KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#106 Dulu, Sekarang dan Selamanya Belanda Selalu Yang Utama

Leave a comment

Oleh Panji Yudistira

Banyak orang yang sudah mengetahui bahwa Belanda merupakan Negara yang mempunyai kekreativitasan dan inovasi yang sangat tinggi di berbagai bidang, dari mulai Ilmu pengetahuan dan teknologi hingga yang tidak bisa kita pikirkan, namun mereka mampu jauh berpikir hingga menghasilkan keragaman inovasi di dalam perkembangan dan kemajuannya.

Sejak dahulu Belanda sudah menjadi pionir di berbagai banyak bidang. dari mulai yang mereka terapkan di negerinya sendiri, hingga yang di terapkan di negara jajahannya. Indonesia atau yang dulu di kenal dengan sebutan Nederland Indies adalah salah satu Negara jajahan Belanda yang merasakan dampak dari kekrativitasan dan inovasi yang beragam di dalam pembangunannya.

Dari mulai desain – desain kota di Indonesia yang mempunyai keragaman dan karakteristik arsitektur mirip dengan kota – kota di Eropa, seperti kota Bandung, Solo, Jakarta dan masih banyak lagi. hingga bangunan – bangunan bersejarah dengan teknologi yang sangat maju, menandakan bahwa Belanda mampu menjadi pionir di bergam bidang.

Bangunan Isola yang menjadi symbol
Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung

Siapa yang tidak mengenal Paris Van Java ? sebuah julukan yang di berikan kepada kota Bandung yang dinilai sebagai kota yang mempunyai desain dan segala yang ada di dalamnya mirip dengan kota Paris Perancis di Eropa. Di Bandung juga terdapat sebuah bangunan radio tua yang di kenal dengan sebutan radio Malabar, yang berada di Komplek pegunungan Malabar Bandung Selatan.

Apakah kalian tahu bahwa radio Malabar merupakan radio pertama di dunia yang bisa memancarkan komunikasi sejauh 12.000 km lebih dan menghubungkan komunikasi antara Indonesia dan Belanda di Eropa ?,  Sungguh sangat menakjubkan. Bangunan yang berada di bawah kaki Gunung Puntang dan Gunung Malabar ini menjadi satu – satunya radio pada saat itu yang mampu berkomunikasi lintas Benua dengan jarak yang sangat jauh.

Gambar Radio Malabar di Bandung Selatan tahun 1923

Coba bayangkan, pembangunan Radio Malabar yang di mulai sejak tahun 1917 dengan di pimpin oleh teknisi dari Belanda yang bernama Cornelius Johannes de Groot yang menggunakan 2 lembah Gunung yanitu Gunung Puntang dan Gunung Haruman sebagai media penyangga tiang – tiang besar yang berfungsi sebagai alat pemancar gelombang menuju negeri Belanda di Eropa. Sungguh hebat dan menakjubkan mereka dapat merencanakan dan membuat Radio Malabar berfungsi sebagai alat komunikasi penghubung Indonesia dan Belanda.

Gambar Ilustrasi Radio Malabar dengan 2 Lembah Gunung yang menjadi media penyangga tiang pemancar

Ini membuktikan bahwa kekreativitasan dan bergam pemikiran inovatif Belanda sudah sejak dulu, dan tidak hanya di terapkan di negerinya namun mereka menerapkan di berbagai penjuru dunia, sampai saat ini banyak sekali Negara – Negara di dunia yang memanfaatkan buah hasil pemikiran dan karya – karya orang Belanda di segala bidang. berkat keterampilan berpikir dan kekreativitasan negeri kincir angin ini. Belanda sang utama dan pionir sangatlah pantas dan layak dijadikan julukan untuk negeri beribu akal ini.

Semoga Indonesia bisa berkaca dari Belanda, walaupun dengan luas wilayah yang kecil, sumber daya alam yang terbatas, tidak menjadi tolak ukur maju atau tidaknya suatu Negara, karena maju dan tidaknya suatu Negara akan kembali lagi kepada masyarakatnya yang mau atau tidak menjadikan negaranya lebih baik lagi, lagi dan lagi.

Referensi

http://www.kphbandungselatan.perumperhutani.com/index.php?option=com_content&view=article&id=176:sejarah-radio-malabar-gunung-puntang&catid=42:peristiwa&Itemid=243
http://jendelabandungheritage.wordpress.com/2013/01/27/villa-isola-bangunan-paling-cantik/
http://kambing.ui.ac.id/onnopurbo/orari-diklat/pemula/multimedia/foto-station/radio-malabar-may-1923/radio-malabar1.jpg

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s