KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#125 Belanda, Belanda, Belanda

Leave a comment

Oleh Asih Nur Fadhilah

Tidak ada kata tidak mungkin bagi negeri ini. Dari segala kemajuan dan kecanggihan yang ada dalam negeri ini, telah membuktikan pada dunia bahwa segala sesuatu bisa dicapai asalkan ada kemauan.

Kita lihat mulai dari letak geografis Negara ini. Secara geografis belanda berada di benua Eropa dengan berbatasan langsung dengan Laut Utara, belanda memiliki permukaan tanah yang sangat rata. Hampir separuh Negara belanda berada kurang dari satu meter dari permukaan laut. Permukaan tertingginya hanya 321 meter diatas permukaan laut, permukaan terendah berada 6.76 dibawah permukaan laut!. Seandainya negeri itu berdiam diri maka mungkin negeri belanda tidak pernah ada di dunia ini, tapi dengan tempaan kondisi alam seperti itu malah membuat belanda semakin kreatif. Mereka membuktikannya dengan membuat negeri itu tetap kering walau berada dibawah permukaan laut. Agar Belanda bisa bertahan dari terjangan air dan banjir, belanda  membangun bendungan-bendungan agar negeri oranye itu tetap eksis. Dan taukah anda cara pembangunan bendungan yang dilakukan oleh belanda? cara yang mungkin dianggap sebagian besar orang tidak mungkin yakni danau-danau dikeringkan, polder (tanah reklamasi) dibangun, dan ketinggian air dikontrol.

Dengan kondisi geografis diatas, belanda kurang memiliki daya tarik wisata. Tetapi dengan segala inovasi dan kreatifitas mereka, hal itu tidak berlaku. Contohnya kincir angin, belanda memanfaatkan kincir angin sebagai daya tarik wisatawan dengan tetap melestariakan keberadaannya dimana keberadaan kincir angin sekarang semakin hilang. Disamping kincir angin satu hal menarik dalam dunia wisata buatan belanda adalah bersepeda. Negeri belanda sampai disebut sebagai negeri sepeda karena banyaknya jumlah pengguna sepeda. Bahkan belanda menduduki posisi teratas negara dengan pengguna sepeda sebagai alat transportasi utamanya. Belanda memanjakan para pengendara sepeda dengan membuat jalur khusus sepeda dan juga rambu-rambu lalu lintas untuk sepeda.

 Satu hal lagi yang tidak bisa dipungkiri oleh dunia bahwa arsitektur bangunan belanda adalah yang terbaik. Terbukti dari bangunan-banguna  yang dibuat oleh bangsa belanda masih banyak yang berdiri kokoh sampai dengan sekarang.

 

Di Indonesia sendiri masih banyak bangunan-bangunan hasil karya bangsa belanda yang tetap berdiri hingga sekarang, sebagai bukti kecanggihan arsitektur bangunan belanda.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s