KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#121 Pionir Itu Harus Belanda

Leave a comment

Oleh Ana Fauziyah

Pernah dengar nama Vincent van Gogh, Desiderius Erasmus, atau Johan Cruyff? Tiga nama tersebut adalah kampium di bidang masing-masing, dan ketiganya berasal dari negara sama; BELANDA. Negara ini juga melahirkan banyak pemenang Nobel, ilmuwan-ilmuwan inovatif, dan seniman-seniman kreatif.

 

Mengapa banyak warga Belanda yang menjadi pionir? Pendidikan berbasis kewirausahaanlah yang menciptakan manusia-manusia pionir tersebut. Sebuah sistem pendidikan yang menghargai pendapat dan keyakinan individu, memberikan kebebasan kepada siswa untuk berkreasi dalam menerapkan ilmu yang dipelajari.

Semangat kewirausahaan menjadi titik sentral dalam pendidikan sebab mendorong lahirnya individu-individu penuh ide nonkonvensional, pantang menyerah, berpikir terdepan, menjadi penggerak perubahan, dan menjadi pionir dalam berbagai bidang. Karena itu, untuk menjadi pionir seseorang harus BELANDA (BE UnLimited, Active, New, Different, Agent of Change).

Be unLimited berarti menjadi orang yang out of the box, berani keluar dari zona nyaman, dan membebaskan pikiran dari ketidakmungkinan dan kemustahilan. Dulu, orang berpikir mustahil planet Mars bisa dihuni manusia. Namun kini sebuah perusahaan Belanda, Mars One, berencana mengirim manusia ke Mars pada tahun 2023. Perusahaan milik Bas Landorp itu berencana membangun pemukiman di Mars dan menyiarkan kehidupan penghuninya. Tak lama lagi, impian manusia tinggal di Mars bukan hanya terjadi di film atau novel fiksi ilmiah.

 

Be Active berarti penuh semangat, gesit, dan tak pantang menyerah. Dataran Belanda permukaannya lebih rendah dari laut sehingga selalu bermasalah dengan air. Sifat penuh semangat dan tak pantang menyerah diperlihatkan orang Belanda dalam menghadapi air. Mereka tanpa henti berinovasi, seperti membangun megaproyek Deltaworks, kanal-kanal Amsterdam, rumah terapung, dll. Pepatah mereka mengatakan “We cannot fight water, you have to learn how to live with it”.

 

Be New berarti selalu mencari kebaruan dan ingin jadi yang terdepan. Dunia terancam mengalami krisis energi karena cadangan minyak bumi yang tak terbarukan. Sebagai antisipasi, Belanda mempelopori penggunaan biocoal yang merupakan bahan bakar padat ramah lingkungan yang lebih baik daripada batubara konvensional karena tidak berbahaya. Ilmuwan Belanda juga mengembangkan energi matahari dalam bidang arsitektur, otomotif, dan konstruksi. Di antaranya yaitu membangun rumah hemat energi berpanel surya dan menciptakan mobil tenaga surya yang pernah beberapa kali menjuarai World Solar Challenge, sebuah perlombaan balap mobil bertenaga surya tingkat dunia di Australia.

Be Different berarti siap menjadi orang yang berbeda, berani menantang arus, dan rela dianggap gila. Seorang yang kreatif tidak merasa dibatasi rintangan. Kita tentu ingat pepatah “Tak ada rotan, akar pun jadi.” Prinsipnya, bagaimana memanfaatkan sumberdaya yang tersedia secara optimal sehingga bisa bermanfaat sebesar-besarnya. Dulu, siapa sih yang pernah berpikir air seni bisa jadi bahan bakar? Kalau ada, pasti ditertawakan. Tapi ilmuwan dari Universitas Teknologi Delft telah menciptakan Nomix, alat yang berfungsi memisahkan zat-zat yang terkandung dalam air seni sehingga bisa dijadikan bahan bakar alternatif.

Be Agent of change. Jika sifat-sifat di atas telah dimiliki seseorang, dipastikan karakter tersebut akan membawanya menjadi agen perubahan. Mereka adalah pemimpin dan penggerak. Kreativitas dan inovasi mereka ditiru dan dijadikan rujukan. Mereka mengubah tatanan yang beku sehingga memunculkan tatanan baru. Seperti Smart Highway yang pertama dikembangkan di Belanda mungkin nantinya akan ditiru di seluruh dunia.

Nah, sudah siapkah kita menjadi pionir? Jika ya, maka kita harus BELANDA!

Referensi

http://nesoindonesia.or.id
http://www.rnw.nl/bahasa-indonesia/article/reality-show-dunia-misi-ke-mars
http://muda.kompasiana.com/2012/04/07
http://www.worldsolarchallenge.org/
http://www.livescience.com/26088-dutch-smart-highway-netherlands.html

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s