KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#145 Dairy Products: Milk is a Must

Leave a comment

Oleh Ayu Adriyani 

If you don’t take care of your body, where are you going to live?”  -Unknown-

Susu dikenal kaya akan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Hal ini didasari pada banyak hal, misalnya saja susu dipercaya mampu memperkuat tulang sehingga tulang tidak rapuh dan tentunya tidak mudah diserang gejala osteoporosis. Hal ini disebabkan karena kebutuhan kalsium untuk tulang dapat dengan mudah ditemukan dalam susu. Tidak hanya itu, susu juga mengandung zat-zat gizi lain yang berperan dalam pembentukan tulang dan peningkatan status gizi. Selain itu, susu pun mampu menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh tubuh, dan banyak lagi manfaat susu yang dapat diperoleh.

Belanda menjadi salah satu Negara yang terkenal dengan dairy productsnya. Tentunya, masing-masing kita mengenal keju, mentega, yoghurt, es krim dan banyak makanan olahan lainnya yang berbahan dasar susu, bukan? Di negeri orange ini, mengonsumsinya telah menjadi gaya hidup.

 

Pandai melihat peluang. Di atas tanah yang subur, lahan peternakan dan perkebunan menjadi pilihan yang tidak pernah salah untuk Negara yang satu ini. Di tahun 2010 saja, telah tercatat sekitar 30.000 peternakan susu dapat dijumpai di Belanda. Nah, satu hal yang patut diacungi jempol adalah kuantitas akan senantiasa berbanding lurus dengan kualitas susu yang dihasilkan. Artinya, meskipun jumlah pabrik terus bertambah, kualitas tetap menjadi nomor satu.

Dalam kehidupan sehari-hari, Bruin brood met kaas (roti keju) menjadi teman setia orang Belanda untuk sarapan. Sedangkan untuk makan siang, orang Belanda tidak pernah pusing untuk memikirkan di restaurant mana mereka akan makan karena mereka sangat sederahana. Di siang hari, sepanjang mata memandang akan ada banyak orang-orang yang sedang membuka plastik yang berisi roti keju yang dibawanya dari rumah. Tidak hanya itu, tidak jarang pula mereka membawa kotak-kotak kecil susu atau pun yoghurt. Sedangkan di malam hari, desertnya pun tidak pernah lepas dari vla.

Dairy products telah jadi semacam bagian hidup orang Belanda, jika di Indonesia ada nasi, di Mesir ada Isy (berbentuk seperti roti, bulat dan terbuat dari gandum), di Afrika ada Ketela,  di Meksiko ada Jagung, maka di Belanda ada dairy products (susu dan berbagai olahan makanan berbahan dasar susu).

Konsumsi dairy products yang tinggi memberi sumbangsih yang jelas pada fakta bahwa tinggi badan rata-rata penduduk Belanda berada di atas rata-rata. Bahkan, predikat the tallest people in the world tidak tanggung-tanggung diberikan kepada penduduknya. Tingi rata-rata orang dewasa di negeri ini mencapai 6 feet 1 inch (1.85 m). Tidak hanya itu, ketinggian penduduk Belanda pun terkesan menular kepada para pendatang. Mereka menjadi lebih tinggi dibanding orang-orang dari suku atau daerah asalnya. Dan sekali lagi, tentu saja konsumsi dairy products memiliki korelasi yang berkesinambungan dengan fakta tersebut.

 Di Belanda, Milk is a Must!

Referensi

http://greatminds2.wordpress.com/tag/studi-di-belanda/
http://permathic.blogspot.com/2012/05/manfaat-dan-kandungan-susu-bagi.html
http://www.123rf.com/photo_10923480_dairy-products.html
http://coteus.blogspot.com/2012/11/milk-selection-for-coffee.html
http://dutchcommunity.com/2012/06/22/dutch-consumers-given-food-for-thought-as-cost-of-breakfast-falls/
Oky Adrian, Penerima Beasiswa Unggulan, Master in Information Systems Development, HAN University Scholarship of Applied Sciences;
Raidah Intizar Yusuf, mahasiswa Communication and Information Sciences di Tilburg University, penerima Tilburg University Scholarship for Academic Excellence;

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s