KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#129 Belanda : Pionirnya Negara Pionir

Leave a comment

Oleh Hendy Dwi Warmiko

Amerika Serikat adalah negara adidaya yang hampir menguasai segala bidang. Namun ada hal yang perlu kita ketahui. Dalam mengelola air, Amerika Serikat harus belajar dari Belanda.

Gambar 1. Air, Belanda adalah pionir dibidang itu

 Raja Baru Belanda sekaligus ahli tata kelola air, Willem-Alexander mengungkapkan bahwa Belanda adalah negara asing pertama yang mengakui kemerdekaan Amerika Serikat pada tahun 1776. Pengalaman Belanda dalam teknologi pengelolaan air sudah tidak bisa diragukan lagi. Ada pepatah Belanda “While God Created the Earth, The Dutch Created the Netherlands”. Dua pertiga negara Belanda terletak di bawah permukaan laut. Praktek pengelolaan air kelas dunia dan infrastruktur untuk perlindungan dan pencegahan terhadap banjir yang terintegrasi membuat AS bekerja sama dengan Belanda di bidang manajemen air. Pada bulan Mei 2004, U.S. Army Corps of Engineers (USACE) dan Dutch Rijkswaterstaat (RWS) menandatangani Memorandum of Agreement (MOA) untuk berkolaborasi tentang perencanaan dan manajemen air. 1

Satu tahun setelah itu, tepatnya tahun 2005, terjadi Badai Katrina di kota New Orleans pada negara bagian Lousiana. Badai Katrina adalah bencana alam terburuk di AS yang menewaskan 1289 orang 2. Untuk mencegah dan menanggulangi serta mengurangi dampak jika terjadi Badai lagi, dilakukan merger antara AS dan Belanda dalam pengetahuan dan pengalaman manajemen resiko di New Orleans.

Gambar 2. Hari setelah Badai Katrina 2005, Jaap van Wissen dari Dutch Rijkswaterstaat merangkai pompa untuk mengontrol air di New Orleans

Mulai tahun 2008, A Dutch-American-International Centre for Water and Emergency Management (DAIC-WEM) mulai beroperasi di University of Colorado dan George Washington University untuk melakukan penelitian yang telah ada dan penelitian baru tentang darurat manajemen air. Gubernur California, Schwarzenegger telah menyiapkan dana miliaran dolar amerika untuk mempersiapkan jangka panjang dengan membuat California Bay Delta 3.

Gambar 3. California Bay Delta

Gambar 4. Delta works di Belanda

Delta works yang ada di Belanda tahun 1958 merupakan tanggapan terhadap bencana banjir hebat tahun 1953 yang menewaskan 1800 orang 4. Di California, Belanda bekerja sama dengan AS untuk mengembangkan Delta Plan II karena California dihadapkan oleh perubahan iklim dan ancaman banjir. Dengan prinsip “Keep People’s Feet Dry”, apapun akan dilakukan.

Gambar 5. Insinyur membuat Delta Plan II

Gambar 6. Banjir di Belanda tahun 1953

Preparing for ‘what if’ scenarios are crucial to our national survival. Baik di California dan Belanda, dataran banjir telah melebihi batas. Solusi yang ada yaitu melakukan penataan yang berjudul “Room for the river” untuk mencegah banjir dan meningkatkan kualitas lingkungan di wilayah sungai 5 . Di Daerah florida, dilakukan proyek bernama “The Central and South Florida Flood Control Project (CSFFCP) untuk pengendalian banjir dan menjaga kualitas air. Belanda dan AS juga bekerja sama pada bidang Climate Change and Climate Proofing. Iklim perubahan dapat dicegah atau dilambatkan.

Gambar 7. Dutch Engineering : Tenaga angin untuk energi terbarukan, rumah terapung yang berkembang di Belanda

Air penting bagi kehidupan & perekonomian, megah dalam keindahannya. Namun air juga bisa menjadi sesuatu yang mematikan. AS tidak bisa sendirian dalam pengelolaan air ini. AS butuh Belanda karena Belanda adalah Negara “PIONEERING WATER 6.

Kita bisa mengambil pelajaran dari Belanda yang awalnya dengan wilayah yang sangat tidak mendukung, namun sekarang menjadi negara pionir dalam berbagai aspek. Indonesia, sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam, iklim mendukung yang merupakan karunia dari Tuhan yang tak ternilai harganya. Lalu mengapa kita tak memanfaatkan karunia Tuhan tersebut untuk berbuat hebat bahkan yang awalnya terdengar tidak mungkin?

Referensi

  1. Royal Embassy Netherlands. May 2008. Pioneering Waterhttp://deltavision.ca.gov/BlueRibbonTaskForce/May2008/Pioneering_Water_Netherlands.pdf
  2. National Oceanic and Atmospheric Administration. December 29, 2005. Hurricane Katrina. http://www.ncdc.noaa.gov/special-reports/katrina.html
  3. Calfed Bay-Delta Program. California Delta. http://www.calwater.ca.gov/
  4. Delta Works. http://deltawerken.com/
  5. Room fot the river. roomfortheriverla.com/
  6. Pioneering water . http://dc.the-netherlands.org

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s