KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#108 Merubah Ancaman Menjadi Kehidupan

Leave a comment

Oleh Agung Prabowo

Koninkrijk der Nederlanden, Dutch, Holland, Netherlands, atau yang biasa kita kenal dengan nama Belanda, yang menurut istilah harfiahnya adalah “Kerajaan Tanah-Tanah Rendah”, adalah salah satu Negara maju yang kini dipimpin Ratu Beatrix, yang luas wilayahnya 41.526 km dan luas wilayah perairannya 18.41%. Sejak ratusan tahun yang lalu, penduduk Belanda telah melakukan seluruh daya upaya untuk mengatasi ancaman air laut yang kapanpun dapat menenggelamkan sebagian wilayahnya. Itu karena topografis Belanda terletak dibawah permukaan air laut, dan ‘dikepung’ oleh sungai-sungai besar Eropa, seperti Rijn, Maas, Ijssel, dan Schelt. Walaupun akhirnya pada tahun 1953 keatas hingga kini, Belanda membuktikan bahwa air laut tak melulu sebagai ancaman, namun menjadi bagian dari kehidupan dan seolah lakon yang memerankan peran penting yang membuat segala bidang di Negara Belanda itu unggul apabila dibandingkan dengan beberapa negara lain. Dan lakon itu yaitu air, yang dulunya sejak tahun 600 dicap sebagai ancaman, telah bertransformasi sehingga melahirkan hal yang membuat Belanda mempunyai ciri khas sebagai Negara, meskipun harus mengawalinya dari pengalaman pahit tahun 1421, saat banjir St. Elizabeth menyebabkan puluhan ribu korban jiwa.

Ciri khas itu sebut saja Kincir Angin, yang mulai diterapkan sejak tahun 1600 sampai sekarang yang dimanfaatkan untuk banyak hal. Seperti mengalihkan, menyalurkan, dan membendung air ke tempat-tempat yang diinginkan. Dan juga untuk membantu di bidang pertanian dan industri. Beberapa kincir angin juga dikelola untuk menghasilkan listrik tenaga angin.

 

Ciri khas lainnya, Bendungan Afsluitdijk, sebuah mahakarya modern pertama yang dibangun tahun 1891, membentang sepanjang 32 km, ketinggiannya 7,25 dari permukaan laut dan memiliki lebar 90 m, difokuskan untuk menutup koneksi terbuka antara Laut Utara dan pusat Belanda untuk mengurangi risiko banjir. Dan kini diatas bendungan tersebut terdapat jalan bebas hambatan dan jalur khusus untuk sepeda.

 

Ciri khas lainnya Tanggul Delta Works, dibangun tahun 1953 setelah banjir yang mengakibatkan ribuan korban jiwa. Tanggul Delta Works dengan ketinggian 13 meter dari permukaan laut, dimanfaatkan untuk pencegahan wilayah daratan dari terjangan air laut dan badai besar di Belanda. Lalu juga menghubungkan beberapa bagian di wilayah Belanda dengan memisahkan antara daratan dan perairan, serta dimanfaatkan untuk menggerakkan roda perekonomian. Lalu pada tahun 1980, Belanda juga telah menerapkan sistem pengendalian banjir terpadu, menerapkan aturan pembangunan bangunan yang tak merusak alam sekitar, dan kemudian membuat rumah mengapung. Dimana jika banjir melanda, rumah tersebut tidak akan tenggelam tetapi mengapung. Begitu juga saat banjir surut, rumah tersebut akan kembali semula seperti awalnya. Dan sejak tahun 2010, untuk adaptasi iklim dari isu global warming, Belanda telah menerapkan sistem Delta yang terstruktur hingga 100 tahun kedepan. Sistem itu berprinsip pada 5 Dutch D’s: Delta Act, Delta Program, Delta Fund, Delta Commissioner dan Delta Decisions. Dan pada maret 2013, pada World Water Day, Belanda termasuk salah satu negara yang mengkampanyekan air untuk masa depan.

Seperti itulah gambaran Negara Belanda yang telah menjadi pionir sejak ratusan tahun yang lalu, yang dapat dilihat dari Bendungan Afsluitdijk dan Tanggul Delta Work yang dipercaya menjadi salah satu keajaiban konstruksi Negara Belanda, yang di sisi lain mampu merubah ancaman menjadi kehidupan.

Referensi

http://www.dutchwatersector.com/web/history
http://www.rnw.nl/bahasa-indonesia/article/kincir-angin-unik-banyak-manfaatnya
http://www.ruimtevoorderivier.nl/meta-navigatie/english/history-of-watermanagement/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s