KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#147 Dari Belanda menyebar ke seluruh dunia!

1 Comment

Oleh Azia Azmi Faonia RZ

Belanda menciptakan fenomena baru dalam industri hiburan televisi. Reality show buatan Belanda menyebar ke seluruh dunia. Tidak percaya? Berikut beberapa program reality show yang aslinya dari Belanda.

Big Brother

 

Big Brother pertama kali tayang pada tahun 1999 di Belanda melalui channel tv Veronica. Dua belas orang yang tadinya tidak saling kenal ditempatkan dalam satu rumah dan harus berbagi untuk 100 hari kedepan. Hubungan dengan dunia luar diputus. Tidak ada televisi, handphone, koran. Mereka sendirian. Gerak gerik mereka diikuti oleh pemirsa dari kamera di setiap sudut rumah. Drama, konflik, stress, tawa dan air mata hadir dalam rumah Big Brother. Siapa lawan? Siapa teman? Tak ada yang mereka ketahui benar-benar. Masing-masing kontestan menominasikan satu atau dua orang untuk dideportasi.  Namun keputusan deportasi berada di tangan pemirsa.

Fear Factor

 

Acara Fear Factor agak berbeda dengan yang lain karena masing-masing kontestan berjuang menaklukkan rasa takut mereka. Konsep awalnya bermula dari program ‘Now or Never’ dari Endemol Belanda yang ditayangkan kurun waktu 1993-1999. Endemol Amerika dan NBC mengubah nama acara menjadi Fear Factor untuk pasar Amerika, nama inilah yang kemudian menjadi terkenal. Tantangan yang dihadapi kontestan campuran antara adrenalin, uji stamina dan ketahanan mental. Mulai dari berjalan di atas ketinggian gedung pencakar langit, melewati terowongan bawah tanah yang dipenuhi tikus hingga menghadapi tantangan kuliner seperti makan jeroan hewan yang masih amis dan bikin muntah, Jika kontestan berhasil melampau semua tantangan,dia akan mendapatkan hadiah utama sebesar USD 50.000. Jika tidak, mereka tidak akan mendapatkan apa-apa.

Deal or No Deal

 

Deal or No Deal tayang pertama kali pada 25 November 2000 di Belanda. Ada 26 koper yang berisi uang dalam nominal tertentu untuk dipilih peserta. Pemain akan memilih enam koper.  Masing-masing koper dibuka sesuai urutan pilihan. Lawan misterius yang dinamakan ‘banker’ akan menawarkan pemain sejumlah uang untuk ditukarkan dengan isi koper tersebut. Di antara koper-koper terselip jackpot yang dihindari oleh peserta. Tak hanya sekadar mengandalkan instuisi,keberanian peserta diuji dalam mengambil langkah untuk sesuatu yang lebih baik atau malah lebih buruk dari yang telah didapatkannya. Apakah peserta menerima tawaran banker atau tetap terus bermain? Deal or No Deal ?

The Voice

Satu lagi kontes menyanyi ngehits saat ini adalah The Voice juga berasal dari Belanda. Pada tahun 2010, John De Mol melaunching program The Voice of Holland yang menuai sukses di publik Belanda. Ciri khas The Voice adalah tahap blind audition. Keempat juri mendengarkan kontestan dengan posisi membelakangi kontestan dan hanya mendengarkan suara dari kontestan. Jika juri menyukai apa yang mereka dengar, mereka akan menekan tombol untuk memutar kursi dan menandakan mereka tertarik untuk mengajak kerja sama dengan kontestan. Jika lebih dari satu juri yang tertarik, kontestan memilih juri yang mereka inginkan untuk kerja sama.  Konsep ini kreasi dari John de Mol dan penyanyi Belanda Roel van Velzen. Kontestan harus melewati beberapa tahap untuk sampai ke final dimana penyanyi terbaik dari masing-masing tim akan menyanyikan lagu sendiri. Dari keempat finalis hanya satu orang yang akan dinamakan “The Voice” dan menerima hadiah tunai serta kontrak rekaman.

 Referensi

http://www.endemol.com
http://en.wikipedia.org/wiki/The_Voice_(TV_series)

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

One thought on “#147 Dari Belanda menyebar ke seluruh dunia!

  1. Isu nie dah makin meluas di bincangkan .
    . terima kasih kepada admin blog nie… artikel awak menjelaskan hal nie dengan lebih baik.
    .. tahniah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s