KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#132 Belanda yang Peduli Lingkungan dengan Pohon dan Minyak Jelantah

Leave a comment

Oleh Nafisah Zahra A 

Sebagai negara maju, Belanda melahirkan banyak orang-orang kreatif dan inovatif. Salah satu ide kreatif dan inovatif yang paling terkenal yaitu bagaimana Belanda membangun negaranya. Dengan kreativitas orang-orang Belanda terdahulu, Belanda bisa membangun negaranya dengan reklamasi. Setelah mereka berhasil membangun negara, mereka tidak henti-hentinya membuat hal-hal out of the box yang lain. Kalau dipikir-pikir, mungkin inovasi dan kreatifitas telah tercetak dalam DNA orang-orang Belanda.

Belanda sebagai negara yang kreatif dan inovatif,  telah menjadi pionir dalam berbagai bidang. Belanda menjadi salah satu negara pelopor yang peduli pada kelestarian lingkungan. Pieter Hoff, seorang mantan eksportir bunga dari Belanda menciptakan suatu perangkat yang dapat membuat pohon tumbuh di daerah yang ‘tidak ramah’. Perangkat tersebut bernama Groasis Waterboxx.

Groasis Waterboxx, inovasi baru dalam menanam pohon

Perangkat yang dalam pengembangannya menghabiskan waktu 7 tahun serta dana sebesar $7.1 juta atau sekitar 71 milyar rupiah ini, mendapat penghargaan pada Popular Science’s Best Invention 2010. Kini sudah banyak negara yang menikmati manfaat dari Groasis Waterboxx. Negara-negara tersebut di antaranya adalah Oman, Yordania, India, Kenya, Peru, dan lain-lain.

Sesuai dengan tagline Groasis Waterboxx, “Let’s beat hunger & desertification!” (Ayo kalahkan kelaparan dan penggurunan!), ternyata penggunaan perangkat ini sangat berdampak luas dan positif, bukan hanya berdampak pada lingkungan yang menjadi hijau dan asri. Menurut The Agua, Vida y Naturaleza Project, sebuah proyek yang menggunakan Groasis Waterboxx di Ekuador, dengan adanya perangkat yang diproduksi oleh AquaPro B.V. ini, taraf hidup petani kecil dapat meningkat. Solusi yang ditawarkan oleh proyek ini adalah dengan menanam sayuran seperti tomat yang bisa menghasilkan 1 kg buah per tanaman per minggu, alih-alih pohon buah-buahan lain yang membutuhkan waktu 5-7 tahun untuk menjadi produktif dan dapat dinikmati hasilnya.

Tanaman tomat yang ditanam di Groasis Waterboxx. Bisa menghasilkan 1 kg tomat per tanaman per minggu

Penanaman pohon menggunakan Groasis Waterboxx di Kenya

Selain Groasis Waterboxx, masih ada bukti lain bahwa Belanda adalah negara pelopor yang peduli pada kelestarian lingkungan. KLM Royal Dutch Airlines, maskapai penerbangan Belanda, membuktikan perannya sebagai pionir dalam pengembangan bahan bakar pesawat terbang menggunakan biofuel. Pada tanggal 8 Maret 2013, KLM melakukan penerbangan mingguan perdana dari bandara John F. Kennedy, New York ke bandara Schiphol, Amsterdam. Apa yang membuat penerbangan bernomor KL642 ini spesial? Ternyata bahan bakar yang digunakan untuk perjalanan selama 7 jam 17 menit tersebut adalah biofuel yang berasal dari minyak jelantah! Wow! KLM mempunyai ambisi untuk mengurangi emisi karbondioksida (CO2) sebanyak 20% pada tahun 2020. Biofuel yang digunakan merupakan campuran dari 25% minyak jelantah yang diperoleh dari Louisiana, Amerika Serikat dan 75% bahan bakar pesawat yang biasa digunakan.

Pesawat Boeing 777-200 KL642 yang digunakan untuk penerbangan menggunakan biofuel

Dengan adanya program Biofuel milik KLM ini, Menteri Ekonomi Belanda, Henk Kamp, berharap perkonomian Belanda dapat tumbuh secara berkesinambungan serta dapat menciptakan kesempatan bisnis baru bagi perusahaan-perusahaan Belanda.        Seperti peribahasa, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, dengan melestarikan lingkungan, Belanda dapat memajukan negaranya dengan membuka peluang usaha baru yang bermanfaat bagi negara-negara lain. Sebagai bangsa yang belum semaju Belanda (belum maju belum tentu tidak bisa maju lho!), Indonesia bisa menjadi jauh lebih maju dan bermanfaat daripada Belanda, terutama dalam bidang kelestarian lingkungan, karena Indonesia sudah punya segalanya untuk menuju kesana. Tinggal rakyat Indonesia nya saja. Bisa nggak berpikir kreatif sehingga jadi pionir untuk terobosan-terobosan baru yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain? ☺

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s