KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#105 Memaksimalkan Potensi Air dengan Transportasi Bebas Polusi

1 Comment

Oleh Panji Yudistira 

Transfortasi adalah sesuatu hal yang tidak bisa dilepaskan oleh  manusia, di zaman yang sudah serba ada dan maju saat ini kebutuhan akan transfortasi yang berfungsi sebagai alat pembantu manusia untuk melaksanakan kegiatannya, membuat permintaan dan pengembangan teknologi di bidang transfortasi semakin meningkat dan berkembang pesat.

Dengan semakin meningkatnya jumlah populasi manusia, membuat permintaan akan kebutuhan transfortasi semakin tinggi, namun pengembangan tersebut mengenyampingkan akan kelestarian lingkungan, dari mulai limbah yang dihasilkan untuk membuat alat transfortasi. Hingga polusi yang di hasilkan yang tidak ramah lingkungan, membuat dampak yang sangat buruk bagi kelangsungan hidup manusia.

Jangan sebut Belanda jika tidak bisa menghasilkan karya yang inovatif, permasalahan polusi udara sudah bisa mereka atasi dengan berbagai karya yang inovatif dan kreatif. Ditambah dengan pemanfaatan sumber daya alam yang mereka miliki yang di maksimalkan untuk mengurahi polusi dan tetap menjaga keasrian alam mereka.

Desa Giethoorn yang terletak di kotamadya Steenwijkerland, sekitar 5 km barat daya Steenwijk provinsi Overijssel. Merupakan sebuah desa yang terkenal dengan sebutan desa terapung atau sebutan “Versia dari Utara”. Transfortasi yang di gunakan di desa Giethoorn adalah transfortasi air yaitu perahu, bentuk desain desa dari pola pemukiman yang sangat rapih yang di pisahkan oleh sungai yang menjadi akses utama di desa tersebut.

Masyarakat di desa Giethoorn sudah sangat terbiasa dengan perahu, Orang – orang Belanda memang sangat kreatif dan inovatif, dengan kelemahan letak Negara mereka berada di bawah permukaan laut membuat mereka harus membiasakan diri hidup berdampingan dengan air. Air yang sangat melimpah membuat mereka memanfaatkan kelemaan tersebut menjadi kekuatan.

Dengan air sebagai akses utama transfortasi disana, dan perahu sebagai alat transfortasinya, membuat desa Giethoorn menjadi desa yang bebas akan polusi udara. Bukan hanya mengurangi pembuangan gas yang di hasilkan oleh perahu, tapi dengan akal dan ide yang sangat cemerlang orang – orang Belanda. Perahu – perahu disana bukan hanya perahu kayu, ada juga perahu mesin yang menghasilkan suara  sangat pelan, perahu ini di sebut “perahu berbisik” ini membuat bukan hanya polusi udara yang bisa di minimalisir namun polusi suara yang terjaga membuat banyak penduduk Belanda nyaman untuk beraktifitas.

Dan jangan heran jika mengunjungi tempat ini tidak adanya kendaraan darat bermotor, sebab segala aktifitas perjalanan di desa ini hanya bisa menggunakan tranportasi air , karena disana tidak ada jalan raya melainkan hanya jalur pejalan kaki dan sepedah. seperti perahu untuk menghubungkan perjalanan dari satu pulau ke pulau yang lain. Karena itulah desa ini dijuluki sebagai “Venesia dari Utara”. Bangunan dan rumah penduduk di desa ini dibangun atas pulau – pulau kecil dan untuk mencapainya dibuat jembatan penghubung yang terbuat dari kayu yang sangat tinggi.

Karena kelemahan yang telah menjadi sebuah kekuatan, membuat belanda menjadikan air adalah sahabat yang harus selalu di perhatikan dan di jaga. Inilah yang membuat Belanda menjadi pionir – pionir di bidang pemanfaatan air, juga bidang lainnya. Tidak ada yang lebih  sempurna jika kita bis memaksimalkan dan merubah kelemahan yang ada menjadi sebuah kekuatan.

Referensi

http://www.beritaunik.net/unik-aneh/giethoorn-desa-terapung-di-belanda.html

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

One thought on “#105 Memaksimalkan Potensi Air dengan Transportasi Bebas Polusi

  1. kayaknya sulit loh membuat desa dengan dikelilingi air sungai yang super jernih. cuman bikin ngiler doang tapi sulit diwujudkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s