KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#142 Tak Kenal Batas: Tony, Si Anak Kediri yang Mendunia

Leave a comment

Oleh Vitradi

Heeft u een vriend Tony en komt uit Kediri? Je mag trots op jezelf zijn voor een tijdje. Maar dit Tony werd 123 jaar geleden geboren.

 Apa yang membuat si bocah Kediri ini mendunia?

Masih ingat kah dengan peristiwa kecelakaan pesawat yang menimpa Fokker 27-500 milik TNI AU pada tahun 2012 dan 2009?

Nah, Tony adalah perancang pesawat Fokker. Nama lengkap Tony adalah Anthony Herman Gerard Fokker. Dia adalah pioneer dalam dunia penerbangan Belanda terutama dalam hal pemanufakturan pesawat terbang. Tidak hanya terdepan dalam industri pesawat Belanda, tetapi juga pesawat Fokker merupakan pesawat pemburu yang paling terkenal di masa Perang Dunia Pertama. Hal itu dikarenakan Tony Fokker adalah perancang pesawat pertama yang berhasil menggabungkan mitraliur dengan silinder motor pesawat. Dengan rancangannya ini, pesawat pemburu bisa langsung melancarkan tembakan secara otomatis.

‘Tony’ Fokker memperkenalkan pesawat pemburu hasil rancangannya yang menggabungkan mitraliur dengan silinder motor pesawat.

Jika si “Paman Sam” punya Boeing dan Rusia punya pesawat Sukhoi, maka negeri kincir angin, Koninkrijk der Nederlanden a.k.a Belanda, punya pesawat Fokker. Belanda telah dikenal sebagai negara yang menghasilkan banyak pengusaha dan penemu. Mereka dikenal sebagai seorang perintis.

Dalam dunia pendidikan, Belanda merupakan negara pertama di Benua Eropa yang menawarkan program-program belajar yang diajarkan dalam bahasa Inggris. Tidak hanya itu, beasiswa Erasmus Mundus mendapatkan namanya dari filsuf dan humanis Belanda yang terkenal, Desiderius Erasmus. Para mahasiswa pun didorong untuk mendatangkan ide–ide kreatif dan inovatif, sehingga menjadi pelopor. Jika Anda memiliki ide atau inovasi, maka akan tersedia ruang yang luas untuk mewujudkannya, seperti yang diungkapkan filsuf Yunani di bawah ini.

Do not train children in learning by force and harshness, but direct them to it by what amuses their minds, so that you may be better able to discover with accuracy the peculiar bent of the genius of each.” ~ Plato

Tampaknya hal ini yang membuat Tony dan kakak perempuannya, Toos, diboyong ke Belanda, tepatnya di Haarlem, oleh ayahnya pada usia 4 tahun untuk bisa mendapat pendidikan Belanda. Namun sekolahnya tidak mulus, Tony kecil tidak betah dan selalu gelisah di sekolah dan akhirnya putus sekolah di tingkat menengah. Walaupun demikian, dia seorang yang terampil dan suka “ngoprek” dengan hal yang berbau mekanik, seperti model mainan kereta api, mesin uap, serta mainan yang bisa terbang.

(dari kiri ke kanan) 1. ‘Tony’ kecil bersama ibu dan kakak perempuannya, 2. Anthony Fokker bersama “de Spin” II, 3. Anthony Fokker mendemonstrasikan “de Spin” II dengan terbang di atas kota Haarlem.
Sumber foto: http://www.dutch-aviation.nl/index5/index5-3%20Fokker%20biografie.html

Kesukaan “ngoprek” itu lah yang membuat pemuda asal Haarlem itu berhasil merancang pesawat pertamanya, “de Spin” (“si Laba-laba”), di usianya yang ke 20. Fokker semakin terkenal setelah merancang pesawat penumpang seperti F.VII. Pesawat ini berhasil terbang untuk kali pertama dari Amsterdam ke Batavia pada 1924 melalui maskapai penerbangan Belanda KLM.

Perintis industri pesawat Indonesia dan hasil rancangannya “Si Kumbang”
Sumber foto: http://id.wikipedia.org/wiki/Dirgantara_Indonesia

Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia sendiri punya Nurtanio Pringgoadisuryo sebagai perintis industri pesawat Indonesia. Dikemudian hari, lahir lah IPTN (sekarang PT DI) yang dikomandani BJ Habibie dan sempat tercatat sebagai industri pesawat terbang termaju di negara berkembang. Sejak saat itu, BJ Habibie dikenal sebagai Bapak Industri Pesawat Modern Indonesia.

“Saya bilang ke Presiden, kasih Saya uang 500 juta Dollar. N250 akan menjadi pesawat terhebat yang mengalahkan ATR, Bombardier, Dornier, Embraer, dll dan Kita tak perlu tergantung dengan negara mana pun!” ~ BJ Habibie

Ayo Indonesia, Kamu BISA!!

BJ Habibie dan pesawat N-250. N berarti Nusantara, menunjukkan bahwa desain, produksi, dan perhitungannya dikerjakan di Indonesia.
Sumber foto: http://www.antaranews.com dan http://id.wikipedia.org/wiki/N-250

Referensi

http://www.dutch-aviation.nl/index5/index5-3%20Fokker%20biografie.html
http://www.dutchspace.nl/pages/about/content.asp?id=216&P=4_2_2
http://www.fokker.com/frp-History
http://www.genealogieonline.nl/stamboom-fokker/I634.php
http://blogs.itb.ac.id/djadja/2012/02/13/bj-habibie-ketika-prestasi-tokoh-bangsa-hanya-dianggap-iseng-belaka/
http://id.wikipedia.org/wiki/Dirgantara_Indonesia
http://feriferdians.blogspot.com/2012/06/sejarah-pt-dirgantara-indonesia.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Erasmus_Programme

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s