KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#144 Belanda: Karena Menjamin Adalah Kewajiban, dan Kesehatan Adalah Hak

Leave a comment

Oleh Ayu Adriyani

Belanda, sebuah Negara kecil namun memiliki nyawa yang besar untuk membangkitkan gairah hidup seluruh penghuninya. Negeri yang memberikan anginnya untuk memutar kincir ini terletak di eropa bagian barat laut.

 

Banyak hal yang bisa dikaji dari negeri yang juga dijuluki negeri tulip ini. Dari segi  kesehatan misalnya, di negeri ini, setiap orang yang berusia 18 tahun ke atas, wajib mengasuransikan diri. Hal ini untuk perolehan jaminan dasar pelayanan kesehatan. Jaminan dasar yang dimaksud di sini adalah dokter umum, rumah sakit dan tentunya obat-obatan.

Tahun 2006, Undang-undang Asuransi Kesehatan diberlakukan di negeri tulip ini. Oleh karenanya, setiap orang wajib memiliki jaminan dasar pelayanan kesehatan melalui asuransi.

Asuransi di Negara ini cukup banyak. Oleh karenanya, semuanya kembali menjadi pilihan tiap-tiap individu. Nah, asuransi kesehatan ini diambil dari pajak yang dibayarkan setiap bulannya oleh warga Negara Belanda dan juga pendatang yang terdaftar secara legal di negeri ini.

Pemerintah Belanda betul-betul menata rapi sistem jaminan kesehatan di negaranya. Di Belanda, ada yang namanya dokter keluarga (huisarts). Huisarts bertugas untuk mengikuti dan mengetahui perkembangan kesehatan tiap-tiap individu. Apabila ada keluhan-keluhan mengenai kesehatan yang tidak bisa diatasi oleh huisarts, maka tidak usah khawatir. Karena, tugas huisarts tidak hanya sebatas mengawal kesehatan namun lebih daripada itu, huisarts adalah dokter ahli yang akan membantu pasiennya dengan merujuknya ke rumah sakit, klinik, atau instansi lain yang berkompeten sebagai pengobatan tahap lanjutan. Setiap individu hukumnya wajib untuk memiliki huisarts.

Nah, ketika huisarts tidak mampu mengobati pasiennya. Maka, pasien akan mendapatkan pengobatan khusus yang dilakukan oleh dokter-dokter ahli yang terdaftar di Departemen Kesehatan. Dokter-dokter ahli ini dapat dengan mudah dijumpai di rumah sakit dan juga klinik yang telah dilegalisasi oleh Departmen Kesehatan.

Selain huisarts dan dokter ahli, di negeri ini juga ada instansi lainnya yang juga memiliki paramedis. Seperti, fisioterapi, pusat kesehatan jiwa, dinas kesehatan kotapraja, pengobatan alternatif dan ilmu mengajar ucapan atau logopedi. Lagi-lagi, huisarts akan tetap berperan. Karena, hasil pemeriksaan dari para dokter ahli dan paramedis yang lain akan diberikan dan dilaporkannya kepada huisarts.

Apotek pun ternyata punya peran yang sangat penting untuk memberikan hak kesehatan kepada setiap penduduk. Tiap penduduk di negeri ini, dianjurkan untuk membeli obat di apotek yang sama, sehingga secara langsung apotek juga akan mengetahui obat-obat apa saja yang telah dikonsumsi oleh pasien. Selain itu, hal ini juga akan meminimalisir kemungkinan orang salah mengonsumsi obat. Apotek pun menjalin hubungan yang baik dengan huisarts. Karena, apotek akan mengecek ke huisarts setiap kali ada perubahan dosis obat yang diberikan kepada pasiennya.

Hal ini menjadi bukti, betapa Belanda betul-betul serius menjalankan fungsinya untuk memberikan jaminan yang jelas kepada penduduknya. Selain itu, penduduk Belanda pun mengambil andil yang sangat besar dalam proses perencanaan, pengelolaan hingga tiba di tahap pengaplikasian sistem jaminan yang diberikan oleh pemerintah Belanda. Tentunya hal ini tidak lepas dari hak-hak setiap warga Negara untuk mendapatkan penjaminan yang jelas di bawah payung negaranya, tidak terkecuali dalam hal kesehatan. bukankah hak dan kewajiban itu selalu berjalan bersamaan? Seperti kincir dan angin yang selalu bekerja sama.

Kincir angin

Referensi

http://spiritual-indonesia.10925.n7.nabble.com/Re-Digest-Number-6523-assuransi-kesehatan-di-Belanda-td47268.html
http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=3&dn=20071007141929
http://www.ui.ac.id/id/news/archive/4906
http://madumarjan.blogspot.com/2012/12/negeri-kincir-angin-idolakan-masakan.html
Raidah Intizar Yusuf, mahasiswa Communication and Information Sciences di Tilburg University, penerima Tilburg University Scholarship for Academic Excellence.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s