KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#109 Memaksimalkan Kekurangan Menjadi Kelebihan

Leave a comment

Oleh Agung Prabowo 

“Theambition will only a become useless when it is not accompanied without hard work” (Petrick Widson, Pelukis Belanda)

Pemikiran luar biasa seorang Belanda bernama Petrick Widson yang berprofesi sebagai pelukis, dapatlah dikatakan mewakili sebagian besar orang Belanda yang tak hanya mempunyai ambisi besar, akan tetapi juga mempunyai niat yang tak kalah besar untuk melakukan usaha dan kerja keras yang nyata untuk meraihnya. Ambisi-ambisi yang besar itu bahkan sudah dan akan diaplikasikan ke dalam bentuk yang nyata sehingga memberikan manfaat yang sangat besar bagi para penduduknya. Seperti salah satu contohnya adalah penggunaan teknologi canggih di jalan raya, yang disebut dengan “Smart Highways” dan “Piezoelektrik”.

Walaupun sebagian besar wilayah dataran di Belanda berada di bawah permukaan laut, dan bahkan hanya satu daerah yang berada di ketinggian, yaitu yang berada di provinsi paling selatan dari 12 provinsi di Belanda, bernama Limburgh dengan ibukota Maastricht, yang memiliki titik tertinggi di daerah Vaalserberg. Namun ‘kekurangan’ dataran tinggi dan lebih banyak dataran rendah, membuat ilmuwan di Belanda berpikir keras untuk memaksimalkan segala hal yang berada di dataran rendah demi kepentingan penduduk Belanda itu sendiri.

Konsep luar biasa Smart Highways, atau aspal jalan yang bersinar dalam gelap malam dengan menggunakan teknologi berkelanjutan yang ramah lingkungan sehingga aman dan intuitif, akan digunakan di pertengahan tahun 2013 sebagai solusi modern dari sistem keamanan berlalu lintas. Dimana konsep ini akan menggantikan marka jalan konvensional seperti lampu penerang jalan biasa dengan bahan bubuk photo-luminizing, sehingga marka jalan dapat mengeluarkan cahaya hijau muda terang secara otomatis yang kemudian dapat memandu pengguna jalan raya agar tetap aman dalam berkendara.

   

Dikala pagi sampai sore, cara kerja teknologi photo-luminizing itu dengan menyerap energi sinar matahari, kemudian melepaskannya saat kendaraan lewat pada malam hari selama 10 jam dengan membuat jalan bersinar. Selain itu juga dapat membuat jalan lebih hangat dikala musim salju, bahkan dapat mencairkan salju yang sering membuat jalan menjadi licin.

Lalu rencana besar lainnya, akan diterapkan juga teknologi getaran molekul Piezoelektrik di seluruh jalan raya yang mampu menghasilkan energi untuk menyalakan lampu lalu lintas, dan menerangi jalan raya ketika kendaraan mendekat yang kemudian akan perlahan mati secara otomatis ketika kendaraan melaju.

Molekul Piezoelektrik ini nantinya akan bekerja dengan cara menyalakan lampu lalu lintas dan menerangi jalan saat ada getaran kendaraan yang melewatinya. Karena getaran kendaraan yang lewat akan menggetarkan molekul Piezoelektrik yang lalu dikonversi menjadi energi listrik. Teknologi ini nantinya juga akan digunakan di seluruh perlintasan kereta api. Bahkan di sisi lain, konsep ini akan menampakkan pola kristal es yang dapat dilihat pengemudi ketika jalanan licin akibat musim salju. Satu hal lagi, suatu saat nanti akan dibuat jalan khusus yang berdampingan dengan jalan raya yang berfungsi untuk mengisi energi mobil listrik saat melaju.

    

Dengan Smart Highways dan Piezoelektrik tersebut, membuat Belanda menjadi kian unik dalam energi alternatif dan terbarukan. Dan tentu saja menjadikan Negara Belanda menjadi pusat rintisan dan pelopor di dunia.

Referensi

http://www.newshour24.com/US/poritu3g/Dutch-Smart-Highway-Uses-Green-Technology.htm
http://singularityhub.com/2012/11/13/glow-in-the-dark-smart-highways-coming-to-the-netherlands-in-2013/
http://www.salon.com/2013/01/03/highway_of_the_future_is_seriously_smart/
http://www.wired.co.uk/news/archive/2012-10/30/smart-highway-glows-in-the-dark

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s