KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#107 Belajar Dari Belanda Sang Utama Untuk Merubah Kelemahan Menjadi Sebuah Kekuatan

Leave a comment

Oleh Panji Yudistira

Pernahkan kalian berpikir bahwa kekuatan dan kemajuan suatu Negara tidak dilihat dari besar kecilnya luas suatu Negara ? dan pernahkah kalian menengok sebuah Negara kecil di belahan Eropa yang terletak di bawah permukaan air laut, dengan segala keterbatasan sumber daya alam namun mampu menghasilkan dan menciptakan berbagai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan berubah menjadi kekuatan besar yang sangat di perhitungkan di berbagai bidang ?

Yah itulah Netherlands atau yang sering kita kenal dengan nama Belanda, Negara yang mempunyai luas wilayah sekitar 41.526 km2 dengan hampir seluruh daerahnya berada 1m di bawah permukaan laut. Namun dengan kondisi tersebut tidak membuat Masyarakat Negeri kincir angin putus asa. Sejak dahulu masyarakat Belanda telah berpikir dan membuat berbagai inovasi dengan segala kekurangan yang mereka miliki.

Berbagai macam penemuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi telah mereka kembangkan, yang membuat segala kekurangan juga kelemahan mereka menjadi sebuah kekuatan dan karya yang sangat menakjubkan, banyak sekali ilmuan – ilmuan dunia yang berasal dari negeri kincir angina tersebut. Yang diantaranya adalah :

  1. Cornelius van Drebbel penemu Kapal selam
  2. Anthony Van Leuwenhook penemu Lensa
  3. Zacharias Janssen penemu Mikroskop
  4. H. Lippershey penemu Teleskop

Dan masih banyak lagi ilmuan – ilmuan dari Belanda yang karyanya berpengaruh terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia. Kelemahan masyarakat Belanda yang menyadari letak geografis mereka berada di bawah permukaan laut. Dengan air yang selalu mengancam keamanan dan kehidupan mereka. Membuat mereka dapat berpikir untuk berinovatif dan juga kreatif.

Bukan Belanda jika tidak bisa memanfaatkan kelemahan menjadi kekuatan. Hampir segala bidang menjadi prioritas pengembangan mereka, terutama pembangunan kontruksi bangunan bendungan. Begitu banyak bendungan berada di negeri ini. Pengembangan bendungan ini berhasil menjadikan sebuah karya yang menjadi pelopor dengan membuat bendungan terbesar di dunia yang berfungsi sebagai penahan gelombang laut agar tidak masuk dan memusnahkan negeri Belanda. Yah itulah bendungan Oosterschelde, bendungan yang di bangun setelah adanya kejadian banjir besar yang hampir meneggelamkan seluruh wilayah di Belanda pada tahun 1953, yang mengakibatkan 1800 jiwa tenggelam.

Sangat menakjubkan ketika negeri Belanda bisa menjadikan sebuah sejarah menjadi guru yang terbaik. Belajar dari pengalaman membuat mereka bisa menciptkan karya – karya yang begitu luar biasa. Sungguh menkjubkan bukan ? dan harus kalian sadari bahwa Belanda telah memberikan pelajaran berharga pada seluruh umat manusia di dunia bahwasanya pengalaman adalah guru yang paling baik. Dan jadikan pengalaman sebagai motovator dalam peningkatan perubahan menuju kemajuan yang lebih baik.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s