KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#141 Made in Holland

Leave a comment

Oleh Vitradi

Pada tahun 2050, 70% dari populasi dunia akan hidup di perkotaan. Itu berarti bahwa akan ada sembilan miliar mulut yang butuh untuk disuapi makan di dunia ini. Bukan hanya itu, sumber daya yang vital seperti air, tanah, dan energi akan menjadi semakin langka. Hal ini akan mengancam produksi pangan dan keamanan pangan. Ini lah satu satu tantangan terbesar yang harus kita hadapi. Bagaimana kita dapat membuat populasi manusia menjadi lebih sehat dengan dunia yang lebih baik?

Belanda hanya lah sebuah negara kecil yang hanya memiliki 16,79 juta penduduk (2013) namun memiliki pemikiran yang besar dalam menghadapi tantangan global.
Sumber foto: http://en.wikipedia.org/wiki/File:EU-Netherlands.svg

Ada sebuah pameo mengatakan,

If a job’s worth doing, it’s worth doing well”.

Itulah yang tercermin dalam keinginan Belanda untuk mengimplementasikan perubahan ke dalam setiap rantai bagian kehidupan. Belanda hanya lah sebuah negara kecil namun memiliki pemikiran yang besar. Tanah yang subur dan ide yang cemerlang menjadikan Belanda sebagai eksportir terbesar kedua produk pertanian pangan di dunia setelah negeri Paman Sam. Perusahaan, institusi pendidikan, dan pembuat kebijakan bekerja sama untuk menciptakan infrastruktur pengetahuan yang lengkap dan efektif untuk memenuhi sektor pertanian pangan saat ini. Kesinergian dari kerjasama ini telah melahirkan produk berkelanjutan yang berkualitas tinggi, sehat, dan enak di lidah. Para pengusaha dan peneliti Belanda ingin mengatasi dan memecahkan tantangan global dengan mengembangkan solusi praktis bagi sektor pangan.

Inilah made in Holland di sektor pertanian dan pangan.

 20 Tahun Robotika Yang Revolusioner

Peternak sapi perah menyebut ‘robot pemerah’ adalah penemuan abad ke 20 yang paling mutakhir. Lely Astronaut, dari produsen mesin Belanda Lely, telah secara signifikan mengurangi jumlah tenaga kerja yang diperlukan di sektor pertanian. ‘Robot pemerah’ dapat digunakan 24 jam per hari, tidak pernah ‘jatuh sakit’, dan juga para sapi tidak pernah mengeluh. Sejak penemuannya di tahun 1992, Lely telah menjadi pemain global.

Ini lah proses kerja ‘milking robot’ yang telah dirancang mengikuti kebiasaan alami sapi.
Sumber foto: http://www.lely.com/en/milking/robotic-milkingsystem/astronaut-a4

 Selain itu, perusahaannya juga telah mengembangkan robot pemberi makan yang diberi nama Lely Juno. Bersama dengan perusahaan software Triodor, Lely memenangkan Technology Award untuk kategori “Time for Cows”. Hasil kerjasama ini memberikan gambaran keseluruhan kepada para peternak sapi perah mengenai tingkat produktivitas dan kesehatan ternak mereka.

Dua puluh tahun setelah robot pemerah pertama diluncurkan, Lely Astronaut telah memasang 12.000 unit robot pemerah di akhir 2011. Di kesempatan yang baik tersebut, Lely meluncurkan kompetisi bagi pelanggannya di Youtube. Hanya dalam dua bulan, sebanyak 51 video telah diikutsertakan dari 15 negara yang berbeda.

Lely Juno akan bergerak dengan sendirinya tanpa mengganggu sapi yang berada di belakang pagar.
Sumber foto: http://www.lely.com/en/feeding/feed-pusher/juno_2

 Tepung + Air + Panas = Serasa Ayam

Kaum fleksitarian tidak lah sama dengan vegetarian, mereka hanya memakan sedikit daging. Ojah telah mengembangkan olahan pengganti daging untuk kelompok ini. ‘Beeter’ (sebuah kata yang berasal dari bahasa Belanda ‘beter’ yang berarti ‘better’ = lebih baik) adalah olahan yang terbuat dari protein nabati di mana strukturnya akan mirip dengan daging ketika dipanaskan dalam suhu yang tinggi. Olahan ini juga bebas gluten sehingga sehat untuk dikonsumsi.

“Kami telah mencampur dan memadatkan tepur dan air dengan cara yang cerdas.” kata Direktur Penjualan Jeroen Wilemsen.

‘Beeter’ yang diolah untuk berbagai jenis makanan, cocok untuk fleksitarian dan vegetarian.
Sumber foto: http://plenti.eu/further-information/

“Selama tahap uji coba rasa, kami berani mengatakan, “rasanya seperti ayam”.” imbuhnya lagi.

Ojah mengelola seluruh proyek itu sendiri, mulai dari konsep produk hingga mendistribusikannya ke pasar. Perusahaan ini juga telah menerima penghargaan yang paling bergengsi di Dutch SME Innovation Award tahun 2012.

 Referensi

http://www.lto.nl/english/
http://www.plenti.eu/
http://www.lely.com/en/home/
http://beeter.nl/
http://en.wikipedia.org/wiki/Netherlands

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s