KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#140 Houden van Hennen

Leave a comment

Oleh Vitradi

Apa yang terlintas dalam pikiran Anda jika mendengar tempat peternakan ayam? Anda mungkin akan membayangkan kandang-kandang kotor dan bau yang berjejer rapat dengan kepala ayam yang selalu ‘mengintip’ ke luar. Tapi kondisi seperti itu tidak berlaku untuk peternakan ayam di Belanda. Negeri kincir angin ini punya cara yang unik dan kreatif dalam membudidayakan ayam.

Di Belanda, ada sekitar 35 juta ekor ayam yang memproduksi hampir 10 miliar butir telur dalam setahun. Yang artinya tiap ekor ayam harus menelurkan sebanyak 285 butir telur dalam 365 hari! Bagaimana caranya agar si ayam dapat dipelihara sedemikian rupa sehingga kebutuhan tersebut terpenuhi?

Rumah peternakan Roundel punya solusinya. Roundel memiliki konsep peternakan ayam yang unik untuk ayam petelur, di mana konsep ini merupakan hasil studi yang dilakukan oleh tim dari Universitas Wageningen. Konsep yang dinamakan Houden van Hennen (“Pemeliharaan dan Pecinta Ayam”) ini adalah contoh utama dari transisi menuju masa depan yang berkelanjutan, menunjukkan keseimbangan yang sempurna antara hubungan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility), kesejahteraan hewan, dan lingkungan kerja yang menyenangkan bagi para peternak unggas.

Ilustrasi perilaku alami ayam dalam kehidupan sehari-hari.
Sumber foto: http://www.wageningenur.nl/upload_mm/0/d/b/10c1a14b-dff0-4312-bc8e-c01995b8aa3f_houdenvanhennen.jpg

Sistem peternakan di Roundel sengaja dirancang untuk memungkinkan semua unggas hidup sesuai perilaku alamiah mereka. Jadi, ayam dipelihara dan diperlakukan dengan memperhatikan aspek kesejahteraan dan ekosistem lingkungan mereka. Ruang hidup ayam ditentukan dari rutinitas sehari-hari mereka. 30.000 ekor ayam yang hidup di Roundel dapat hidup bebas mencari makan sendiri, mandi pasir, minum, serta bertengger.

Sistem ini memiliki 4 bagian utama, yaitu night quarters, day quarters, wooded area, dan central core.

Night quarters, adalah ruang yang menyediakan kebutuhan utama ayam, seperti makan, minum, istirahat, dan bertelur. Perangkat teknologi yang digunakan dalam ruang ini adalah sistem kandang yang bertingkat, sistem pengaturan aliran udara, dan  mesin pengangkut telur.

Day quarters, memberikan ruang bagi ayam untuk menikmati perilaku alamiah mereka, seperti mencari makan dan mandi pasir. Kondisi yang alamiah diterapkan di dalamnya. Sebuah sistem perangkat unik berupa pintu gulung memungkinkan untuk menciptakan iklim udara yang seragam antara day quarters dan night quarters. Ini akan mendorong para ayam untuk berkeliaran dengan bebas.

Sejumlah tempat air digantung di area day quarters sehingga ayam yang berada di luar bisa bebas mengakses air minum.
Sumber foto: http://www.rondeel.org/public/images/Drinktoren.jpg

Wooded area, area ini juga memberikan lingkungan yang alami untuk ayam agar dapat mencari makanan, berkeliaran, dan mencari tempat teduh. Apabila wabah terjadi, seperti flu burung, yang mengharuskan ayam diisolasi, maka area ini dimungkinkan untuk ditutup. Kendati pun demikian, para ayam masih bisa mengakses daerah day quarters di mana kebutuhan alami mereka akan terpenuhi. Inilah fitur unik dari Roundel dibandingkan peternakan lain.

Penahan angin ini diletakkan di antara day quarters dan wooded area. Penahan angin ini bisa mengurangi hingga 60% kekuatan angin.
Sumber foto: http://www.rondeel.org/public/images/Windbreekgaas.jpg

Wooded area dilengkapi dengan batang pohon dan serutan kayu. Area ini juga memiliki permukaan yang berpasir dan berpori sehingga dapat membuang air dengan cepat dan tidak digenangi air.
Sumber foto: http://www.rondeel.org/public/images/Bosrand%20Rondeel.jpg

Central core, dibagi atas tiga area, yaitu:

  • Lantai dasar adalah wilayah kerja bagi peternak unggas.
  • Lantai satu mengakomodasi daerah di mana pengunjung dapat melihat bagaimana sistem bekerja. Dinding lantai satu ini dibuat dari kaca transparan sehingga memungkinkan pengunjung untuk melihat proses pengemasan telur secara otomatis ataupun ke dalam day quarters melalui terowongan kaca. Daerah ini juga menyediakan ruang rapat.
    • Lantai dua adalah ruang kontrol udara yang digunakan untuk mengatur iklim udara di night quarters dan mengeringkan kotoran.

Apakah Anda tertarik untuk mengembangkannya di Indonesia?

(dari kiri ke kanan) 1. Situasi di visitor area, 2. Ruangan rapat, 3. Solar panel yang berada di atap night quarters untuk memasok energi di peternakan Roundel.
Sumber foto: http://www.rondeel.org/uk/the-system/central-core-area/

Referensi

http://www.wageningenur.nl/en/Publications.htm?publicationId=publication-way-333833333430
http://www.houdenvanhennen.nl
http://www.rondeel.org

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s