnya sangat penting di belanda, dari segi ekonomi, sumber energi angin mampu mengurangi penggunaan bahan bakar minyak, menciptakan lapangan pekerjaan baru di bidang pembuatan dan pemeliharaan kincir angi maupun distribusinya, kincir angin juga berperan dalam bidang objek wisata. Tidak salah kalau Belanda mendapat julukan Negara Kincir angin karna kreatifitas dan inovasi nya yang membuat belanda sampai dikenal sebagai pelopor kincir angin.

jika dilihat sejarahnya kincir angin semua itu tidak lepas dari adanya sebuah inspirasi yg akhirnya menjadi BE CREATIVE, BE PIONEER and BE INSPIRATION.

saat kita bisa menghasilkan sesuatu yang kreatif kita akan menjadi pelopor akan suatu hal dan kita akan menjadi inspirasi untuk banyak orang dan saat kita telah menjadi inspirasi untuk banyak orang, hidup kita seakan abadi dan tak akan pernah mati, karna kita akan terus hidup dalam kesuksesan banyak orang .

Referensi

http://ekasarihandayani.blogspot.com//2011/06/belanda-sang-negri-kincir-angin.html
http://ibrahimjr.wordpress.com/tag/inspirasi/
http://www.emfajar.net/chit-chat/belanda-dan-rahasia-industri-kreatifitasnya-yang-mendunia/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s