KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#131 The Second Life From Netherlands

Leave a comment

Oleh Gisela Raras Kusumaning Natali

Siapa yang mencetuskan mesin cuci darah? Tahun 1945 Sir Willem Johan Kolff  telah menjawab pertanyaan kita.  Pria kelahiran Leiden ini adalah pakar di bidang hemodialisis (cuci darah) dan juga mendapat julukan ‘Bapak Organ Buatan’. Jantung menjadi salah satu penelitiannya dalam bidang organ buatan . Sebelum jantung, ia berhasil membuat ginjal palsu saat perang dunia ke-II . Sayangnya, penelitiannya di bidang ginjal palsu tidak ingin ia patenkan.

Keahliannya dalam bidang hemodialisis diawali ketika ia berhasil menjadi orang pertama yang menyelamatkan seorang pasien dengan alat yang dia buat sendiri yaitu mesin dialisis. Melalui mesin dialisisnya ini, ia memperoleh gelar Doktor pertamanya dari  Universitas Groningen.

Tak hanya mesin dialisis yang ia ciptakan. Dia juga berhasil melanjutkan penelitian mengenai jantung buatan. Hah? Buatan? Meskipun penelitian ini diawali oleh seorang ilmuan asal Amerika Serikat, namun seorang dari Belanda lah yang berhasil dalam penelitiannya.  Barney Clark adalah manusia pertama yang menjadi saksinya. Willem berhasil memperpanjang umurnya selama 4 bulan dengan jantung buatan. Kematiannya buakan disebabkan oleh kerusakan jantung buatan, tapi karena stroke yang dideritanya. Sebelum diujikan pada Clark tahun 1982, dua puluh lima tahun sebelumnya seekor anjing sekarat berhasil diperpanjang hidupnya selama satu setengah jam. Sejak saat itu, para dokter menggunakan jantung buatan itu untuk penggunaan sementara saat pembedahan jantung.

Artificial Heart Willem Kolff

Keberhasilannya ini membuat jantung buatan semakin dikembangkan hingga saat ini. Bagaimana cara kerja jantung buatan? Jantung pertama buatan Robert Jarvik yang sederhana namun kurang praktis. Hal ini disebabkan karena masih adanya pipa yang menjalar keluar tubuh, sehingga pasien tidak dapat bergerak bebas. Selain itu, jantung buatan pertama masih menimbulkan suara detakan yang cukup keras. Hingga saat ini, perkembangan jantung buatan sudah sangat pesat.

Saat ini jantung buatan dibuat dalam berbagai macam versi. Versi yang paling sederhana adalah jantung dengan material yang terbuat dari dakron di sisi terdalam dan silikon di sisi terluar. Di antara kedua lapisan tersebut, terdapat material fiberglass. Terdapat juga alat bantu pompa yang terdiri atas bilah rotor yang berputar laksana sekrup, menarik darah agar mengalir tanpa henti. Jantung ini berbunyi stabil.

Jantung portable pertama

Setelah Clark belum ada lagi yang menggantungkan hidupnya dengan mesin jantung pertama selain Charles Okeke. Ia masih merasakan memiliki jantung seberat 181 kg, sebelum akhirnya jantung buatannya diganti dengan jantung portable yang ringan dan tanpa pipa.

Jantung portable tersebut adalah Abiocor.

Seperti halnya jantung asli, AbioCor terdiri atas bilik-bilik. Hanya saja jantung asli punya empat bilik, sedangkan AbioCor memiliki dua bilik pompa darah. Pompa sebelah kanan menyuplai darah ke paru-paru, sementara pompa sebelah kiri mengirim darah untuk organ vital lain. Masing-masing pompa mampu mengalirkan lebih dari 8 l darah per menit.


Mirip jantung manusia, AbioCor mampu merespons segala derajat aktivitas. Ini berkat adanya sensor aktif. Karena itu pula, secara otomatis AbioCor dapat meningkatkan atau mengurangi laju pemompaan jantung. Sistem pemantau aktif juga merangkap sebagai alarm kalau terjadi ketidakteraturan.

Kehidupan kedua ini diawali oleh Belanda. Hal yang mungkin kurang menjadi perhatian dunia, dimulai oleh Belanda. Memang terbukti, Belanda lah pelopor kemajuan dunia!

Referensi

http://www.achievement.org/autodoc/page/kol0bio-1
http://www.newnetherlandinstitute.org/history-and-heritage/dutch_americans/willem-johan-kolff/
http://en.wikipedia.org/wiki/Dialysis
http://inventors.findthedata.org/l/20/Willem-Kolff
http://www.bluefame.com/topic/355366-jantung-buatan-yang-menyelamatkan/
http://www.cerita-dan-ilmu.net/2011/06/jantung-portable-pertama-didunia.html
http://aliefqu.wordpress.com/2011/08/18/manusia-hidup-tanpa-detak-jantung-mungkinkah/
http://static.ddmcdn.com/gif/artificial-heart-abiocor-diagram.gif

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s