KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#139 Roti+Meses+Mentega, Makanan Langka di Dunia

Leave a comment

Oleh Eunike Elizabeth Sorta

Sejarah membuat Belanda meninggalkan jejak, baik kelihatan maupun tidak. Tidak bisa dipungkiri bahwa selama Belanda ada di Indonesia, ia telah membawa dampak yang besar. Negara Indonesia memang bagian dari Asia, namun gaya hidupnya tidak mungkin seluruhnya melambangkan Asia. Pengaruh Belanda tampak jelas, terutama bagi orang yang lahir atau hidup di zaman penjajahan Belanda, lalu diikuti juga oleh keturunan mereka. Sebenarnya pengaruh Belanda dirasakan oleh hampir seluruh dunia, namun ternyata pengaruh Belanda cukup besar di Indonesia.

Belanda membawa cara makan yang berbeda dari identitas Asia yang sampai sekarang telah diikuti sebagian besar masyarakat Indonesia. Jika kita tengok negara Asia lain seperti Korea Selatan, makanan beratlah yang menjadi menu sarapan pagi contohnya nasi. Namun, untuk di Indonesia, sebagian orang mengonsumsi roti sebagai sarapan pagi mereka. Roti memang sudah umum, namun berbeda dengan negara lain yang biasanya mengonsumsi roti hanya dengan selai, madu, atau nutella, di Indonesia, roti ditemani dengan meses dan mentega. Inilah salah satu pengaruh kebudayaan unik Belanda yang dapat ditemukan di Indonesia. Jadi dapat dikatakan bahwa hanya di Indonesia dan Belanda yang mengonsumsi roti dengan mentega.

    

Jika kita berbicara roti, tidak lengkap rasanya jika tanpa dibubuhi meses. Ya, butiran cokelat yang selalu menemani roti saat disajikan. Tapi jangan berharap menemukan nama meses dan ketersediaannya di negara lain. Di negara- negara lain sulit untuk mencari meses. Kita harus menjelajahi toko bahan- bahan kue agar dapat menemukan meses. Ini disebabkan karena di negara lain, meses biasanya digunakan sebagai pemanis, taburan es krim atau donat, bukan untuk menemani roti. Tak usah jauh-jauh ke negara lain, di Singapura, negara tetangga Indonesia, kita tidak akan menemukan meses di rak- rak makanan dalam swalayan. Jika kita bertanya pada penjaga swalayan tersebut, mereka juga tidak akan mengerti arti meses. Ternyata cikal- bakal kata meses berasal dari bahasa Belanda sedangkan bahasa Inggrisnya adalah chocolate sprinkles. Di Belanda, meses disebut Hagelslag. Sebenarnya Hageslag berasal dari nama mesin pembuat meses yang diciptakan oleh Gerard de Vries and Venz, yang merupakan pendiri perusahaan Belanda untuk produksi meses. Cokelat butir ini dulu banyak digemari oleh gadis- gadis kecil Belanda atau dalam bahasa Belanda mereka disebut meisje sehingga orang Indonesia saat itu menamakan cokelat butir itu juga sebagai meisje. Karena sulit melafalkan kata meisje, maka munculah kata meses. Di Belanda, meses memiliki berbagai macam jenis yaitu cokelat hitam, adas, bahkan sampai buah- buahan seperti berry.

   

Di Indonesia, meses digunakan dengan roti dengan mengoleskan mentega terlebih dahulu, lalu meses ditaburi di atas roti. Pengolesan mentega bertujuan agar meses tidak berjatuhan dari roti. Di Belanda, meses dan mentega biasanya disajikan dengan roti yang tidak dipanggang. Inilah keunikannya. Jadi dapat dikatakan bahwa perpaduan antara roti, meses, mentega adalah makanan langka di dunia.

Kehadiran meses yang melekat dalam kehidupan masyarakat Indonesia disebabkan oleh Belanda. Inilah salah satu contoh inovasi yang diciptakan Belanda, khususnya bagi Indonesia. Meses memang bukan hal asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun, kehadiran meses membuktikan bahwa Belandalah yang menjadi pionir cokelat butir tersebut di Indonesia.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s