KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#130 Berkiblat Dalam Menghargai Sejarah, Seni, dan Budaya

Leave a comment

Oleh Putri Sari Soraya

Museum Nusantara – Belanda
(sumber foto: http://ppibelanda.org)

 Pernah mendengar tentang Museum Nusantara? Museum ini berada jauh dari pangkuan Ibu Pertiwinya, yaitu Belanda. Museum yang terletak di kota Delf ini didedikasikan Pemerintah Belanda untuk Indonesia dengan nama Nusantara yang artinya suatu wilayah yang membentuk ribuan gugusan pulau dari ujung Sumatra hingga Papua. Belanda mempunyai history dengan Indonesia. Pemerintah Belanda pernah menjajah Indonesia kurang lebih 3.5 abad. Tidak hanya sumber daya alam  Indonesia saja yang dikuras oleh Belanda, tetapi juga kekayaan seni dan budaya Indonesia sempat diboyong ke negeri VOC. Museum Nusantara inilah menjadi contoh nyata betapa ketertarikan Belanda dibidang seni dan budaya Indonesia. Peninggalan artefak dan arca yang berasal dari nenek moyang banyak terdapat disini. Koleksinya berasal dari sumbangan kolektor Belanda yang memang sangat menyukai seni dan budaya. Beberapa dari artefak tersebut sudah banyak yang dikembalikan Belanda ke Indonesia tetapi sebagian masih dikoleksi di Museum Nusantara. Kini museum Nusantara tidak hanya memamerkan artefak dan arca saja, tetapi juga menceritakan masa kolonial Belanda selama di Indonesia serta koleksi budaya dan seni asal Indonesia, diantaranya seni Gamelan, tokoh pewayangan, beragam keris serta kain batik.

Berbagai macam artefak warisan budaya Indonesia di Museum Nusantara – Belanda (sumber foto: http://www.nusantara-delft.nl/)

Belanda sangat kagum pada kekayaan seni budaya Indonesia, Belanda juga turut membantu mengapresiasikan dan mempromosikan Indonesia melalui museum Nusantara ini.  Tujuannya pun sangat bermanfaat bagi pariwisata Indonesia, yaitu mengenalkan betapa besar warisan seni, budaya serta sejarah Indonesia untuk warga Belanda dan para turis yang datang dari berbagai negara. Museum ini hanyalah gambaran kecil mengenai Indonesia dan jika para pengunjung tertarik untuk mendalami Indonesia, Museum ini sangat merekomendasikan para wisatawan yang berkunjung untuk langsung datang ke Indonesia dan nikmati ragam seni budaya yang lebih luas.

Hasil karya seni dari warga negaranya sendiri, Belanda tidak usah diragukan lagi. Belanda sangat menghargai sejarah dan karya seni. Ini pula yang menjadi salah satu senjata pariwisata pemerintah Belanda untuk menarik para wisatawan, bahkan pada bulan April ini Lebih dari 500 Museum yang berada di Belanda itu bebas biaya masuk. Kita bisa melihat karya seni hasil dari tangan-tangan indah Belanda dan juga kita beruntung kita dapat pula mengikuti workshop disana. Banyak pelukis asal Belanda yang mempunyai museum khusus yang didedikasikan untuk memamerkan hasil karya warga negaranya, salah satunya museum yang paling banyak diminati yaitu Van Gogh Museum yang memamerkan lukisan hasil karya Vincent Van Gogh yang mempunyai pengaruh penting pada lukisan pada abad ke 20 karena lukisannya yang begitu indah dan berani. Disinilah kekuatan Belanda, selalu menghormati serta mengapresiasi hasil karya seni budaya negeri sendiri. Bahkan, hasil karya seni budaya dari Negeri lainnya, khususnya Indonesia sangat dihargai di negeri kincir serta perawatan terhadap karya seni disini juga sangat baik.

Pendirian berbagai jenis museum di Belanda merupakan  salah satu inovasi dari Belanda agar generasi penerusnya dapat terinspirasi dari tokoh-tokoh besar sehingga terciptalah ide-ide kreatif lainnya yang menjadi pioneer dunia. Indonesia seharusnya dapat berkiblat ke Belanda untuk menghargai kekayaan sejarah, seni dan budaya dengan merawat aset kekayaan seni dan budaya yang tak ternilai harganya dengan cara tanamkan Merah Putih dalam jiwa anak bangsa sehingga mereka belajar dan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai tujuan gemilang dengan pemikiran kreatif seperti para lelehurnya.

Referensi

http://www.nusantara-delft.nl/en/wie-zijn-wij/museum-nusantara
http://ppibelanda.org/berita/siaran-pers-ppi-belanda-terkait-penutupan-museum-nusantara-di-delft
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_most_visited_museums_in_the_Netherlands
http://www.nesoindonesia.or.id/info-praktis/kompetiblog/referensi-dutch-pioneering
http://www.holland.com/global/tourism/activities/museums.htm

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s