KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#137 Negeri Dongeng Belanda

2 Comments

Oleh Diski Parasayu

Saya tersenyum ketika pertama kali membaca sebuah artikel di Internet yang berjudul Living in a Dutch Fantasy Land..” Sang penulis James D Schwarts bercerita tentang hal-hal menyenangkan yang dijumpainya di Belanda, mulai dari penduduk yang murah senyum, jalur khusus sepeda dimana-mana, dan pengendara mobil yang berhati-hati terhadap para pengendara sepeda.

Instead of horns, I hear bells. Instead of exhaust fumes, I’m breathing in fresh, clean air – and when I arrive at my destination, there are thousands of bicycle parking spaces – mostly full,“ tulisnya.

Just like a maximum performance carbon fiber racing bicycle can make you push yourself harder, a Dutch-style bike can help you relax a little bit.”

Saya sungguh iri, tampaknya menyenangkan bisa menggunakan sepeda sebagai transportasi sehari-hari dan bukan hanya untuk olah raga atau rekreasi.

Sepeda digunakan untuk pergi bekerja, sekolah, berbelanja, dan segala keperluan lain (1)

Bahan baku andalan Belanda sebenarnya hanya satu, infrastruktur bersepeda. Dengan desain yang baik, para pengendera sepeda merasa aman, nyaman, sehat, hemat, dan bisa cepat sampai ke tujuan. Inilah kisah bagaimana Belanda mendapatkan jalur sepeda mereka.

Pahlawan Negeri Dongeng Belanda

Alkisah, paska perang dunia ke dua, Belanda semakin maju. Jalan-jalan diperluas untuk menampung jumlah mobil yang meningkat tajam. Jalanan menjadi tidak bersahabat. Ratusan anak meninggal dunia akibat tertabrak mobil.

Awal tahun 1970an, muncullah jagoan pertama Belanda, organisasi Stop the Child Murderer. Organisasi ini menuntut pemerintah untuk menciptakan jalanan yang lebih aman.

Salah satu unjuk rasa Stop the Child Murderer (2)

Di saat yang sama, seorang pionir dalam bidang transportasi, Joost Vahl menciptakan Woonerf, desain jalan yang terbagi-bagi untuk pejalan kaki, sepeda, dan kendaraan bermotor.

Organisasi Stop the Child Murderer kemudian menggandeng Steven Schepel, yang sebelumnya bekerja untuk Joost Vahl. Schepel kemudian diangkat menjadi ketua organisasi tersebut dan membawa pembagian jalan sebagai solusi. “One of the important things was that came with feasible ideas. We not only made noise at the right moment, but we demonstrated that it would possible to make streets better places,” ujarnya.

Demonstrasi besar-besaran terus dilakukan dan akhirnya berhasil didengar oleh pemerintah Belanda. Desain jalan pun kemudian diubah.

Demo pembuatan jalur sepeda di Amsterdam, 1980 (3)

Desain Impian

Jalur sepeda di Belanda berhasil dibuat di penjuru negeri. Desain perempatan jalan juga ikut berubah. Seperti sihir, perempatan jalan kini menjadi aman untuk para pengendara sepeda. Desain terebut menjadi pelopor yang kini ingin diikuti oleh berbagai negeri lainnya.

Tipikal desain jalan di Belanda (4)

Desain perempatan yang aman bagi pengendara sepeda. Salah satu fitur terpenting adalah ‘pulau’ di sudut-sudutnya. (5)

Aneka gedung parkir sepeda dibangun. Beberapa didesain dengan cantik. Ada pula jembatan khusus untuk para pengendara sepeda yang baru saja dibangun dekat Eindhoven dan jalan bebas hambatan khusus sepeda.

Para pengendara juga tak perlu takut tersesat karena petunjuk jalan untuk pengendara sepeda ada dimana-mana. Juga ada tempat sampah khusus untuk para pengayuh kendaraan roda dua ini.

Atas: Tempat sampah dan jembatan khusus pengendara sepeda.
Bawah: Dua desain gedung parkir sepeda. Desain di kanan sengaja dibuat seperti apel. Hihi, jadi ingat apel Snow White. (6)

Dongeng tentang negeri sepeda impian tidak berhenti di sini. Berbagai rencana untuk membuatnya lebih baik terus dilakukan. Selain berencana untuk menambah jumlah tempat parkir, pemerintah juga ingin membuat jalan sepeda dengan penghangat di bawahnya untuk musim dingin.

Kami Juga Ingin

Dalam hal bersepeda, negeri kincir ini mungkin tak berniat jadi pionir, mereka hanya ingin hidup dengan lebih baik. Namun, siapa yang tidak iri melihat ada kota modern berudara bersih dan nyaman untuk bersepeda, tampak tidak nyata seperti di Negeri dongeng.

Referensi

http://www.bbc.co.uk/news/world-europe-20942340
http://www.fietsberaad.nl/library/repository/bestanden/CyclingintheNetherlands2009.pdf
http://www.theurbancountry.com/2010/12/living-in-dutch-fantasy-land.html

http://www.youtube.com/watch?v=XuBdf9jYj7o
(1)http://www.orangebikedays.eu/nl/orange-bike-days/
http://www.ski-epic.com/amsterdam_bicycles/
http://www.fietsberaad.nl/library/repository/bestanden/CyclingintheNetherlands2009.pdf
http://amsterdamize.wordpress.com/2008/05/02/amsterdams-unwritten-cycle-rules-prelude/
(2) http://lcc.org.uk/pages/holland-in-the-1970s
(3) http://bicycledutch.wordpress.com/2011/10/20/how-the-dutch-got-their-cycling-infrastructure/
(4)http://www.altaplanning.com/App_Content/files/pres_stud_docs/Cycle%20Track%20lessons%20learned.pdf
(5) http://wiki.coe.neu.edu/groups/nl2011transpo/wiki/ba51e/
(6)http://cyclingresourcecentre.org.au/post/hovenring
http://ecologicalurbanliving.blogspot.com/2011/01/fietsappel.html
http://www.contemporist.com/2011/07/07/bicycle-parking-by-nunc-architects/
http://www.brainpickings.org/index.php/2009/01/27/best-of-bike-culture-innovation/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

2 thoughts on “#137 Negeri Dongeng Belanda

  1. Pingback: Finalis Kompetiblog 2013 | KOMPETIBLOG 2013

  2. saya juga suka ini.mantap,sukses ya semua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s