KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#127 Dengan Jam Besi, Belanda Raih Kesuksesan

Leave a comment

Oleh Hendy Dwi Warmiko

Kebanyakan tanahnya berada lebih rendah daripada permukaan laut. Dimanakah itu? Iyak, itulah Belanda. Belanda dikenal dengan kesuksesannya pada teknologi manajemen air, kincir angin, tulip dan sifat khas masyarakatnya.

Republiek der Zeven Provinciën atau Republik Tujuh Provinsi adalah nama negara Belanda pada zaman keemasannya pada abad ke – 17. Republik ini menjadi penguasa ekonomi dunia dan penjelajah laut yang sangat mahir. Sampai sekarang,  The Netherlands yang kini dipimpin oleh Raja Willem-Alexander bisa terus berkarya dan menjadi pionir dalam berbagai bidang. Lalu apakah sifat khas masyarakat Belanda sehingga bisa meraih kesuksesan tersebut?

Salah satu kebiasaan yang membuat Belanda menjadi sukses adalah ‘Jam Besi’. ‘Jam Besi’ yang dimaksud di sini adalah kebiasaan tepat waktu. In The Netherlands, time is money. You are expected to be punctual 1. Orang belanda sangat menghargai dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Work hard play hard menjadi salah satu faktor pendukung kesuksesan belanda menjadi pionir dengan terus berpikir kreatif dan inovatif. Masyarakat belanda bekerja sangat keras namun selepas pekerjaannya selesai, atau tepatnya pada saat weekend, mereka bersenang-senang seakan-akan hidup seribu tahun lamanya 2.

Gambar 1. Manajemen Waktu

 Disiplin waktu dan profesionalitas kerja membuat kehidupan masyarakat Belanda sangat tertata dan terkelola dengan baik. Dari data Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), Belanda berada di urutan ketiga dalam The Best Country for Work-Life Balance3. Hal ini menunjukkan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan yang sudah di manage dengan baik.

Mari kita eksplor lebih jauh tentang ‘Jam Besi’ yang menjadi salah satu faktor kesuksesan Belanda. Ada pepatah Belanda yang mengatakan bahwa While God Created The Earth, The Dutch Created The Netherlands 4 . Jika kita menengok ke sejarah Belanda, Orang Belanda berhasil “menciptakan” negerinya sendiri melalui teknologi manajemen air yang sangat luar biasa. Banjir bandang tahun 1953 menjadi pengalaman pahit dan tanpa menunda-nunda waktu lagi, Belanda menciptakan sistem bendungan Delta Works yang sampai saat ini masih terus ditambah infrastrukturnya. Jika Belanda tidak segera menciptakan proyek besar tersebut, bukan tidak mungkin Belanda sudah tenggelam.

Gambar 2. Delta Works

Dari dunia air di Belanda, kita menuju pada dunia pekerjaan. Dari sumber Dutch Daily News, Belanda menduduki rasio tertinggi untuk pekerja paruh waktu “part-timers” di Eropa 5 yaitu dengan persentase 48,3%. Hal ini menunjukkan dalam memanage waktu, masyarakat Belanda sangatlah pintar. Pekerja “part-timers” di Belanda kebanyakan kaum perempuan. Hal yang positif bahwa “part-timers” meningkatkan partisipasi perempuan dalam angkatan kerja. Namun untuk mahasiswa, kebijakan untuk kerja part time lebih ketat. Minimnya waktu kerja part time untuk mahasiswa bertujuan agar mahasiswa lebih fokus ke kuliah sehingga bisa mendapatkan Indeks Prestasi yang maksimal.

Gambar 3. In Netherlands, Time is money

Peter Ferdinand Drucker (1909-2005) sebagai Bapak Manajemen Modern mengatakan bahwa “Until we can manage time, we can manage nothing else”. Kesuksesan Belanda menjadi pionir di berbagai bidang seperti teknologi, ekonomi dan bisnis dan masih banyak yang lainnya tentu tidak lepas dari pentingnya pemanfaatan waktu 6.

Sudah siapkah Indonesia menjadi pionir seperti Belanda? Ubahlah ‘jam karet menjadi jam besi’ dahulu! Perubahan besar dimulai dari hal yang kecil.

Referensi

  1. Holland Alumni Network. February 22, 2013. Concept of time. https://www.hollandalumni.nl/career/our-dutch-business-culture/concept-of-time
  2. PPI Rotterdam. May 2, 2005. Budaya Masyarakat Belanda. http://ppirotterdam.wordpress.com/living-in-rotterdam/budaya-masyarakat-belanda/
  3. Dutch Daily News.  January 11, 2012. Netherlands ranks third best country for work-life balance in OECD Report. http://www.dutchdailynews.com/netherlands-ranks-third-best-country-for-work-life-balance-in-oecd-report/
  4. Let’s Go Dutch. http://www.funtrivia.com/en/subtopics/Lets-Go-Dutch-331816.html
  5. Dutch Daily News. February 7, 2011. The Netherlands has highest rate of part-timers in Europe. http://www.dutchdailynews.com/netherlands-part-timers-europe/
  6. Empower Network. March 13, 2013. What is time management? http://www.empowernetwork.com/empowerforsuccess/blog/what-is-time-management/

Sumber Gambar :

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s