KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#123 Formula 2P, Sihir Belanda untuk Dunia

Leave a comment

Oleh Florence Tuhumury 

Sihir diartikan sebagai sebuah kekuatan luar biasa yang mampu mengubah sesuatu yang tidak ada menjadi sesuatu yang berwujud nyata. Belanda menyihir dunia dengan berbagai daya kreasi anak manusia yang terwujud dalam balutan asas kebebasan berekspresi dan aktualisasi diri ditengah kungkungan keterbatasan sumber daya alam. Apa yang terlintas ketika kita mendengar nama BELANDA?Let’s figure it out!

1.           Bendungan

2.           Kincir Angin & Bunga Tulip

3.           Total Football

Mengapa Belanda mampu menciptakan keempat hal fenomenal seperti diatas?Jawabannya adalah formula 2P. Formula ini adalah ramuan “sihir” Belanda dalam menghipnotis dunia.

PROVOKATIF

PROAKTIF

Provokatif berarti bersifat provokasi, merangsang untuk bertindak dan bersifat menghasut. Eitz..ini bukan dalam konotasi negatif loh ya😀. Belanda sangat sadar dengan keterbatasan sumber daya alamnya, beragam isu lingkungan, isu sosial, kesetaraan hak asasi manusia, serta apresiasi seni-budaya. Oleh sebab itu Pemerintah Belanda selalu aktif merangsang geliat kreativitas seluruh lapisan masyarakatnya dalam memecahkan persoalan laten dewasa ini. Berikut buktinya :

1. Ketika keberadaan kaum homoseksual masih terkucilkan, Belanda mendobraknya dengan mengesahkan undang-undang perkawinan sesama jenis. Bahkan tahun 2012 lalu, terbit majalah Playboy edisi Lesbian pertama didunia.

 2. Kecemasan akan tingkat polusi yang tinggi di kotaAmsterdam menyulut lahirnya konsep AmsterdamSmartCity. Terdapat proyek Energy Management Haarlem dan Smart Work Center @Ijburg.

3. Permukaan air yang lebih tinggi dari daratan, kurangnya lahan untuk perumahan memunculkan ide Rumah Amfibi. Konsep hunian yang dapat mengapung diatas air setinggi 4-6 meter adalah solusi cerdas untuk negara rawan banjir.

 

4.Usia senja bukan halangan untuk berkarya. Niek van Hengel melalui proyek Grannys Finestmencoba untuk mengawinkan fashion dengan gerakan sosial. Di kota Rotterdam, tiap minggunya para manula (re: nenek-nenek) berkumpul untuk merajut produk high-fashion seperti syal, sweater, sarung tangan, dan topi dari perancang busana muda Belanda. Sungguh kolaborasi apik yang patut dicontoh!.

 

Proaktif dipandang sebagai perilaku utama dalam eksistensi hidup manusia. Maslow memandang Individu sebagai organisme yang mampu melakukan antisipasi masa depan. Hal ini disadari betul oleh pemerintah Belanda yang tiada henti memberikan fasilitas-fasilitas penunjang bagi warganya dan penduduk dunia untuk mengerahkan kemampuan terbaik mereka dalam mencari solusi kreatif terhadap isu-isu global saat ini.

Sikap serius Belanda dibuktikan oleh beberapa hal berikut :

1. Pendidikan. Belanda adalah negara non-bahasa inggris pertama di Eropa yang membuka jalur kelas internasional di berbagai universitas yang ada. Sistem pendidikannya memberikan ruang gerak yang luas bagi para murid/mahasiswa untuk mengaktualisasikan diri sesuai dengan bakat dan minat mereka. Penjurusan bakat serta minat sudah dimulai sejak sekolah dasar, tak ayal jika kompetensi sumber daya manusia Belanda lebih unggul dari bangsa lain karena mereka mempersiapkannya sedari dini. Para siswa didorong untuk melahirkan ide-ide kreatif dan inovatifnya, dan memikirkan berbagai solusi dan metodologi yang non-konvensional.

 

2. Beasiswa. Kompetiblog 2013 adalah salah satu bentuk proaktif Belanda mempersilahkan warga Indonesia merasakan daya sihirnya. Melalui beasiswa pemerintah Belanda membuka peluang  bagi warganya serta penduduk dunia untuk mengenyam pendidikan kreatif serta mengambil bagian dalam perjalanan sejarah Belanda selaku negara terdepan (Re : Pionir) dalam berbagai aspek ilmu pengetahuan, konsep sosial, perkembangan teknologi, serta industri bisnis&kreatif

Siapkah teman-teman untuk turut ambil bagian  kekuatan sihir Belanda??Saya 100% SIAP!!

Referensi

http://www.grannysfinest.com/
http://www.psikoterapis.com/?en_apa-itu-proaktivitas-dan-apa-ciri-cirinya-%2C85
http://www.nesoindonesia.or.id/mengapa-mengambil-studi-di-belanda/be-a-pioneer
http://mindsetbisnisonline.com/berpikir-proaktif/
http://id.wikipedia.org/wiki/Sihir

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s